Tingkat Kepuasan Pelayanan Obat Racikan Pada Poli Anak RSUD Dr. Harjono S. Ponorogo

Nasruhan Arifianto (1), Cinthya Ratna Yuniar (2), Farida Kusmaningrum (3), Anastasya Aninda Elzami (4)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:28:"Akafarma Sunan Giri Ponorogo";}, Indonesia,
(2) Program Studi D3 Farmasi Akafarma Sunan Giri Ponorogo, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia., Indonesia,
(3) RSUD Dr. Harjono Ponorogo, Ponorogo, Jawa timur, Indonesia, Indonesia,
(4) Program Studi D3 Farmasi Akafarma Sunan Giri Ponorogo, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Tingkat kepuasan pasien sangat penting bagi suatu pusat kesehatan, selain hal tersebut mengarah pada loyalitas pasien, namun juga berpengaruh pada hasil klinis yang lebih baik dan kepatuhan pasien. Kepuasan pasien sendiri juga bisa digambarkan dengan ukuran seberapa senang pasien dengan perawatan kesehatan yang mereka alami. Dalam kata lain, pusat kesehatan perlu memenuhi harapan pasien serta memberikan pengalaman sehat secara medis. Aspek-aspek yang harus terpenuhi untuk menunjang kualitas pelayanan kesehatan antara lain, aspek kehandalan, aspek ketaggapan, aspek jaminan, aspek empati dan aspek berwujud. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif  dengan metode purposive sampling.Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 responden yaitu pasien poli anak rawat jalan. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner kepuasan. Informan dalam penelitian ini adalah keluarga atau pendamping dari pasien poli anak. Penelitian dilakukan pada bulan April-Mei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kehandalan memperoleh presentase sebesar 75,76% dengan kategori puas, dimensi ketanggapan memperoleh presentase sebesar 74,88% dengan kategori puas, dimensi jaminan memperoleh presentase sebesar 81,28% dengan kategori sangat puas, dimensi empati memperoleh presentase sebesar 80% dengan kategori puas, dimensi berwujud memperoleh presentase 73,14% dengan kategori puas. Presentase tertinggi yaitu pada dimensi jaminan dan terendah dari dimensi berwujud. Berdasarkan hasil penelitian tentang Tingkat Kepuasan Pelayanan Obat Racikan Pada Poli Anak RSUD dr. Hardjono Ponorogo menunjukkan bahwa presentase kepuasan secara keseluruhan didapatkan nilai (77,01%) dan responden dinyatakan “Puas’’.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Andrean, E. M. (2020). What is Patient satisfaction and why does in matter. Indonesian Journal of Health Science. Vol 3 No 2a, 2023.

Anonim. (2024).https://rsudharjono.ponorogo.go.

id/website/layanan/poliklinik-anak/ di akses pada tanggal 23 Februari 2024 pukul 20.00 WIB.

Aztriana, dkk. (2022). Kesesuaian Resep Racikan Non Steril Anak di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Jurnal Ilmiah Farmako Bahari Vol 13 No 1 Januari 2022.

Dellia, S. (2023). Gambaran Kepuasan Paien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Poli Anak Rumah Sakit X. Indonesian Journal of Health Science, Vol 3 No 2a, 2023.

Depkes RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Gita, D. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kimia Farma Sao-Sao Unit Bisnis Kota Kendari. Jurnal Pelita Kesehatan Vol 3 No 2 Maret 2023.

Hazaya, Y. (2012). Analisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kamar obat di puskesmas Surabaya utara. The SAGE Encyclopedia of Qualitative Research Methods, 2(2), 1-13. https://doi.org/10.4135/9781412963909.n339 Indonesian Journal of Health Science. Vol 3 No 2a, 2023.

Keputusan Menteri Kesehatan. (2008). Standar pelayanan Minimal Rumah Sakit. Kemenkes: Jakarta

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Resep. Kemenkes: Jakarta

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No 36 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Kemenkes:Jakarta

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No 44 Tahun 2009 Tentang Fungsi dan Tujuan Rumah Sakit. Kemenkes:Jakarta

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Rumah Sakit. Kemenkes: Jakarta

Riyanto, A. (2013). Statistik Deskriptif Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Rumus Indeks. Bandung: Alfabeta

Yuliadi, dkk. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Rawat Jalan Pada Poli Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Miracle. Vol 1 No 2 Desember 2021.

Penulis

Nasruhan Arifianto
nasruhan@gmail.com (Kontak utama)
Cinthya Ratna Yuniar
Farida Kusmaningrum
Anastasya Aninda Elzami

Rincian Artikel