PSIKOEDUKASI SEKSUAL PADA REMAJA BUCIN (BUDAK CINTA) BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA
Abstrak
Masa remaja merupakan fase perkembangan yang ditandai oleh perubahan fisik, emosional, sosial, dan kognitif yang kompleks. Fenomena budak cinta (bucin) yang marak terjadi di kalangan remaja sering kali berdampak negatif terhadap kesehatan mental, ketergantungan emosional, hingga kerentanan iman. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan psikoedukasi seksual berbasis nilai-nilai Islam kepada siswi kelas X SMA Muhammadiyah 7 Surabaya melalui pendekatan Project-Based Learning (PjBL) dengan desain one group pretest-posttest. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk seminar, pemutaran video, diskusi, permainan edukatif, hingga refleksi bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program psikoedukasi mampu meningkatkan pemahaman siswi terkait dampak psikologis dan spiritual dari perilaku bucin, mendorong kesadaran dalam mengelola emosi, serta menanamkan pentingnya menjaga keseimbangan antara cinta, identitas diri, dan nilai-nilai agama. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi psikoedukasi dengan pendekatan Islami efektif dalam membantu remaja membangun hubungan yang lebih sehat, seimbang, dan sesuai dengan nilai spiritual yang dianut.
Artikel teks lengkap
Referensi
Afriyanstika, V., & Yusuf, Y. (2024). Budak cinta (bucin) dalam berpacaran di kalangan mahasiswa universitas riau (studi di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik). Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(4), 385-394.
Dwijayani, N. K. K., & Wilani, N. M. A. (2020). Bucin itu bukan cinta: Mindful dating for flourishing relationship. Widya Cakra: Journal of Psychology and Humanities, 1(1), 1-11.
Nurhafifah, S. (2022). Fenomena Budak Cinta (BUCIN) dalam Relasi Pacaran di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Nuri, M. M. O., Pritami, I., Rahma, A., Yasmin, S. N., & Situmorang, D. D. B. (2020). Fenomena budak cinta (bucin) di kalangan para mahasiswa.
Putri, E. I., Safitri, A. A., & Willyanti, S. (2022). Fenomena Budak Cinta Dalam Hubungan Pacaran Remaja Di Kampung Edes, Desa Sungai Besar, Kabupaten Lingga. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(3), 206-215.
Sari, N. A., & Widyastuti, F. (2021). Pengaruh Menulis Ekspresif terhadap Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Kesehatan Mental Islami, 3(1), 23-34.
Siregar, L. D. (2022). Menulis Ekspresif sebagai Terapi Emosi di Era Digital. PsychologyMagz.
Studi Meta-Analisis Journaling. (2021). PMC – Public Medical Central. (Efektivitas expressive writing terhadap gangguan emosi).
Syafiq, M., & Fitri, A. N. (2025). Implementasi Teori Sadd Zari’ah sebagai Upaya Pencegahan Fenomena Budak Cinta (Bucin) dan Hubungan Toksik pada Remaja di Kalimantan. Prosiding Hukum Keluarga Islam, 332-344.
Tsalitsah, I. M., dkk. (2020). Modul Al-Islam Kemuhammadiyahan 4 Psikologi Islam UMSurabaya. UMSurabaya Publishing.
Tsalitsah, I. M., dkk. (2024). Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 4 Psikologi Islam Berbasis SCL dan PjBL. UMSurabaya Publishing.
Tsalitsah, I. M., & Tobroni. (2021). Pendekatan Psikologi Dalam Kajian Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tadarus, 10(2), UMSurabaya.
Tsalitsah, I. M. (2025). Buku Ajar Al-Islam Kemuhammadiyahan 4 Islam dan Ilmu Psikologi UMSurabaya. Al Fateh Press.
Yaqeen Institute. (2024). Islamic Spirituality and Mental Well-being.
Penulis
- Copyright
Authors who publish their manuscripts in Archetype: Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan agree to the following terms and conditions:
- Authors retain copyright over their work and grant the journal the right of first publication, where the work is licensed under a Creative Commons license. Creative Commons Attribution-NonCommercial (CC BY-NC).
- Authors are permitted to upload articles that have been published (Post-Print or Publisher's PDF versions) to institutional repositories, personal websites, or other media with full attribution and without commercial use.
- Licensing Policy
All content published in Archetype: Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan Full Open Access and licensed under:
Lisensi Creative Commons Attribution - NonCommercial 4.0 International (CC BY - NC 4.0)

This license permits users to:
- Share : Copying and distributing the material in any media or format.
- Adapt : Remix, modify, and build upon this material.
Provided that users must meet two main requirements:
- BY – Attribution : Users must attribute the work appropriately (credit) and provide a link to the license, as well as indicate if any changes have been made. This must be done in a reasonable manner without implying that the publisher or author endorses you or your use.
- NC – NonCommercial : Users are not permitted to use this material for commercial purposes.
What is meant by Non-Commercial?
Use intended for commercial gain or personal monetary compensation. Use of this journal content must be for educational, research, or non-profit purposes.
Important: This license aims to maximize the dissemination of research while protecting authors' rights from commercial exploitation.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, Authors retain copyright and grant the Archetype : Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan and Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of first publication right.