PROBLEMATIKA SISWA KELAS VI DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA MASA PANDEMI

Authors

  • Tina Mardiyana Master of Elementary Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Anatri Desstya Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Achmad Fathoni Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i1.9121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan, problematika, dan upaya mengatasi problematika media pembelajaran IPA kelas VI masa pandemi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Sumber data penelitian yaitu siswa, guru, dan orang tua kelas VI serta kepala SDN 4 Pulutan Kulon, Wonogiri. Penelitian ini dilakukan pada semester 2 tahun pembelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Pemanfaatan media pembelajaran IPA kelas VI telah bervariasi dan tepat guna. 2) Problematika pemanfaatan media pembelajaran yang dialami siswa meliputi kendala jaringan internet, keterbatasan kepemilikan gawai, perbedaan lingkungan sekitar, kurangnya minat terhadap video yang tersedia, keterbatasan peralatan praktikum, dan kurangnya pendampingan orang tua. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika melalui kerjasama dengan orang tua, membentuk kelompok kecil siswa, memilih video pembelajaran animasi, dan menggunakan bahan praktikum yang mudah untuk ditemukan.

References

Al Ihwanah. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education at Elementary School. 1(2), 44-51

Andriana, Encep, Ramadayanti, S. dan Noviyanti, T.S. (2020). Pembelajaran IPA di SD pada Masa Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 3(1), 409-413

Handayani, N. A. dan Jumadi. (2021). Analisis Pembelajaran IPA secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 9(2), 217-233

Hermanto, Y.B dan Srimulyani, V.A. (2021) .The Challenges of Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 54(1), 46-57

Hidayat, E. dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Naz, A. A. & Akbar R. Al. (2008). Use of Media for Effective Instruction its Importance: Some Consideration. Jurnal of Elementary Education.18 (1-2), 6-11

Nurliani, R. Sinaga, P. and Rusdiana, D. Problems of online learning and the use of information and communication technology (ICT) in physics learning at Sumedang, West Java. Journal of Physics. 1806(2021), 1-6

Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Kecamatan Kalianget. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020, 62-66

Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018

Puspitarini, Y. D. and Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education. 4(2). 53-60

Rigianti, H.A. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School 7. 7(2), 297-302

Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Salsabila, U.H. dkk. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. 2(2). 1-3

Sama’, Syaiful Bahri, dan Fajar Budiyono (2020). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam

Sari, N. (2020). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daring Masa Pandemic Covid-19 di MIN 3 Medan. Journal of Education and Teaching Learning (JETL). 2(3), 44-57

Saud, Udin Syaefuddin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Selfi Lailiyatul Iftitah dan Mardiyana Faridhatul Anawaty (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Childhood Education. 4(2), 71-81

Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Ta’imul Sholikah dkk. (2020). Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Sains Saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Science Learning. 1(2), 68-75

Taufik. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab MI (Metode Aplikatif dan Inovatif Berbasis ICT). Surabaya: PMN

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003

Viviantini, Rede, A. dan Saehana, S. (2015). Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI STATE ELEMENTARY SCHOOL 6 Kayumalue Ngapa. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. 4(1), 66-71.

Published

2022-02-20

Issue

Section

Artikel