Tingkat Kepuasan Pelayanan Obat Racikan Pada Poli Anak RSUD Dr. Harjono S. Ponorogo

Nasruhan Arifianto (1), Cinthya Ratna Yuniar (2), Farida Kusmaningrum (3), Anastasya Aninda Elzami (4)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:28:"Akafarma Sunan Giri Ponorogo";}, Indonesia,
(2) Program Studi D3 Farmasi Akafarma Sunan Giri Ponorogo, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia., Indonesia,
(3) RSUD Dr. Harjono Ponorogo, Ponorogo, Jawa timur, Indonesia, Indonesia,
(4) Program Studi D3 Farmasi Akafarma Sunan Giri Ponorogo, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Tingkat kepuasan pasien sangat penting bagi suatu pusat kesehatan, selain hal tersebut mengarah pada loyalitas pasien, namun juga berpengaruh pada hasil klinis yang lebih baik dan kepatuhan pasien. Kepuasan pasien sendiri juga bisa digambarkan dengan ukuran seberapa senang pasien dengan perawatan kesehatan yang mereka alami. Dalam kata lain, pusat kesehatan perlu memenuhi harapan pasien serta memberikan pengalaman sehat secara medis. Aspek-aspek yang harus terpenuhi untuk menunjang kualitas pelayanan kesehatan antara lain, aspek kehandalan, aspek ketaggapan, aspek jaminan, aspek empati dan aspek berwujud. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif  dengan metode purposive sampling.Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 responden yaitu pasien poli anak rawat jalan. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner kepuasan. Informan dalam penelitian ini adalah keluarga atau pendamping dari pasien poli anak. Penelitian dilakukan pada bulan April-Mei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kehandalan memperoleh presentase sebesar 75,76% dengan kategori puas, dimensi ketanggapan memperoleh presentase sebesar 74,88% dengan kategori puas, dimensi jaminan memperoleh presentase sebesar 81,28% dengan kategori sangat puas, dimensi empati memperoleh presentase sebesar 80% dengan kategori puas, dimensi berwujud memperoleh presentase 73,14% dengan kategori puas. Presentase tertinggi yaitu pada dimensi jaminan dan terendah dari dimensi berwujud. Berdasarkan hasil penelitian tentang Tingkat Kepuasan Pelayanan Obat Racikan Pada Poli Anak RSUD dr. Hardjono Ponorogo menunjukkan bahwa presentase kepuasan secara keseluruhan didapatkan nilai (77,01%) dan responden dinyatakan “Puas’’.

Referensi

Read More

Penulis

Nasruhan Arifianto
nasruhan@gmail.com (Kontak utama)
Cinthya Ratna Yuniar
Farida Kusmaningrum
Anastasya Aninda Elzami

Rincian Artikel