ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK DI KELAS II SD NEGERI 1 BARIMBA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca permulaan pada peserta didik di kelas II SD Negeri 1 Barimba. Objek pada penelitian adalah peserta didik, guru kelas, dan orang tua peserta didik di kelas II di SD Negeri 1 Barimba, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah yang berjumlah 10 orang peserta didik. Sampel yang mengalami kesulitan membaca permulaan ada 3 orang peserta didik. 1 orang peserta didik permpuan dan 2 orang peserta didik laki-laki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan penelitan kualitatif dengan teknis pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa ada 6 (enam) kesulitan membaca permulaan pada peserta didik di kelas II SD Negeri 1 Barimba, yaitu, pelafalan dalam membaca, kelancaran dalam membaca, kejelasan suara dalam membaca, kesulitan mengenal huruf, kesulitan dalam mengeja, kesulitan dalam melafalkan fonem.
Artikel teks lengkap
Referensi
Aida, S., Suprapti, A., & Nasirum, M. (2018). Meningkatkan keterampilan membaca awal melalui metode structural analitik sintetik dengan menggunkan media audio visual. Jurnal ilmiah potensia.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali pres.
Irdawati.,Yunidar., & Darmawan.(2014). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar kelas 1 di Min Boul. Jurnal kreatif online, 5(4).
Jamaris, Martin. (2015). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangan nya Bagi Anak Usia Dini Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muammar, (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.
Nuraini, E., Oktrifianty. E., & Fathurrohmah, Y. (2021). Analisis faktor-faktor kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri poris Pelawad 2. Jurnal Pendidikan dan social budaya. 1(1).
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar: studi kasus pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal pendidikan edutama. 7(1).
Pratiwi, I.M & Vine, A.N.A.(2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Jurnal sekolah dasar kajian teori dan praktik pendidikan : universitas pendidikan indonesia, 26(1).
Putri, N. P. (2020). Keterampilan membaca: Teori Ferdinand De Saussure. Jurnal penelitian Bahasa, Sastra dan pengajaran Bahasa Indonesia.
Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Proseding konferensi ilmiah dasar, 2.
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rahim, F. (2018). Pengajaran membaca disekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Taseman; Akhmad; Puspita, A; & Sari, D.P. 2021. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA’A; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, 138-147
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
Yuliana, R. (2017). Pembelajaran membaca permulaan dalam tinjauan teori artikulasi penyerta. Proseding seminar nasional pendidikan FKIP UNTIRTA.
Penulis
- Copyright
Authors who publish their manuscripts in Archetype: Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan agree to the following terms and conditions:
- Authors retain copyright over their work and grant the journal the right of first publication, where the work is licensed under a Creative Commons license. Creative Commons Attribution-NonCommercial (CC BY-NC).
- Authors are permitted to upload articles that have been published (Post-Print or Publisher's PDF versions) to institutional repositories, personal websites, or other media with full attribution and without commercial use.
- Licensing Policy
All content published in Archetype: Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan Full Open Access and licensed under:
Lisensi Creative Commons Attribution - NonCommercial 4.0 International (CC BY - NC 4.0)

This license permits users to:
- Share : Copying and distributing the material in any media or format.
- Adapt : Remix, modify, and build upon this material.
Provided that users must meet two main requirements:
- BY – Attribution : Users must attribute the work appropriately (credit) and provide a link to the license, as well as indicate if any changes have been made. This must be done in a reasonable manner without implying that the publisher or author endorses you or your use.
- NC – NonCommercial : Users are not permitted to use this material for commercial purposes.
What is meant by Non-Commercial?
Use intended for commercial gain or personal monetary compensation. Use of this journal content must be for educational, research, or non-profit purposes.
Important: This license aims to maximize the dissemination of research while protecting authors' rights from commercial exploitation.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, Authors retain copyright and grant the Archetype : Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan and Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of first publication right.