HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA DI UPT PRSMP SURABAYA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada remaja di UPT PRSMP Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil populasi remaja binaan yang ada di UPT PRSMP Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini seluruh populasi sebanyak 55 orang. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain skala dukungan sosial dan skala kesejahteraan psikologis dengan menggunakan model skala Likert. Skala dukungan sosial terdiri dari 22 item valid dengan koefisien reliabilitas 0,902. Skala kesejahteraan psikologis terdiri dari 24 item valid dengan koefisien reliabilitas 0,876. Teknis analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil dari analisis diperoleh nilai p = 0,000 (p < 0,05) dengan taraf signifikan sebesar 0,731, menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis.
Kata kunci : dukungan sosial, kesejahteraan psikologis, remaja
Rincian Artikel
Referensi
- Azwar, S. (2019). Penyusunan Skala
- Psikologi (Edisi Ke-2 : Cetakan 15).
- Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Dinova (2016). Hubungan antara dukungan sosial
- dengan psychological well-being pada
- remaja panti asuhan. Skripsi. Fakultas
- Psikologi Universitas Muhammadiyah
- Malang.
- Ekowarni, Endang (1993). Suatu Tinjauan
- Psikologi Perkembangan, Buletin psikologi
- No. 2, Hal. 24 - 27, Universitas Gajah
- Mada.
- Hilman, D. P., & Indrawati, E. S. (2018).
- Pengalaman menjadi narapidana remaja di
- Lapas Klas I Semarang. Jurnal Empati, 6
- (3), 189-203.
- Ifidil, I., Sari,I. P., & Putri, V. N. (2020).
- Psychological well-being remaja dari
- keluarga broken home. Schoulid:
- Indonesian Journal of School Counseling, 5
- (1), 35-44.
- Johnson, D. W. & Jhonson, F.P. (1991). Joining
- Together: Group Theory and Group Skills.
- Fourth Edition. London: Prentice Hall
- International
- Peterson, C. (1997). Psychology : A
- biopsychosocial approach. New York :
- Longman
- Ramadhani, T., Djunaedi, & Sismiati, A. (2016).
- Kesejahteraan Psikologis (Psychological
- Well- Being) Siswa Yang Orangtuanya
- Bercerai (Studi Deskriptif yang Dilakukan
- pada Siswa di SMK Negeri 26
- Pembangunan Jakarta) Abstrak. Insight:
- Jurnal Bimbingan Konseling.
- Ryff, C. D, Keyes, C.L.M (1995). The Structure of
- Psychological Well -Being Revisited.
- Journal of Personality and Social
- Psychologi, 69, 719–727.
- Santrock, John W. (2011). Perkembangan Anak
- Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan: Sarah Genis B)
- Jakarta: Erlangga.
- Santrock, W. J. (2003). Adolescence
- Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga.
- Sarafino, E. P & Smith, T. W. (2011). Health
- Psychology : Biopsychosocial interactions
- (7th edition). New York : John Wiley &
- Sons, Inc.
- Sarafino. (1994). Health Psychology
- Biopsychosocial Interaction. USA : John
- Wiley & Sons
- Smet. (1994). Psikologi Kesehatan. PT. Gramedia
- Widiasarna Indonesia : Jakarta.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif
- dan kuantitatif R&D. Bandung : CV
- Alfabeta.
- Susanti, V. W., & Maryam, E. W. (2013).
- Psychological Well-Being Narapidana
- Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas
- IIA Sidoarjo. Psikologia: Jurnal Psikologi, 2(1)