Upaya Peningkatan Pembelajaran Siswa SD di Pabean Cantikan pada Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v3i1.11571Abstrak
Pendidikan merupakan salah satu sektor yang terkena dampak adanya pandemi Covid-19. khususnya pendidikan di tingkat sekolah dasar. Pada masa pandemi Covid-19, pembelajaran sekolah dilaksanakan secara daring. Berdasarkan hasil observasi dilapangan ditemukan adanya penurunan kualitas belajar pada siswa SD. Penurunan kualitas belajar pada siswa SD menjadi persoalan yang perlu mendapatkan perhatian yang serius. Turunnya kualitas pendidikan pada anak SD dapat disebabkan karena siswa belum terbiasa menggunakan pembelajaran secara daring. Penggunaan gadget yang berlebihan ditengarahi juga menjadi sebab turunnya kualitas belajar anak. Dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan upaya peningkatan kualitas belajar anak di wilayah Pabean Cantikan melalui pelatihan aplikasi media pembelajaran bagi guru, pendampingan belajar sosialisasi penggunaan gadget seara bjak pada anak.Referensi
Aldiyah, E. (2021) ‘Perubahan Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid -19’, CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1)
Mottaghipour, Y. and Bickerton, A. (2005) ‘The Pyramid
of Family Care : A framework for family involvement with adult mental health services The Pyramid of Family Care’, 4(3).
Mugirah (2002) ‘Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, l urnal llmiah Guru " C O P E ", 01.
Qoriawati, U. (2021) ‘Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring bagi Peserta Didik MI/SD pada Masa Pandemi Covid-19’, JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), pp. 10–17. doi: 10.30599/jemari.v3i1.769.
Sulyandari, A. K. (2019) ‘Pengaruh Gadget Pada Perkembangan Anak Usia Dini’, THUFULI :Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(1), pp. 12–20.
Treatment, B., Lukens, E. P. and Mcfarlane, W. R. (2004) ‘Psychoeducation as Evidence-Based Practice : Considerations for Practice , Psychoeducation as Evidence-Based Practice : Considerations for Practice , Research , and Policy’, (May 2014). doi: 10.1093/brief-treatment/mhh019.
Wahab, G. and Kahar, M. I. (2021) ‘Problematika Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Covid-19’, Jurnal Paedagogia, 10(1), pp. 49–66
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.