Pelatihan Penerapan Cost-Plus Pricing Untuk Menciptakan Harga Produk Yang Kompetitif Dan Digitalisasi Pemasaran Bagi UMKM
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v4i1.14993Abstrak
Mewabahnya Coronavirus Disease (Covid-19) telah memberikan dampak yang besar pada sektor ekonomi, tidak terkecuali para pelaku UMKM. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM pada masa pandemi Covid-19, yaitu: pertama, terkait pemasaran produk yang tidak dapat dilakukan secara langsung (cara konvensional); kedua, terkait penentuan harga jual produk yang kompetitif dan menguntungkan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan: a) mengenalkan dan memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM terkait metode alternatif dalam pemasaran produk yaitu, dengan melakukan pemasaran produk secara digital (melalui media sosial dan pembuatan website blog); b) mengenalkan dan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM terkait metode cost-plus pricing guna menentukan harga jual produk; c) melakukan pendampingan dalam membuat akun media sosial dan penentuan harga jual produk menggunakan metode cost-plus pricing hingga menghasilkan harga jual produk baru yang lebih kompetitif dan menguntungkan. Metode yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian ini mengadopsi tahapan pada action research yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan evaluasi (evaluating), serta refleksi (reflecting). Kegiatan ini dapat dikatakan berhasil karena pelaku UMKM merasa mampu menghitung dengan menggunakan metode cost plus pricing serta berhasil membuat media digital untuk usahanya.
Referensi
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice. 7th edition. Pearson.
Hertina, D., Hendiarto, S., & Wijaya, J. H. (2021). Dampak Covid-19 Bagi Umkm Di Indonesia Pada Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 110. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8798
Kumar, S., Viral, R., Deep, V., Sharma, P., Kumar, M., Mahmud, M., & Stephan, T. (2021). Forecasting major impacts of COVID-19 pandemic on country-driven sectors: challenges, lessons, and future roadmap. Personal and Ubiquitous Computing. https://doi.org/10.1007/s00779-021-01530-7
Lu, Y., Wu, J., Peng, J., & Lu, L. (2020). The perceived impact of the Covid-19 epidemic: evidence from a sample of 4807 SMEs in Sichuan Province, China. Environmental Hazards, 19(4), 323–340. https://doi.org/10.1080/17477891.2020.1763902
Mulyadi. (2001). Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Murmu, V., Kumar, D., & Jha, A. K. (2022). Quality and selling price dependent sustainable perishable inventory policy: Lessons from Covid-19 pandemic. Operations Management Research, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s12063-022-00266-8
Nasar, A., Akram, M., Safdar, M. R., & Akbar, M. S. (2021). A qualitative assessment of entrepreneurship amidst COVID-19 pandemic in Pakistan. Asia Pacific Management Review, 27(3), 182–189. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2021.08.001
OECD. (2020). Covid-19: SME Policy Responses. Tackling Coronavirus (COVID-19): Contributing to a Global Effort, March, 1–55. https://oecd.dam-broadcast.com/pm_7379_119_119680-di6h3qgi4x.pdf
Putri, A. A., Aisyah, A. I., Pratama, D. A. P., Maritza, E. N., Priambodo, G., Hermawan, G. V., Dianti, R., & Natalia, J. (2021). Pelatihan Strategi Pemasaran Online Untuk Pedagang yang Terdampak Covid19 di Surabaya dan Sekitarnya. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 363. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i3.864
Shafi, M., Liu, J., & Ren, W. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on micro, small, and medium-sized Enterprises operating in Pakistan. Research in Globalization, xxxx. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100018
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.