Analisa Fatigue Pada Controllable Pitch Propeller Menggunakan Software ANSYS

Isi Artikel Utama

Mohammad Mizan Firmansyah
Dwisetiono Dwisetiono

Abstrak

Masalah pada controllable pitch propeller ini sering mengalami kerusakan pada bagian penghubung antara blade dan propeller hub. Propeller sering mengalami kelelahan/aus dibagian hub propeller. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui umur fatigue life dan hotspot stress yg dialami propeller pada saat beroperasi dan saat pitch mengalami perubahan sudut pitch dengan ukuran paling kecil sudut 10°, menengah sudut 15°, dan terbesar sudut 20°. 

 

Kata Kunci : Controllable pitch propeller (CPP), fatigue life, fatigue, pressure

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Mohammad Mizan Firmansyah, Universitas Hang Tuah Surabaya

Mohammad Mizan Firmansyah, lahir di Jombang, Jawa Timur pada 01 Oktober 1997, berjenis  kelamin  laki-laki. Anak terakhir dari 3 bersaudara. Anak dari Bapak Mulyono Sudarto dan Ibu Setyowati. Bertempat Tinggal di RT. 01 RW. 02 Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang dengan status belum menikah. Berkewarganegaraan Indonesia dan  Bersuku  Jawa.  Pendidikan  formal  yang  pernah  ditempuh  penulis yaitu: SDN Cukir 2,  lulus  tahun  2010,  kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Diwek, lulus tahun  2013, selanjutnya menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Dwija Bhakti 1 Jombang, lulus tahun 2016. Pada tahun 2016 penulis diterima di Program Studi Teknik Sistem Perkapalan.

Referensi

  1. Araujo, L. S. et al. (2014) ‘Failure of a concentric pipe for a controllable pitch propeller system’, Journal of Failure Analysis and Prevention, 14(1), pp. 55–60. doi: 10.1007/s11668-013-9761-7.
  2. Firmansyah, A. D., Santoso, A. and Djatmiko, E. (2012) ‘Perancangan Controllable Pitch Propeller Pada Kapal Offshore Patroli Vessel 80 (OPV80)’, Jurnal Teknik ITS, 1(1), pp. G230–G235.
  3. Forsyth, C. (2005) ‘Restorative materials.’, Dental update, 32(2), pp. 350–360.
  4. Hardianto, L. F. and Winarno, A. (2019) ‘Analisa Aliran Air Pada Controllable Pitch Propeller (Cpp) Kapal Offshore Patroli Vessel 80 (Opv80)’, Prosiding Seminakel, pp. 1–9. Available at: http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/article/view/155.
  5. International, A. (1998) ASM Handbook Vol 15. 9th Editio. ASM International.
  6. Kurniawan. A (2015) Kelelahan Pada Blade Kompresor. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  7. Nur, A. S. M. (2018) Perancangan Mesin-Mesin Industri.
  8. Prodjosoewito, B. D. (2017) ‘No Title’, in Teknologi reparasi Motor Kapal. Surabaya. Surabaya.
  9. Rahmatullah, R. and Ahmad, R. (2018) ‘Analisa Pengujian Lelah Material Bronze Dengan Menggunakan Rotary Bending Fatigue Machine’, Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 1(1), pp. 1–11. doi: 10.30596/rmme.v1i1.2430.
  10. Ridho M, Zakki Fauzan Ahmad, manik P. (2015) ‘Fatiguepropeller tugboat’, 3(1), pp. 110–117.
  11. Rules, C. S. (2014) ‘Bulk Carriers and Oil Tankers 1’.
  12. Sagala, R. dan (2016) ‘Landasan Teori’,
  13. Landasanteori.Com, (2012), pp. 1–17. Available at: http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-kreativitas-definisi-aspek.html.
  14. Salam, H. A. H. (2017) ‘Jurnal teknik perkapalan’, 5(1), pp. 243–252.