Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring di TK Wijaya pada Era Pandemi

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v3i1.12510

Abstrak

Pendidikan usia dini penting untuk membentuk karakter anak, termasuk sekolah Taman Kanak-kanak (TK). TK Wijaya sebagai mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) menyelenggarakan prose belajar mengajar secara Daring di era Pandemi. Walaupun di TK Wijaya tersedia sarana penunjang pembelajaran Daring seperti komputer, koneksi internet, dan situs web, namun pembelajaran secara Daring masih kurang optimal. Pembelajaran Daring hanya menggunakan fitur video call secara synchronous melalui telepon gengam. Hal ini mengharuskan peserta didik hanya dapat berinteraksi dengan guru di saat video call berlangsung. Guru di TK Wijaya belum mengetahui cara membuat video pembelajaran secara Daring, sehingga sarana penunjang Daring yang ada belum bisa dioptimalkan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupaya untuk meningkatkan kemampuan guru TK Wijaya melalui pelatihan pembuatan video sebagai media pembelajaran secara Daring yang mengoptimalkan sarana yang dimiliki, agar mutu pembelajaran dapat meningkat. Hasil pelatihan yaitu guru TK Wijaya telah mampu membuat video pembelajaran secara Daring. Video tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajara Daring secara synchronous maupun asynchronous.

Biografi Penulis

Achmad Arrosyidi, Universitas Dinamika

Dosen Program Studi DIII Sistem Informasi

Muhamad Basyrul Muvid, Universitas Dinamika

Dosen Program Studi S1 Sistem Informasi

Didiet Anindita Arnandy, Universitas Dinamika

Dosen Program Studi DIII Sistem Informasi

Referensi

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PPAUD). (2016, Maret 22). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Retrieved from http://paud.kemdikbud.go.id/: http://paud.kemdikbud.go.id/2016/03/22/pentingnya-pendidikan-anak-usia-dini/

Djuanda, I. (2019). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI PENDIDIK PROFESIONAL DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN. Alim | Journal of Islamic Educatioan, 353-372.

Haq, R. (2020, Mei 27). Memanfaatkan OBS Studio untuk Membuat Video Pembelajaran ala Gamers. Retrieved from www.kompasiana.com/: https://www.kompasiana.com/roisulh6191/5ebfeed1d541df1d4539f7a5/memanfaatkan-obs-studio-untuk-membuat-video-pembelajaran-mengapa-tidak

Herman, H., Rusmayadi, R., & Herlina, H. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT - “Peluang dan tantangan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif di era kebiasaan baru†(pp. 557-559). Makassar: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Universitas Negeri Makassar.

OBS Studio. (2021, Oktober 10). Retrieved from obsproject.com: OBS Studio

Pujiastutik, H. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH BELAJAR PEMBELAJARAN I TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Teladan - Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 25-36.

Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, April 11). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Retrieved from https://pusdatin.kemdikbud.go.id/: https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/

Putra, I. G., Erstiawan, M. S., & Arrosyidi, A. (2019). PKM Pada TK Wijaya Dan TK Kartika Dalam Menciptakan TK Ramah Anak Berbasis Teknologi Informasi. SNHRP-II : Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, Ke-II, 61-72.

Rahmatullah, T. (2021). EBOOK PANDUAN PEMBUATAN VIDEO AJAR MENGGUNAKAN POWERPOINT DAN SOFTWARE OBS STUDIO. Bandung: Fakultas Ilmu

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel