PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF SMART COLOR BALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN WARNA DAN MELATIH MOTORIK KASAR PADA SISWA DI TK JAYANEGARA GUBENG SURABAYA
Abstrak
Penelitian ini untuk meneliti penerapan media permainan Smart Color Ball di TK Jayanegara. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan penerapan media permainan bola warna pintar dalam meningkatkan kemampuan membedakan warna dan melatih motorik kasar pada siswa taman kanak kanak, Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu kesimpulan tentang penerapan APE bola warna pintar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan APE Smart color ball sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan membedakan warna dan melatih motorik kasar pada anak melalui berbagai kegiatan atau ragam main yang ada APE smart color ball. Manfaat yang didapat adalah penelitian ini adalah dapat diaplikasikan diberbagai lembaga TK yang ada di Indonesia.
Artikel teks lengkap
Referensi
Ade Holis. 2016. Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikn Universitas Garut. Vol. 9 No 1 Hal 23-37
Ilma, Aiza. 2018. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Dengan Metode Eksperimen Pada Anak Di TK Yaspal III Koto Padang Luar. Skripsi: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batu Sangkar
Madyawati, Lilis. 2012. Permainan dan Bermain 1 (Untuk Anak). Jakarta:Prenada
Piaget, J. 1962. Play, dreams, and imitation in childhood. New York: W. W. Norton.
Rahmaniah, Rima dkk. 2020. Permainan Edukasi Psikososial Di Desa Aik Brik KecamatanBatukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol 3 No 2
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Triharso, Agung.2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset
Wahyuni, Rezki. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Papan Flanel Angka Di TK Mentari Bulogading Kabupaten Gowa. Junral Pemikiran Dan Penelitian Anak Usia Dini. Vol 6 No 2
Yulianto, Dema. 2016. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus memalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B RA Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. JurnalPinus. Vol 2 No. 2
Yus, Anita. 2013. Bermain sebagai kebutuhan Dan Strategi Pengembangan Diri Anak. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI -Vol. 8 No.2
Penulis
- Copyright
Authors who publish their manuscripts in Archetype: Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan agree to the following terms and conditions:
- Authors retain copyright over their work and grant the journal the right of first publication, where the work is licensed under a Creative Commons license. Creative Commons Attribution-NonCommercial (CC BY-NC).
- Authors are permitted to upload articles that have been published (Post-Print or Publisher's PDF versions) to institutional repositories, personal websites, or other media with full attribution and without commercial use.
- Licensing Policy
All content published in Archetype: Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan Full Open Access and licensed under:
Lisensi Creative Commons Attribution - NonCommercial 4.0 International (CC BY - NC 4.0)

This license permits users to:
- Share : Copying and distributing the material in any media or format.
- Adapt : Remix, modify, and build upon this material.
Provided that users must meet two main requirements:
- BY – Attribution : Users must attribute the work appropriately (credit) and provide a link to the license, as well as indicate if any changes have been made. This must be done in a reasonable manner without implying that the publisher or author endorses you or your use.
- NC – NonCommercial : Users are not permitted to use this material for commercial purposes.
What is meant by Non-Commercial?
Use intended for commercial gain or personal monetary compensation. Use of this journal content must be for educational, research, or non-profit purposes.
Important: This license aims to maximize the dissemination of research while protecting authors' rights from commercial exploitation.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, Authors retain copyright and grant the Archetype : Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan and Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of first publication right.