Packaging, Bundling dan Pengelolaan Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Bersama Di Singosari Malang
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v3i3.15249Abstrak
Abstrak Pengabdian kepada masyarakat kali ini bertujuan untuk membantu dan memberikan pendampingan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam Usaha Kecil Mandiri agar memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak yang berkaitan dengan membangun produk atau usaha (building product), pengemasan (packaging) dan mengelola keuangan keluarga agar tidak tercampur dengan hasil usaha. Metode yang digunakan adalah wawancara dengan pelaku usaha binaan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi selama membuka usaha, masalah pengemasan barang yang dihasilkan dan adanya modal yang terbatas serta pencatatan keuangan. Solusi yang diberikan adalah memberikan materi dan pendampingan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Pelatihan membuat kemasan yang baik, aman dan menarik serta membuat catatan harian yang terpisah dengan kepentingan keluarga telah dilakukan. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah 1) Perbaikan pengemasan produk dengan kemasan yang berbeda dengan produk lainnya yang sejenis agar lebih mudah dikenali bagi konsumen, 2) Dengan tanpa merk dagang masih bisa dikembangkan area penjualan produk ke wilayah yang lebih luas melalui whatsApp dan gosend, 3) para pelaku usaha binaan sudah mulai mempraktekkan mencatat semua transaksi yang berkaitan dagangannya.
Â
Kata Kunci : Building product, Packaging, Pengelolaan keuangan
Referensi
Bahri S., 2016. Pengantar Akuntansi. Edisi 1. Penerbit: CV. Andi Offset, Jogyakarta.
Farid, M., Hm, M. N., & Sonni, A. F. (n.d.). (2019). Model Media Pembelajaran Melalui Tayangan Televisi Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Anak-anak Pedesaan di Sulawesi Selatan The influence of Learning Media Model of TV Broadcasting on Knowledge Development , Attitude , and Behavior of Vi. 139–152.
Jurnal Enterpreneur, 2020. 4 Tips Jitu bagi Bisnis Produk Herbal selama Pandemi Corona. https://www.jurnal.id/id/blog/4-tips-jitu-bagi-bisnis-produk-herbal-selama-pandemi-corona/
Klimchuk, M.R and S.A. Krasovec, 2007. Desain Kemasan, Erlangga. Jakarta
Kotler, P., 2000, Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey. Yistiani, Ni Nyoman Manik. 2012. Pengaruh Atmosfer Gerai Dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik Dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Departement Store Duta Plaza Denpasar.Jurnal Manajemen. Vol. 1 No. 1:120-133.
Kusuma U, 2013. Alur Pembuatan Ikan Bandeng Presto.
Nguyen A.T., L. Parker, L. Brennan, S. Lockrey. Source: Journal of cleaner production 2020 v.252 pp. 119792 ISSN: 0959-6526 Subject: biodegradability;
Pathak R , M. Alasady, W. Abhayaratna, N. Chia, A. Mehta, S. Nayyar S, (2012). Impact of coronary artery disease intervention on the incidence and prognosis of atrial fibrillation after acute myocardial infarction: A systematic review. Heart, Lung, and Circulation, 21 (1): S126-S127;
Relawati, R., Ariadi, B. Yudi, Purwono, B.s Agus (2020) The Factors Affecting Green Consumer Behavior: Evidence from Malang, East Java, Test Engineering & Management. ISSN : 0193 – 4120 page No. 7560 - 7570
Setiaputri K.A, 2020. 3 Jenis Obat Tradisional yang Umum Dikonsumsi Orang Indonesia. https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/obat-tradisional-adalah-ot/
Suara merdeka, Pengemasan Vakum Mendorong UMKM untuk Tumbuh.
Sukmasetya, P., T. Haryanto, F.A. Sadewi, B.G. Maulida, H.S. Aliudin, & B. Sugiarto, (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.4324/9781315175737;
Susanto, H. dan U. Khaerul, 2020. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. 380- 381
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.