Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan dengan tindak dan kerjasama dengan Mitra. Koperasi Patria Karya Bersama ini merupakan salah satu Mitra dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di mitra. Salah satu permasalahan yang diselesaikan oleh Tim untuk bisa memberikan sebuah kegiatan pelatihan dan pendampingan yang diawali dengan kegiatan pemetaan usaha dan jenis produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa dijadikan sebuah karya utama dari salah satu kegiatan pemasukkan untuk koperasi. Tujuan dari kegiatan ini nanti bisa menghasilkan sebuah softskill yang diberikan oleh tim kepada operator atau pengurus koperasi untuk aplikasi berbasis digital yang sudah ada. Kegiatan ini dilakukan dengan 2 model, daring dan luring, dimana kegiatan daring ini digunakan untuk melalukan penjadwalan ke lapangan sehingga bisa memaksimalkan kegiatan pelatihan dan pendampingan pendataan umkm berbasis digital. Untuk kegiatan yang berbasis luring ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat untuk ke lokasi mitra yang berjarak kurang lebih 150 Km dari Kampus UPN “Veteran†Jawa Timur. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini membentuk basis data produk umkm dan anggota koperasi yang akan di lakukan untuk membuat aplikasi berbasis digital dan bisa dioperasikan oleh operator atau pengurus koperasi.

Kata Kunci

basis data digital koperasi pelatihan pendampingan.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Sugiarto Sugiarto, UPN "Veteran" Jawa Timur

Sains Data

Chrystia Aji Putra, UPN "Veteran" Jawa Timur

Informatika

Riko Setya Wijaya, UPN "Veteran" Jawa Timur

Ekonomi Pembangunan

Farrel Brilliant Loudy Prasetyo, UPN "Veteran" Jawa Timur

Ilmu Komunikasi

Tiara Febri Angellia, UPN "Veteran" Jawa Timur

Ilmu Komunikasi

Referensi

  1. Afandi, A., & Rini, E. K. (2016). Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil Provinsi Bengkulu (Lanjutan k; R. Nooryadi, Ed.). Bengkulu: Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu.
  2. Dwiananda. A, Susilowati. D. (2019), Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Industri Kreatif Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, vol. X Jilid X/Tahun Hal.120– 142.
  3. Dewi, M. W., & Muryati. (2017). An Analysis of Production Cost Effect With Order Price Method on Sales Pricing of Products at PT. Aneka Printing Indonesia in Sukoharjo.
  4. Hejazziey, D. (2009). Pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Untuk Mengentaskan Kemiskinan Dan Pengurangan Pengangguran. AlIqtishad, 1(1), 33–55.
  5. Hyndman, R. J. (2014). Nonseasonal ARIMA models. In Forecasting: Principles & Practice (1st ed., pp. 81–82). Hyndman, R. J. & Athanasopoulos, G.
  6. Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. JIHI: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 20(April), 2–6. https://doi.org/https://doi.org/ 10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64
  7. Setyawati, P.A. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Inventarisasi Persebaran Wisata Kuliner Berbasis Web Kota Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  8. Sihombing, L.N.S. (2018). Model Pendampingan UKM dikota Tangerang Selatan. Sembadha 2018, Volume 01, Edisi 01.
  9. Sihombing, L.N.S., Hasan, R. (2019). Analisa Kinerja Pendamping Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Tangerang Selatan Terhadap Kemajuan UMKM. JIM UPB Vol 7 No.2.
  10. Syarif, 2019. Bukan Modal Saja, Pemasaran Jadi Kendala IKM di Kota Sukabumi. Diakses pada tanggal 18 Januari 2021 dari situs http://www.neraca.co.idarticle/12308/bu kan-modal-saja-pemasaran-jadi-kendalaikm-di-kota-sukabumi
  11. Tambunan T. (2006). Development of small medium enterprises in Indonesia from the Asia-Pacific perspective. Jakarta: LPFE, University of Trisakti.