THE EFFECT OF BRAND IMAGE ON IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR OF SKINTIFIC CONSUMERS

Utari Aulasari (1), Aprilia Gilang Permata (2), Fadly Indra Pratama (3)
(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Dengan meningkatnya persaingan di industri kecantikan, penting bagi merek untuk menciptakan citra yang kuat agar dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap perilaku impulsive buying pada konsumen produk Skintific. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 57 responden yang menggunakan produk Skintific. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin kuat citra merek Skintific, semakin tinggi kemungkinan konsumen melakukan pembelian impulsif. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang dapat meningkatkan citra merek dan mendorong perilaku pembelian impulsif.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Chaudhuri, A., & Holbroo, M. B. (2001). The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing,81-93. 10.1509/jmkg.65.2.81.18255

Edy, I. C., & Haryanti. (2018). Impulsive buying behavior pada konsumen online. The National Conference on Management and Business.

Glints. (2022). Skintific. Glints. https://glints.com/id/companies/skintific-cosmetics-ltd/6b8f3aae-674b-4553-8629-143cdae56c38.

Hariri, M., & Vazifehdust, H. (2011). How does Brand Extension Affect Brand Image? A study of Iran Market. International Conference on Business and Economics, 104-109.

Ittaqullah, N., Madjid, R., & Suleman, N. R. (2020). The effects of mobile marketing, discount, and lifestyle on consumers’ impulse buying behavior in online marketplace. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1569-1577.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management. New Jersey: Pearson.

Lidwina. (2021). Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Meningkatkan Perekonomian di Indonesia (Studi pada Penggunaan E-Commerce di Akun Media Sosial). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 642-655.

Nanda, A. S., & Aristyanto, E. (2021). Peran Impulsive Buying Saat Live Streaming Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus E-Commerce Shopee). Jurnal Masyarakat Al-Syarah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 542–555.

Ramziya, Adnans, A. A., & Ginting, E. D. (2020). The Influence of Brand Images on Impulsive Buying Behavior in Shopping Consumers in Zalora's Online Stores. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 436-441.

Rook, D. W. (1987). The Buying Impulse. Journal of Consumer Research, 189-199.

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 305-313. 10.1086/209452

Salsabila Vania Suhyar, S. A. (2023). The Influence of Live Streaming and Trust on Impulsive Buying in The Purchase of Skintific Skincare Products. Management Studies and Entrepreneurship Journal.

Sari, A. K. (2020). Pengaruh Discount, Brand Image, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying. Journal of Multidisciplinary Studies, 199-211.

Sneath, J. Z., Lacey, R., & Kennett-Hensel, P. A. (2009). Coping with a natural disaster: Losses, emotions, and impulsive compulsive buying. Marketing Letters, 45-60.

Stern, H. (1962). The Significance of Impulse Buying Today. Journal of Marketing, 59-62.

Penulis

Utari Aulasari
utarias12@gmail.com (Kontak utama)
Aprilia Gilang Permata
Fadly Indra Pratama
Aulasari, U., Gilang Permata, A., & Indra Pratama, F. (2025). THE EFFECT OF BRAND IMAGE ON IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR OF SKINTIFIC CONSUMERS. Archetype : Jurnal Ilmiah Psikologi Dan Terapan, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.30651/arc.v7i2.25432

Rincian Artikel