ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK DI KELAS II SD NEGERI 1 BARIMBA

Isi Artikel Utama

Dwi Sari Usop
Rita Rahmaniati
Nor Kamalasari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca permulaan pada peserta didik di kelas II SD Negeri 1 Barimba. Objek pada penelitian adalah peserta didik, guru kelas, dan orang tua peserta didik di kelas II di SD Negeri 1 Barimba, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah yang berjumlah 10 orang peserta didik. Sampel yang mengalami kesulitan membaca permulaan ada 3 orang peserta didik. 1 orang peserta didik permpuan dan 2 orang peserta didik laki-laki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan penelitan kualitatif dengan teknis pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa ada 6 (enam) kesulitan membaca permulaan pada peserta didik di kelas II SD Negeri 1 Barimba, yaitu, pelafalan dalam membaca, kelancaran dalam membaca, kejelasan suara dalam membaca, kesulitan mengenal huruf, kesulitan dalam mengeja, kesulitan dalam melafalkan fonem.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Aida, S., Suprapti, A., & Nasirum, M. (2018). Meningkatkan keterampilan membaca awal melalui metode structural analitik sintetik dengan menggunkan media audio visual. Jurnal ilmiah potensia.
  2. Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali pres.
  3. Irdawati.,Yunidar., & Darmawan.(2014). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar kelas 1 di Min Boul. Jurnal kreatif online, 5(4).
  4. Jamaris, Martin. (2015). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangan nya Bagi Anak Usia Dini Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.
  5. Muammar, (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.
  6. Nuraini, E., Oktrifianty. E., & Fathurrohmah, Y. (2021). Analisis faktor-faktor kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri poris Pelawad 2. Jurnal Pendidikan dan social budaya. 1(1).
  7. Pratiwi, C. P. (2020). Analisis keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar: studi kasus pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal pendidikan edutama. 7(1).
  8. Pratiwi, I.M & Vine, A.N.A.(2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Jurnal sekolah dasar kajian teori dan praktik pendidikan : universitas pendidikan indonesia, 26(1).
  9. Putri, N. P. (2020). Keterampilan membaca: Teori Ferdinand De Saussure. Jurnal penelitian Bahasa, Sastra dan pengajaran Bahasa Indonesia.
  10. Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Proseding konferensi ilmiah dasar, 2.
  11. ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
  12. Rahim, F. (2018). Pengajaran membaca disekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Taseman; Akhmad; Puspita, A; & Sari, D.P. 2021. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA’A; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, 138-147
  14. Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
  15. Yuliana, R. (2017). Pembelajaran membaca permulaan dalam tinjauan teori artikulasi penyerta. Proseding seminar nasional pendidikan FKIP UNTIRTA.