Packaging, Bundling dan Pengelolaan Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Bersama Di Singosari Malang

Penulis

  • Rismawati Rismawati Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STIESIA) Jl. Menur Pumpungan 30 Surabaya
  • Farida Idayati "Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia-STIESIA"
  • Yuliastuti Yuliastuti Jurusan Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Jl. Menur Pumpungan 30 Surabaya
  • Sapari Sapari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Jl. Menur Pumpungan 30 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v3i3.15249

Abstrak

Abstrak Pengabdian kepada masyarakat kali ini bertujuan untuk membantu dan memberikan pendampingan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam Usaha Kecil Mandiri agar memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak yang berkaitan dengan membangun produk atau usaha (building product), pengemasan (packaging) dan mengelola keuangan keluarga agar tidak tercampur dengan hasil usaha. Metode yang digunakan adalah wawancara dengan pelaku usaha binaan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi selama membuka usaha, masalah pengemasan barang yang dihasilkan dan adanya modal yang terbatas serta pencatatan keuangan. Solusi yang diberikan adalah memberikan materi dan pendampingan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Pelatihan membuat kemasan yang baik, aman dan menarik serta membuat catatan harian yang terpisah dengan kepentingan keluarga telah dilakukan. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah 1) Perbaikan pengemasan produk dengan kemasan yang berbeda dengan produk lainnya yang sejenis agar lebih mudah dikenali bagi konsumen, 2) Dengan tanpa merk dagang masih bisa dikembangkan area penjualan produk ke wilayah yang lebih luas melalui whatsApp dan gosend, 3) para pelaku usaha binaan sudah mulai mempraktekkan mencatat semua transaksi yang berkaitan dagangannya.

 

Kata Kunci : Building product, Packaging, Pengelolaan keuangan

Biografi Penulis

Rismawati Rismawati, Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STIESIA) Jl. Menur Pumpungan 30 Surabaya

STIESIA Jurusan Akuntansi dan Lektor Kepala

Farida Idayati, "Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia-STIESIA"

Departemen Akuntansi, Pangkat Lektor

Yuliastuti Yuliastuti, Jurusan Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Jl. Menur Pumpungan 30 Surabaya

Akuntansi STIESIA dan Lektor

Sapari Sapari, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Jl. Menur Pumpungan 30 Surabaya

Akuntansi STIESIA dan Lektor

Referensi

Bahri S., 2016. Pengantar Akuntansi. Edisi 1. Penerbit: CV. Andi Offset, Jogyakarta.

Farid, M., Hm, M. N., & Sonni, A. F. (n.d.). (2019). Model Media Pembelajaran Melalui Tayangan Televisi Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Anak-anak Pedesaan di Sulawesi Selatan The influence of Learning Media Model of TV Broadcasting on Knowledge Development , Attitude , and Behavior of Vi. 139–152.

Jurnal Enterpreneur, 2020. 4 Tips Jitu bagi Bisnis Produk Herbal selama Pandemi Corona. https://www.jurnal.id/id/blog/4-tips-jitu-bagi-bisnis-produk-herbal-selama-pandemi-corona/

Klimchuk, M.R and S.A. Krasovec, 2007. Desain Kemasan, Erlangga. Jakarta

Kotler, P., 2000, Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey. Yistiani, Ni Nyoman Manik. 2012. Pengaruh Atmosfer Gerai Dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik Dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Departement Store Duta Plaza Denpasar.Jurnal Manajemen. Vol. 1 No. 1:120-133.

Kusuma U, 2013. Alur Pembuatan Ikan Bandeng Presto.

Nguyen A.T., L. Parker, L. Brennan, S. Lockrey. Source: Journal of cleaner production 2020 v.252 pp. 119792 ISSN: 0959-6526 Subject: biodegradability;

Pathak R , M. Alasady, W. Abhayaratna, N. Chia, A. Mehta, S. Nayyar S, (2012). Impact of coronary artery disease intervention on the incidence and prognosis of atrial fibrillation after acute myocardial infarction: A systematic review. Heart, Lung, and Circulation, 21 (1): S126-S127;

Relawati, R., Ariadi, B. Yudi, Purwono, B.s Agus (2020) The Factors Affecting Green Consumer Behavior: Evidence from Malang, East Java, Test Engineering & Management. ISSN : 0193 – 4120 page No. 7560 - 7570

Setiaputri K.A, 2020. 3 Jenis Obat Tradisional yang Umum Dikonsumsi Orang Indonesia. https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/obat-tradisional-adalah-ot/

Suara merdeka, Pengemasan Vakum Mendorong UMKM untuk Tumbuh.

Sukmasetya, P., T. Haryanto, F.A. Sadewi, B.G. Maulida, H.S. Aliudin, & B. Sugiarto, (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.4324/9781315175737;

Susanto, H. dan U. Khaerul, 2020. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. 380- 381

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Artikel