Analisis Pengendalian Internal Sistem Penggajian dan Pengupahan pada CV. Profil 88 Surabaya

Penulis

  • Della Alamanda Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v1i1.9758

Abstrak

Aspects of globalization about the current economic and business developments are very extensive. Company investment is not a small amount for recruitment costs and employee development costs. In this case, the salary costs are important points especially for companies. This research focuses on internal control of the payroll and wage system on CV. Profile 88 Surabaya. The purpose of this study was to build a supporting system that is useful for analyzing the procedure carried out on payroll and wages whether it has been in accordance with the principle of accounting or not. This study used descriptive qualitative, namely describing a problem occured when the study was conducted. The data source used was primary data with the data collection procedures carried out by documentation, observation and interviews. Based on the results of the analysis in this study, the conclusion is that the control system for payroll and wages on CV. Profile 88 Surabaya was not good enough because there was double functions. The element of internal control in the organizational structure is not well; the authorization system was carried out without authorized approval, healthy practices were carried out according to the calculation of salaries and wages and human resources were less because of the reduction of employees. Some things that are not in accordance with the application of payroll and wage accounting systems especially the recording of work time, making salary lists and paying the salary.

Keywords: Learning Interest; Internal Control System, Payroll and Wage


Aspek globalisasi secara luas tentang perkembangan ekonomi dan bisnis yang terjadi saat ini. Investasi perusahaan yang tidak sedikit untuk biaya recruitment dan biaya pengembangan karyawan. Dalam hal tersebut biaya gaji menjadi poin penting terutama bagi perusahaan. Penelitian ini berfokus pada pengendalian internal sistem penggajian dan pengupahan pada CV. Profil 88 Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk membangaun sebuah sistem pendukung yang berguna untuk menganalisis prosedur yang akan dilakukan atas penggajian dan pengupahan apakah sudah berjalan sesuai dengan prinsip akuntansi atau tidak. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan suatu masalah yang ada pada peristiwa yang terjadi saat penelitian dilakukan. Sumber data yang digunakan adalah data primer, prosedur pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan interview. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini sistem pengendalian untuk penggajian dan pengupahan tidak cukup baik dikarenakan ada perangkapan fungsi. Unsur pengendalian internal pada struktur organisasi tidak terstruktur dengan baik, sistem otorisasi yang dilakukan tanpa persetujuan yang berwenang, praktik yang sehat dijalankan sesuai pada saat perhitungan gaji dan upah dan sumber daya manusia tergolong kurang karena adanya pengurangan pegawai. Beberapa hal yang tidak sesuai dengan penerapan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan  mengenai pencatatan waktu kerja, pembuatan daftar gaji serta pembayaran gaji.

Kata Kunci: Sistem pengendalian internal, Penggajian dan Pengupahan

Referensi

Amstrong, Michael & Helen Murlis. 1983. Sistem Penggajian, Pedoman Praktis Bagi Organisasi Kecil dan Menengah, eri Manajemen No 84, Jakarta.

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Charles T. Horngren dan Walter T.Harrison. 2007. Akutansi Jilid 1, Edisi ke-7. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ending. 2016. Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Sistem Penggajian Karyawan Pelaksana Pada PT. Perkebunan Mitra Ogan (Kebun Batanghari Leko). Jurnal ASCV. 5 (2): 37-49.

Fatihudin, Didin. 2015. Metodologi Penelitian untuk Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Hardani et al. (2020). Metode Penelitian Kulaitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu :Yogyakarta.

Hery. 2014. Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Marshall B. Romney dan Paul John Steinbart. 2014 Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems (Edisi 13), Prentice Hall.

Mulyadi. 1993. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: STIE YKPN.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi Edisi Tiga. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2008. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Edisi 4. Jakarta. Penerbit: Salemba Empat.

Moekijat. 1989. Pengantar Sistem Informasi Manajemen , edisi 8. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J.1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, Azhar. 2009. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.

Rizkiyatus Sholiha. 2018. Evaluasi Sistem Dan Prosedur Penggajian Dan Pengupahan Untuk Meningkatkan Pengendalian Internal Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Matabiru Indonesia). Jurnal Sketsa Bisnis. 5 (1): 39-48.

Rosyada, Dede. 2020. PenelitianKualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. (Edisi 1. Cetakan ke 1) Jakarta: Prenadamedia Group.

Sandu Siyoto dan M.Ali Sodiq. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.

Yusuf, Haryono. 2011. Dasar – Dasar Akuntansi. (Edisi 7. Cetakan ke-1) Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Zulaika Aquarisma dan Yuli Nurhayati. 2017. Analisis Sistem Pengendalian Intern Penggajian Dan Pengupahan Terhadap Karyawan PT. Bumi Beliti Abadi Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini. 8 (3).

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-28