Pendampingan Pengelolaan Manajemen TPQ Al-Muttaqin Pringsewu Selatan
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v4i1.15884Abstrak
Dalam perkembangannya TPQ Al-Muttaqin menunjukkan peningkatan jumlah santri dari tahun ke tahun. TPQ Al-Muttaqin pada awal berdirinya tahun 2018 dengan jumlah 3 kelas atau sekitar 30 Santri, sedangkan tahun 2022 ini sudah mencapai 7 kelas dengan jumlah santri 120 anak. Tujuan dari pengabdian ini untuk menyelesaikan beberapa permasalahan seputar pengelolaan manajemen dan meningkatkan kualitas pelayanan yang baik untuk santri TPQ.  Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra: 1) Belum adanya sistem dalam kegiatan administrasi; 2) Kurangnya pengetahuan kepala TPQ Al-Muttaqin mengenai pengelolaan manajemen TPQ yang baik; 3) Penilaian rapot berbasis manual tulis tangan. Permasalahan TPQ Al-Muttaqin  ditindaklanjuti oleh tim pelaksana dengan langkah:  1)  Membuat sistem berbasis online pencatatan SPP dan Pendaftaran Santri Baru dengan memanfaatkan Google Form dan Google Spreadsheet; 2) Mengadakan pendampingan kepada Pengurus dan Asatidz dalam pengelolaan TPQ dengan menggunakan metode focus grup discussion (FGD); 3) Mengadakan Sosialisasi Manajemen TPQ; 4) Membuat sistem penilaian rapot berbasis digital menggunakan Microsoft Excel. Dengan diadakannya pendampingan selama 8 bulan, TPQ Al-Muttaqin Pringsewu Selatan sekarang sudah lebih baik dengan tingkat prosentase 95% dapat menerapkan manajemen yang baik serta memanfaatkan teknologi untuk memudahkan dalam proses pencatatan SPP dan penilaian rapot.
Kata Kunci: TPQ, Manajemen, Manajemen TPQReferensi
Baehaqi, Muh. (2019). Penguatan Kelembagaan TPQ. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam departemen Agama RI. (2007). Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. (Jakarta: 2007), 236
Elfindri, E. (2011). Beberapa Teknik Monitoring dan Evaluasi (MONEV). Jurnal Kesehatan Komunitas, 1(3).
https://doi.org/10.25311/keskom.vol1.iss3.16
Muntoha, Jamroni, Khoiruzaad, M., Prasetyo, H., Wijaya, M. A., Jabbar, A. A., U., R. U., A.W., D. A., P, D. I., & Tantria, H. (2015). Pemanduan Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Di Masjid Arofah, Dusun Bandung Dan Dusun Songbanyu 1, Kecamatan Songbanyu, Gunung Kidul, Daerah Istimewah Yogyakarta. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(3).
Muchlis, M. (2020). PEMBELAJARAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN MODERAT. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1). https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11053
Murtopo, B. A., & Maulana, S. (2019). MANAJEMEN MADRASAH DINIYAH TPQ MIFTAHUL HUDA, KRAKAL ALIAN. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 3(1). https://doi.org/10.33507/cakrawala.v3i1.117
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.