Pelatihan Penerapan PUEBI untuk Guru dan Pengawas Madrasah di Kabupaten Magelang

Penulis

  • Winasti Rahma Diani Universitas Tidar
  • Liana Shinta Dewi Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v2i3.10276

Abstrak

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan sebagai bahasa pengantar pendidikan. Melihat pentingnya kedudukan bahasa Indonesia di dunia pendidikan, para guru dan pengawas madrasah dituntut memiliki keterampilan bahasa Indonesia yang baik. Untuk meningkatkan keterampilan tersebut, pelatihan penerapan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dilaksanakan dalam tiga sesi, yaitu tes awal, presentasi dan diskusi, serta tes akhir. Tes awal ditujukan untuk mengukur tingkat pemahaman awal peserta. Materi soal mencakup (1) huruf kapital, (2) penggunaan tanda baca, (3) penulisan singkatan dan gelar, (4) penulisan istilah asing, (5) penulisan kata baku dan serapan. Dari hasil tes awal, diketahui tingkat pemahaman peserta terhadap PUEBI belum cukup baik, terutama dalam penulisan kata serapan dan gelar. Setelah melalui tes awal, peserta mendapat materi penerapan PUEBI melalui presentasi dan diskusi. Kemudian, keterampilan peserta dalam penerapan PUEBI kembali diuji pada tes akhir. Hasilnya, nilai tes akhir menunjukkan adanya peningkatan, yaitu dari rata-rata 53,7 menjadi 75,45.

Referensi

Alex, A. dan Achmad, H. P. (2010). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Chaer, Abdul. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia Pendekatan

Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Fidalgo, R., Olive, T., Board, E., Alves, R. A., Harris, K., & Rijlaarsdam, G. (2018). Studies in Writing Series Editors. http://lccn.loc.gov/2017032915

Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2015). Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.

Karyati, Z. (2016). ANTARA EYD DAN PUEBI: SUATU ANALISIS KOMPARATIF. In Jurnal SAP (Vol. 1, Issue 2).

Muzaki, A., Chadis, C., & Agustin, Y. (2019). Pengenalan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesa (PUEBI) dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar bagi para Guru. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 2(02), 82-86.

Salinan RKKB PUEBI 1. (2021).

Suliman, F., Ben-Ahmeida, M., & Mahalla, S. (2019). Importance of Punctuation Marks for Writing and Reading Comprehension Skills. https://misuratau.edu.ly/journal/arts

Utami, S. R. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 189-203.

Wijayanti, dkk. (2013). Bahasa Indonesia: Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Artikel