HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI PADA MAHASISWA UNISSULA PENGGUNA INSTAGRAM
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan pengungkapan diri pada mahasiswa UNISSULA pengguna instagram. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa strata 1 angkatan 2017. Jumlah sampel 330 mahasiswa yang tersebar di Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Psikologi. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Dua alat ukur digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini yaitu alat ukur harga diri dengan reliabilitas 0,876. Alat ukur lain untuk mendapatkan data pengungkapan diri dengan reliabilitas 0,771. Hipotesis penelitian ini adalah : terdapat hubungan positif antara harga diri dengan pengungkapan diri pada mahasiswa UNISSULA pengguna instagram. Teknik analisis data menggunakan non paramethic test sperman rho. Dari hasil analisis didapatkan informasi bahwa semakin tinggi harga diri maka semakin tinggi juga pengungkapan diri. Dengan demikian hipotesis diterima. Kunci : Harga Diri, Pengungkapan Dir
Full text article
References
Anggraini, R. (2019). Pendidikan Kesehatan Dalam Praktik Terapi Nabawi Bagi Psikosomatik. Diakses dari https://repository-umy-ac-id.translate.goog/handle/123456789/31517?_x_tr_sch=http&_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=nui,sc.
Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar : Yogyakarta.
Bazarova, N. N., & Choi, Y. H. (2014). Self-disclosure in social media: Extending the functional approach to disclosure motivations and characteristics on social network sites. Journal of Communication, 64(4), 635–657. https://doi.org/10.1111/jcom.12106
Dion, N. A. (2016). The effect of Instagram on self-esteem and life satisfaction. Honors Theses, 91, 1–30. https://digitalcommons.salemstate.edu/honors_theses/91
Gunarsa, S., & Yulia, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Diakses dari http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8387
Krasnova, H., Spiekermann, S., Koroleva, K., & Hildebrand, T. (2010). Online social networks: Why we disclose. Journal of Information Technology, 25(2), 109–125. https://doi.org/10.1057/jit.2010.6
Kusyanti, A., & Catherina, H.P.A. (2019). Do I Really Need to Use a Lock Screen? : An Evaluation of Indonesian Smartphone Users. Retrieved from 10.1109/ICoICT.2019.8835195.
Mander, J., & McGrath, F. (2015). Social Media Engagement Summary. Global Web Index, 1–9. Diakses dari http://www.slideshare.net/globalwebindex/globalwebindex-social-q1-summary-report.
Prager, K. J., Shirvani, F. K., Garcia, J. J., & Coles, M. (2013). Intimacy and Positive Psychology. Positive Psychology of Love, 16–29. Diakses dari https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199791064.003.0002.
Prawesti, F. S., & Dewi, D. K. (2016). Self Esteem dan Self Disclosure Pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Blackberry Messenger. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7 (1), 1. Diakses dari https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p1-8.
Rosenberg, M., Schooler, C., Schoenbach, C., & Rosenberg, F. (1995). Global Self-Esteem and Specific Self-Esteem: Different Concepts, Different Outcomes. American Sociological Review, 60 (1), 141. https://doi.org/10.2307/2096350
Santi, N. N., & Damariswara, R. (2017). Hubungan antara, Self Esteem dengan Self Disclosure pada Saat Chatting di Facebook. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6 (1), 110. Diakses dari https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.611
Sarwono W, S., & Meinarno A, E. (2015). Psikologi Sosial. Salemba Humanika : Jakarta.
Utomo, W.P.B & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan Harga Diri Dengan Pengungkapan Diri Pada Siswa-Siswi Pengguna Jejaring Sosial Instagram Di Sma Negeri 1 Gedangan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6 (1).
Wheeless, L. R., Nesser, K., & Mc.croskey, J. C. (1986). Communication Apprehension are related. 3, 129-134.
Anggraini, R. (2019). Pendidikan Kesehatan Dalam Praktik Terapi Nabawi Bagi Psikosomatik. Diakses dari https://repository-umy-ac-id.translate.goog/handle/123456789/31517?_x_tr_sch=http&_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=nui,sc.
Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar : Yogyakarta.
Bazarova, N. N., & Choi, Y. H. (2014). Self-disclosure in social media: Extending the functional approach to disclosure motivations and characteristics on social network sites. Journal of Communication, 64(4), 635–657. https://doi.org/10.1111/jcom.12106
Dion, N. A. (2016). The effect of Instagram on self-esteem and life satisfaction. Honors Theses, 91, 1–30. https://digitalcommons.salemstate.edu/honors_theses/91
Gunarsa, S., & Yulia, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Diakses dari http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8387
Krasnova, H., Spiekermann, S., Koroleva, K., & Hildebrand, T. (2010). Online social networks: Why we disclose. Journal of Information Technology, 25(2), 109–125. https://doi.org/10.1057/jit.2010.6
Kusyanti, A., & Catherina, H.P.A. (2019). Do I Really Need to Use a Lock Screen? : An Evaluation of Indonesian Smartphone Users. Retrieved from 10.1109/ICoICT.2019.8835195.
Mander, J., & McGrath, F. (2015). Social Media Engagement Summary. Global Web Index, 1–9. Diakses dari http://www.slideshare.net/globalwebindex/globalwebindex-social-q1-summary-report.
Prager, K. J., Shirvani, F. K., Garcia, J. J., & Coles, M. (2013). Intimacy and Positive Psychology. Positive Psychology of Love, 16–29. Diakses dari https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199791064.003.0002.
Prawesti, F. S., & Dewi, D. K. (2016). Self Esteem dan Self Disclosure Pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Blackberry Messenger. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7 (1), 1. Diakses dari https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p1-8.
Rosenberg, M., Schooler, C., Schoenbach, C., & Rosenberg, F. (1995). Global Self-Esteem and Specific Self-Esteem: Different Concepts, Different Outcomes. American Sociological Review, 60 (1), 141. https://doi.org/10.2307/2096350
Santi, N. N., & Damariswara, R. (2017). Hubungan antara, Self Esteem dengan Self Disclosure pada Saat Chatting di Facebook. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6 (1), 110. Diakses dari https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.611
Sarwono W, S., & Meinarno A, E. (2015). Psikologi Sosial. Salemba Humanika : Jakarta.
Utomo, W.P.B & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan Harga Diri Dengan Pengungkapan Diri Pada Siswa-Siswi Pengguna Jejaring Sosial Instagram Di Sma Negeri 1 Gedangan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6 (1).
Wheeless, L. R., Nesser, K., & Mc.croskey, J. C. (1986). Communication Apprehension are related. 3, 129-134.
Anggraini, R. (2019). Pendidikan Kesehatan Dalam Praktik Terapi Nabawi Bagi Psikosomatik. Diakses dari https://repository-umy-ac-id.translate.goog/handle/123456789/31517?_x_tr_sch=http&_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=nui,sc.
Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar : Yogyakarta.
Bazarova, N. N., & Choi, Y. H. (2014). Self-disclosure in social media: Extending the functional approach to disclosure motivations and characteristics on social network sites. Journal of Communication, 64(4), 635–657. https://doi.org/10.1111/jcom.12106
Dion, N. A. (2016). The effect of Instagram on self-esteem and life satisfaction. Honors Theses, 91, 1–30. https://digitalcommons.salemstate.edu/honors_theses/91
Gunarsa, S., & Yulia, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Diakses dari http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8387
Krasnova, H., Spiekermann, S., Koroleva, K., & Hildebrand, T. (2010). Online social networks: Why we disclose. Journal of Information Technology, 25(2), 109–125. https://doi.org/10.1057/jit.2010.6
Kusyanti, A., & Catherina, H.P.A. (2019). Do I Really Need to Use a Lock Screen? : An Evaluation of Indonesian Smartphone Users. Retrieved from 10.1109/ICoICT.2019.8835195.
Mander, J., & McGrath, F. (2015). Social Media Engagement Summary. Global Web Index, 1–9. Diakses dari http://www.slideshare.net/globalwebindex/globalwebindex-social-q1-summary-report.
Prager, K. J., Shirvani, F. K., Garcia, J. J., & Coles, M. (2013). Intimacy and Positive Psychology. Positive Psychology of Love, 16–29. Diakses dari https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199791064.003.0002.
Prawesti, F. S., & Dewi, D. K. (2016). Self Esteem dan Self Disclosure Pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Blackberry Messenger. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7 (1), 1. Diakses dari https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p1-8.
Rosenberg, M., Schooler, C., Schoenbach, C., & Rosenberg, F. (1995). Global Self-Esteem and Specific Self-Esteem: Different Concepts, Different Outcomes. American Sociological Review, 60 (1), 141. https://doi.org/10.2307/2096350
Santi, N. N., & Damariswara, R. (2017). Hubungan antara, Self Esteem dengan Self Disclosure pada Saat Chatting di Facebook. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6 (1), 110. Diakses dari https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.611
Sarwono W, S., & Meinarno A, E. (2015). Psikologi Sosial. Salemba Humanika : Jakarta.
Utomo, W.P.B & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan Harga Diri Dengan Pengungkapan Diri Pada Siswa-Siswi Pengguna Jejaring Sosial Instagram Di Sma Negeri 1 Gedangan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6 (1).
Wheeless, L. R., Nesser, K., & Mc.croskey, J. C. (1986). Communication Apprehension are related. 3, 129-134.
Authors
- Copyright
Authors who publish their manuscripts in Archetype: Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan agree to the following terms and conditions:
- Authors retain copyright over their work and grant the journal the right of first publication, where the work is licensed under a Creative Commons license. Creative Commons Attribution-NonCommercial (CC BY-NC).
- Authors are permitted to upload articles that have been published (Post-Print or Publisher's PDF versions) to institutional repositories, personal websites, or other media with full attribution and without commercial use.
- Licensing Policy
All content published in Archetype: Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan Full Open Access and licensed under:
Lisensi Creative Commons Attribution - NonCommercial 4.0 International (CC BY - NC 4.0)

This license permits users to:
- Share : Copying and distributing the material in any media or format.
- Adapt : Remix, modify, and build upon this material.
Provided that users must meet two main requirements:
- BY – Attribution : Users must attribute the work appropriately (credit) and provide a link to the license, as well as indicate if any changes have been made. This must be done in a reasonable manner without implying that the publisher or author endorses you or your use.
- NC – NonCommercial : Users are not permitted to use this material for commercial purposes.
What is meant by Non-Commercial?
Use intended for commercial gain or personal monetary compensation. Use of this journal content must be for educational, research, or non-profit purposes.
Important: This license aims to maximize the dissemination of research while protecting authors' rights from commercial exploitation.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, Authors retain copyright and grant the Archetype : Jurnal Ilmiah Psikologi dan Terapan and Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of first publication right.