GAMBARAN STRATEGI COPING MAHASISWA DALAM PROSES BELAJAR DARING

Isi Artikel Utama

Novia Diah Anggraeni
Apriliani Mardianti Putri
Wahyu Dwi Lestari
Dewi Ilma Antawati*

Abstrak

Pandemi Covid 19 berdampak pada perubahan manusia dalam menjalani kehidupan, salah satunya mahasiswa.  Mahasiswa dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan mengikuti pembelajaran daring. Proses penyesuaian tersebut menimbulkan permasalahan, salah satunya adalah stress akademik.  Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran strategi coping stres pada mahasiswa selama mengikuti pembelajaran secara daring di masa pandemic Covid 19.  Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus.  Subyek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Surabaya yang mengikuti proses pembelajaran daring.  Proses pengambilan data dilakukan dengan indepth interview untuk mengetahui gambaran stressor yang dialami, gambaran strategi coping yang dilakukan, dan faktor yang berperan dalam pelaksanaan strategi coping.  Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh temuan bahwa stressor dalam belajar daring adalah kendala dalam jaringan, kendala dalam melakukan presentasi secara daring, adanya tugas atau masalah secara bersamaan, kurangnya pemahaman dalam menerima materi, serta interupsi dari hal-hal yang tidak terduga.  Gejala stress yang umumnya dialami subyek adalah sakit kepala, kecemasan, kebingungan, perubahan suasana hati yang cenderung negatif, dan kualitas tidur yang kurang baik.  Subyek lebih cenderung menggunakan strategi emotion focused coping dalam mengatasi stress dengan cara mengatur respon emosional terhadap keadaan atau situasi yang membuat mereka merasa tertekan atau stress.

Kata kunci : Stres Akademik, Coping Stres

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Dewi Ilma Antawati*, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya

*Coresponden Author

Referensi

  1. Adi,T.N. (2010). Perilaku Coping Mahasiswa dalam Mengatasi Stres Mengikuti Mata Kuliah MPK Kuantitatif. Jurnal Acta Diurna. 6(2). 1-11.
  2. Azizah, L. N. (2016). Hubungan dukungan sosial dan efikasi diri terhadap stres akademik pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Uin Malang angkatan 2015. Malang.(Skripsi, Universitas Islam Negeri Malang).
  3. Baqutayan, S. M. S. (2015). Stress and coping mechanisms: a historical overview. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(2 S1), 479-479.
  4. Christyanti, D., Mustami’ah, D., Sulistiani, W. (2010). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik dengan Kecenderungan Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. Insan, 12(3). 153-159.
  5. Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cell phones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j. iheduc.2013.06.002
  6. Govaerts, S., & Grégoire, J. (2004). Stressful academic situations: study on appraisal variables in adolescence. European review of applied psychology, 54(4), 261-271.
  7. Gunawan, D. N. (2018). Hubungan Strategi Coping dengan Kualitas Hidup Caregiver Keluarga Penderita Skizofrenia di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Disertasi. Universitas Airlangga.
  8. Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1-9.
  9. Maryam, S. (2017). Strategi coping: Teori dan sumberdayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101-107.
  10. Maulana, H. A., Iswari, R. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis Di Pendidikan Vokasi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1). 17-30.
  11. Patton, W. A., & Goddard, R. (2006). Coping with stress in the Australian job network: Gender differences. Journal of Employment Counseling. 43 (3).135-144. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1002/j.2161-1920.2006.tb00013.x
  12. Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). " Learning Task" Attributable to Students' Stress During the Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208.
  13. Runtu, V. C., & Kurniawan, J. E. Hubungan antara Self-Disclosure Melalui Media Sosial dan Emotion Focus Coping pada Wanita Usia Dewasa Awal. Psychopreneur Journal, 2017, 1(2): 94-105
  14. Poerwandari, E. K. (2009). Pendekatan kualitatif. Depok : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi UI.
  15. Purna, R. S. (2020). Strategi Coping Stress Saat Kuliah Daring Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2019 Universitas Andalas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 15(1).