Gambaran Willingness to Pay Fitofarmaka Pada Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang

Mutiara Titani (1), Adela Adam Abdullah (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Malang

Abstrak

Fitofarmaka adalah salah satu jenis obat tradisional yang telah melalui uji praklinik serta uji klinik. Menurut Kemenkes penggunaan obat tradisional di masyarakat mengalami peningkatan sebesar 44,3%. Dengan meningkatnya penggunaan obat tradisional memberikan dorongan adanya perkembangan industri obat tradisional sehingga menjadi potensi nilai ekonomi yang tinggi. Meskipun meningkatnya penggunaan obat tradisional penelitian obat tradisional jenis Fitofarmaka dari sisi kesediaan membayar atau willingness to pay masih jarang dilakukan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kesediaan membayar responden terhadap produk Fitofarmaka dan faktor-faktor variabel independen terhadap WTP. Metode pada penelitian ini merupakan penelitian observasional jenis cross-sectional dengan instrumen kuesioner pada google form. Responden studi ini adalah mahasiswa farmasi UMM yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis WTP studi ini adalah Contingent Valuation Method.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Aidi, B., Febriyanti, A., Mega, M., & Mandagi, A. M. (2021). Hubungan Jenis Kelamin dan Uang Saku dengan Tingkat Depresi pada Mahasiswa Baru PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi. Journal of Community Mental Health and Publix Policy, 2655, 11–18. ISSN: 2622-2655

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistika Pendidikan : Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan: CV. WIDYA PUSPITA (Vol. 11, Issue 3). ISBN: 9786025102226. Hal. 58-59

Animashaun, J. O., Williams, F. E., & Toye, A. A. (2013). Towards validating moringa’s nutraceutical benefits: An examination of consumers’ perspectives vis-à -vis health benefits efficacy and willingness to pay. Agris On-Line Papers in Economics and Informatics, 5(2), 11–21. DOI: https://doi.org/10.22004/ag.econ.152687

Ansari Harahap, D., Amanah, D., & Fauzia Agustini, D. (2018). Effect of Product Completeness and Price Effect of Product Completeness and Price on Consumer Purchasing Decision in SMEs Market Medan. Jurnal Manajemen, XXII(01), 47–61. DOI: https://doi.org/10.24912/jm.v22 i1.312

Arista, S. A., & Saptutyningsih, E. (2020). Estimation of Willingness to Pay for Development and Preservation of Liwa Botanical Garden Indonesia. Journal of Economics Research and Social Sciences, 4(2), 118–128. DOI: https: //doi.org/10.18196/jerss.v4i2.10103

BPOM. (2019). Potensi Obat Herbal Indonesia. Www.Pom.Go.Id. Diakses pada 16 Mei 2021. https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/ 531/Potensi-Obat-Herbal-Indonesia.html

Cahya, A. D., & Setyarini, E. (2020). Menguji Keputusan Berinvestasi Dari Perspektif Pembelajaran Pasar Modal, Kemajuan Teknologi, Uang Saku Mahasiswa dan Bauran Pemasaran. Upajiwa Dewantara, 4(1), 60–72. https://doi.org/https:// doi.org/10.26460/mmud.v4i1.6857

Hasbiah, A. W., Rochaeni, A., & Sutopo, A. F. (2018). Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Dan Kesediaan Untuk Menerima Kompensasi (Willingness To Accept) Dari Keberadaan Tempat Penampungan Sementara Ciwastra Dengan Contingent Valuation Method. Infomatek, 20(2), 107. https://doi.org/10.23969/infomatek.v20i2.12 11

Noviati Sadikin, P., Mulatsih, S., Pramudya Noorachmat, B., & Susilo Arifin, H. (2017). Analisis Willingness-To-Pay Pada Ekowisata Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan, 14(1), 31–46. DOI: https://doi.org/10.20886/jakk.2017.14.1.31- 46

Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group. ISBN: 9786024222093, hal. 46. https://books.google.co.id/books ?id=D9B1DwAAQBAJ

Jumiarni, W. O., & Komalasari, O. (2017). Eksplorasi Jenis Dan Pemanfaatan Tumbuhan Obat Pada Masyarakat Suku Muna Di Permukiman Kota Wuna. Traditional Medicine Journal, 22(1), 45–56. ISSN-p: 1410-5918

Marhaeny, H. D., Widyawaruyanti, A., Widiandani, T., Fuad Hafid, A., & Wahyuni, T. S. (2021). Phyllanthin and hypophyllanthin, the isolated compounds of Phyllanthus niruri inhibit protein receptor of corona virus (COVID-19) through in silico approach. Journal of Basic and Clinical Physiology and Pharmacology, 32(4), 809– 815. https://doi.org/10.1515/jbcpp-2020- 0473, ISSN: 2191-0286

Meng, F., Ji, Z., Song, F., Bai, T., Fan, X., & Wang, D. (2020). Patients’ familiarity with, trust in and willingness to pay for traditional Chinese medicine in Chinese community health care centres. European Journal of Integrative Medicine, 36(December 2019), 101118. DOI: https://doi.org/10.1016 /j.eujim.2020.101118

Muthu, S. S. (2018). Consumer Behaviour and Sustainable Fashion Consumption. Singapura: Springer Singapore. ISBN: 9789811312656, hal. 65. https://books.google.co.id/books?id=M3lhD wAAQBAJ

Nindynar Rikatsih, et. al.. (2021). Metodologi Penelitian di Berbagai Bidang. Media Sains Indonesia. ISBN 9786233621120, hal. 79. https://books.google.co.id/books?id=cqFIEA AAQBAJ

Oerlemans, L. A. G., Chan, K. Y., & Volschenk, J. (2016). Willingness to pay for green electricity: A review of the contingent valuation literature and its sources of error. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 66(December), 875–885. DOI: https://doi.org/10.1016/j.rser.2016.08.054

Ramprabha, K. (2017). Consumer Shopping Behaviour And The Role Of Women In Shopping-A Literature Review. Research journal of Social Science & Management, ISSN: 2251-1571

Rismayanti, & Oktapiani. (2020). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Nusantara Journal of Economics (NJE), 2019, 31–37. DOI: https://doi.org/10.37673/nje.v2i02.859,ISSN : 2714-5204

Sari Dewi, R., Wahyuni, N., Pratiwi, E., & Muharni, S. (2019). Penggunaan Obat Tradisional Oleh Masyarakat Di Kelurahan Tuah Karya Kota Pekanbaru. Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia 8(1), September 2019, 8(September). DOI: https://doi.org/10.51887/jpfi.v8i1.71

Schmidt, J., & Bijmolt, T. H. A. (2020). Accurately measuring willingness to pay for consumer goods: a meta-analysis of the hypothetical bias. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(3), 499–518. DOI: https://doi.org/10.1007/s11747-019-00666-6

Towoliu, J. E. ., & Tumbuan, W. J. F. . (2017). Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Waroeng Tepi Laut, Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 308–322. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.5.2.2017.156 18

Yuliani, N., & Rahmatiah. (2020). Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, Dan Jenis Kelamin Terhadap Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 6(1), 12–20. DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jep01.v6i1.464

Penulis

Mutiara Titani
mutiara@umm.ac.id (Kontak utama)
Adela Adam Abdullah

Rincian Artikel