PERAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI MEDIATOR PADA HUBUNGAN ANTARA SCHOOL WELL-BEING DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SURABAYA

Wiwik Juwarini Prihastiwi (1), Anggy Kartika Sari (2), Agus Poerwanto (3)
(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peran self regulated learning sebagai mediator pada hubungan antara school well being dengan penyesuaian akademik siswa kelas VII. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 213 siswa kelas VII SMPN 60 Surabaya dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan sobel test. Hasil analisis yang diperoleh pada analisis jalur (path analysis) menunjukkan t = 8.214 dan p < 0.05 dapat disimpulkan  ada hubungan langsung yang signifikan school well being  dengan self regulated learning.  Analisis hubungan langsung diperoleh hasil nilai t = 7.811 dan p < 0,05  maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan langsung yang signifikan school well being dengan  penyesuaian akademik. Demikian pulan di peroleh kesimpulan bahwa  ada hubungan langsung yang signifikan self regulated learning  dengan penyesuaian akademik. Model mediasi  dinalisis dengan formula Sobel diperoleh t hitung sebesar 3.910 > 1.96, yang artinya self regulated learning secara signifikan berperan sebagai mediator pada hubungan school well being  dengan penyesuaian akademik.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Abbott-Chapman, J., Hughes, P., & Wyld, C. (1992). Monitoring student progress: A Framework for improving student performance and reducing attrition in higher education. Hobart: National Clearinghouse for Youth Studies. http://ecite.utas.edu.au/106951

Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (I).

Yogyakarta. Penebar Media Pustaka.

Azhari, & Situmorang, N. Z. (2019). Dampak positif school well-being pada siswa di sekolah.

Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 256263.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baker, R. W., & Siryk, B. (1989). The Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ): A WPS Test Report. In Western Psychological Services (Vol. 58, Issue 58).

Cazan, A. M. (2012). Self regulated learning strategies - Predictors of academic adjustment. Procedia

- Social and Behavioral Sciences, 33, 104–108. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.092

Choirudin, M. (2015). Penyesuaian Diri: Sebagai Upaya Mencapai Kesejahteraan Jiwa. 12(1), 20. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/hisbah.2015.121-07

Creswell, JW (2014). Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran (edisi ke-4). Terjemahan. Thousand Oaks, CA: Sage.

Deci, E. L., Vallerand, R. J., Pelletier, L. G., & Ryan, R. M. (1991). Motivation and Education: The Self-Determination Perspective. Educational Psychological, 26((3 & 4)), 325–346.

Dinata, Rahzianta, and M. Zainuddin, (2016) “Self Regulated Learning sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik dalam Menjawab Tantangan Abad 21,” Semin. Nas. Pendidik. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 139–146.

Fatah, V. F., Susanti, S., Ariyanti, M., & Nursyamsiyah, N. (2021). Penyesuaian Diri Siswa Tahun Pertama SMP Dimasa Pandemi Covid 19. Jkep, 6(2), 232– 239. https://doi.org/10.32668/jkep.v6i2.792

Hawani, A., & Chikha, A. Ben. (2021). the Relationship Between Value Conflict and Academic Adjustment Among Students At the Higher Institute of Sport and Physical Education (Ksar Saïd) University of Manouba, Tunisia. European Journal of Social Sciences Studies, 6(1), 243–

252. https://doi.org/10.46827/ejsss.v6i1.994

Hurtado, S., Han, J. C., Sáenz, V. B., Espinosa, L. L., Cabrera, N. L., & Cerna, O. (2007). Predicting Transition and adjustment to college: Biomedical and behavioral science aspirants’ and minority students’ first-year of college. Research in Higher Education, 48(7), 841–887. https://doi.org/10.1007/s11162-007-9051-x

Igirisa, S. F., & Yoenanto, N. H. (2021). Pengaruh Keberfungsian Keluarga terhadap Penyesuaian Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama Selama

Kabela, Y. (2021). Hubungan Antara School Well-Being Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Konu, A., & Rimpelä, M. (2002). Well-being in schools: A conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79

Kristiyani, T. (2016). Self regulated learning konsep, implikasi, dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. In Sanata Dharma University Press, Yogyakarta.

Mahesanara, A.A. & Nastiti, D. (2024). Hubungan Antara School Well Being Dan Self Regulated Learning Pada Siswa Smpn 2 Taman. Psikologia: Jurnal Psikologi. 9(2): 10.21070/Psikologia.V9i2.1816

Mih, V., Mih, C., & Dragoş, V. (2015). Achievement Goals and Behavioral and Emotional Engagement as Precursors of Academic Adjusting. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 209(July), 329–336. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.243

Novadelian, A., & Rozali, Y. A. (2020). Perbedaan Penyesuaian Akademik Ditinjau dari Kategorisasi Adversity Intelligence pada Santri MTS Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 Jayanti, Tangerang. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat.

Nuswantoro,D.B. (2021) Hubungan antara parental support dengan penyesuaian akademik siswa sekolah Islam pada masa pandemi Covid -19. Skripsi

Omrod, J.E. (2006). Educational Psychology: Developing Learners. Upper Saddle River: Merril Prentice Hal

Ramadhan, A.G. Hubungan Antara School Well-Being Dengan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Rahmayati, T. E., & Lubis, Z. (2013). Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri. Analitika: Jurnal Magister Psikologi Uma, 5(2), 43–49. http://ojs.urna.ac.id/index.php.analitika/article/view/784.

Rozali, Y. A., & Yashirly, E. (2022). Peran Self-Regulated Learning Dan Penyesuaian Akademik Di Masa Pandemi. 9, 25–43. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-030-85524-6_3

Safitri, L. (2020). Contemporary Education In Australia: Wellbeing Education At Balcombe Grammar School Mount MarthaVictoria. Lentera Pendidikan, Vol. 23 No. 1 Juni 2020: 33-43

Saraswati, S. Tiatri, and R. Sahrani, “Peran Self- Esteem Dan School Well-Being Pada,” J. Muara Ilmu Sos. Humaniora, dan Seni, vol. 1, no. 2, pp. 511–518, 2017.

Schneiders, A. A. (1960). Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holt, Reinhart, and Winston Inc.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (XIX).

Sunarto., & Hartono. (2008). Pengembangan Peserta Didik. Jakarta. Rineka Cipta. van Rooij, E. C.

Van Rooij, E., Jansen, E., & Van De Grift, W. (2018). First-year university students’ academic success: the importance of academic adjustment. European Journal of Psychology of Education, 33(4), 749–767. https://doi.org/10.1007/s10212-017-0347-8

Wendari, W. N., Badrujaman, A., & Sismiati S., A. (2016). Profil Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Di Kota Bogor. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1),

134. https://doi.org/10.21009/insight.051.19

Widiyati, R., & Supriatna, U. Y. (2018). Hubungan antara School Well-Being dengan Penyesuaian Akademik pada Siswa Kelas 3 Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Cimahi. Prosiding Psikologi, 4(2), 863–869.

Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview.

Educational Psychologist, 25(1), 3–1

Penulis

Wiwik Juwarini Prihastiwi
wiwikprihastiwi27@fpsi.um-surabaya.ac.id (Kontak utama)
Anggy Kartika Sari
Agus Poerwanto
Prihastiwi, W. J., Kartika Sari, A., & Poerwanto, A. (2025). PERAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI MEDIATOR PADA HUBUNGAN ANTARA SCHOOL WELL-BEING DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SURABAYA. Archetype : Jurnal Ilmiah Psikologi Dan Terapan, 7(2), 62–74. https://doi.org/10.30651/arc.v7i2.27943

Rincian Artikel