Pengaruh Sosialisasi SAK EMKM, Persepsi Pelaku UMKM, Dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Penerapan SAK EMKM Pada Laporan Keuangan UMKM Di Kota Surabaya

Penulis

  • Margi Susilowati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Anna Marina Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Zeni Rusmawati

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v1i2.10654

Abstrak

ABSTRACT  

SAK EMKM is a financial accounting standard to support the progress of MSMEs in Indonesia in compiling financial reports. It is also to make easier for MSME actors to get access to funding from financial institutions, but many MSME actors have difficulty in compiling financial reports. The applicable accounting standards can affect SAK EMKM application such as the socialization of SAK EMKM, the perception of MSME actors, and understanding of accounting. The population in this study was Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) registered at the Department of Cooperatives and Micro Enterprises in Surabaya. The sampling technique used purposive sampling with criteria for SMEs in the fashion sector, a number of samples obtained was 93 MSME actors with 80 MSME actors being studied successfully. The analytical tool used is SPSS 25. The results obtained from this study stated that the socialization of SAK EMKM, the perception of MSME actors, and accounting understanding partially had a positive and significant effect on the application of SAK EMKM and socialization SAK EMKM, the perception of MSME actors, and understanding of accounting simultaneously (together) has a positive and significant effect on the implementation of SAK EMKM.

Keywords: perception of SMEs; socialization of SAK EMKM; understanding of accounting, SAK EMKM

 

ABSTRAK

SAK EMKM merupakan standar akuntansi keuangan yang telah diterbitkan untuk mendukung kemajuan UMKM di Indonesia dalam menyusun laporan keuangan untuk memudahkan pelaku UMKM mendapatkan akses pendanaan dari lembaga keuangan tetapi banyaknya pelaku UMKM mengalami kesulitan dalam menyusun laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang berlaku untuk itu ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penerapan SAK EMKM yaitu sosialisasi SAK EMKM, persepsi pelaku UMKM, dan pemahaman akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria pelaku UMKM yang bersektor fashion didapatkan jumlah sampel sebanyak 93 pelaku UMKM dengan sampel yang berhasil untuk diteliti sebanyak 80 pelaku UMKM. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS 25. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa sosialisasi SAK EMKM, persepsi pelaku UMKM, dan pemahaman akuntansi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan SAK EMKM dan sosialisasi SAK EMKM, persepsi pelaku UMKM, dan pemahaman akuntansi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan SAK EMKM.

Kata Kunci: persepsi pelaku UMKM, pemahaman akuntansi, SAK EMKM, sosialisasi SAK EMKM

Referensi

Andrew E, Sikula. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga: Bandung.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegor: Semarang.

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Chapra, M. Umer. 1992. Islam and The Economic Challenge.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Surabaya. Diakses dari https://dinkopum.surabaya.go.id/

Eka, Romy. 2018. Pengaruh Tingkat Pendiidikan, Pemahaman Akuntansi, Motivasi dan Umur Usaha Terhadap Penerapan SAK EMKM. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau. Vol. 1 No. 1.

Fatihudin, Didin. 2019. Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Zifatama Publisher: Surabaya.

Febriyanti, G. A. dan Wardhani, A. S. 2018. Pengaruh Persepsi, Tingkat Pendidikan, dan Sosialisasi Terhadap Penerapan SAK EMKM pada UMKM Wilayah Kota Surabaya. Univeristas Surabaya: Surabaya.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. BP UNDIP: Semarang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2018. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia: Jakarta

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Kementerian Koperasi dan UMKM. (2008). UU No. 20 Tahun 2008 Tentang UMKM

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. 2018. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) tahun 2018. Badan Pusat Statistic (BPS): Jakarta. Diakses dari https://www.kemenkopukm.go.id/data-umkm

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 1998 tentang Bidang/Jenis Usaha yang Dicadangkan Untuk Usaha Kecil dan Bidang/Jenis Usaha yang Terbuka untuk Usaha Menengah atau Usaha Besar dengan Syarat Kemitraan.

Kourilsky, M.L. & Walstad, W.B. 1998. Entrepreneurship and Female Youth: Knowledge, Attitudes, Gender Differences and Educational Practices. Journal of Business Venturing.

Kusuma,I.C dan Lutfiany V. 2018. Persepsi UMKM Dalam Memahami SAK EMKM. Universitas Djuanda: Bogor.

Kwartono M. 2009. Kiat Sukses Berburu Modal UMKM: Usaha Mikro Kecil & Menengah. Raih Asa Sukses: Yogyakarta.

Latipun. 2011. Psikologi Eksperimen. UMM Press: Malang.

Mauliddah, N. (2020). Disparitas Pendapatan dan Pengembangan Ekonomi Lokal di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas. https://doi.org/10.47233/jebd.v22i2.104

Munawir. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty: Yogyakarta.

Mursyidi. 2010. Akuntansi Dasar. Ghalia Indonesia: Bogor.

Niswonger, C. Rollin, dkk. 1999. Prinsip-Prinsip Akuntansi. Erlangga: Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.

Parhusip, K dan Herawati, T. D. 2020. Pengaruh Sosialisasi SAK EMKM, Tingkat Pendidikan Pemilik, Persepsi Pelaku UMKM, dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Implementasi SAK EMKM pada UMKM di Kota Malang. Universitas Brawijaya: Malang.

Partomo, T. S. dan Soejoedono A. R. 2004. Ekonomi Skala Kecil/Menengah & Koperasi. Ghalia Indonesia: Bogor.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/PMK.05/2008 tentang Pedoman Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Badan Layanan Umum. Diakses dari https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2008/76~PMK.05~2008Per.htm

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 pasal 1 tentang Standar Akuntansi Pemerintah. Diakses dari http://www.bpkp.go.id/uu/filedownload/4/60/873.bpkp

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah. Diakses dari http://www.djpk.kemenkeu.go.id/attach/post-pp-no-71-tahun-2010-tentang-standar-akuntansi-pemerintahan/PP71.pdf

Poerwadarminta. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Edisi Ketiga. Balai Pustaka.

Rudiantoro, Rizki dan Sylvia Veronica Siregar. 2012. Kualitas Laporan Keuangana UMKM serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Volume 12. Universitas Indonesia: Jakarta.

Rusmawati, Z. (2018). Analisis Break Event Point Terhadap Perencanaan Laba Cv. Uul Anugerah Surabaya. Akuntansi Dan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.24123/jati.v12i1.274

Sagita, Maharani. 2020. Mengintip Strategi UKM Fashion di Masa Pandemi Dalam “Everything Indonesiaâ€. Diakses dari: https://kumparan.com/kumparanbisnis/mengintip-strategi-ukm-fashion-di-masa-pandemi-dalam-everything-indonesia-1tqHhzUa4oh/full

Singarimbun, M. dan Effendi, S. 2008. Metode Penelitian Survei. Pustaka LP3ES Indonesia: Jakarta.

Soemarso. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Salemba Empat: Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Tika, Moh Pabundu. 2005. Metode Penelitian Geografi. Bumi Aksara: Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia. No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-01