PENGUATAN PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Agustinus Tanggu Daga Primary School Teacher Education Study Program, College of Teacher Training and Education, Weetebula, Sumba, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i1.9120

Abstract

Guru memiliki peran yang penting dalam kebijakan merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebijakan merdeka belajar, landasan filosofis merdeka belajar, dan peran guru dalam implementasi merdeka belajar di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kebijakan merdeka belajar meliputi yaitu ujian sekolah berstandar nasional, ujian nasional diubah menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter, penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, penerimaan peserta didik baru dengan  zonasi diperluas;  (2) landasan filosofi merdeka belajar meliputi progresivisme, konstruktivisme, humanisme, filosofi antropologis, dan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara; (3) peran guru dalam merdeka belajar sangat bervariasi  meliputi pengelola kelas, fasilitator, motivator, demonstrator, mediator, evaluator, untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional. Untuk mengoptimalkan peran guru dalam merdeka belajar maka diperlukan pelatihan membuat perangkat dan praktek pembelajaran berbasis merdeka belajar bagi guru, pengembang kurikulum di sekolah perlu menterjemahkan program merdeka belajar secara konkrit agar mudah dipahami dan dijalankan oleh  guru, pihak sekolah mendorong dukungan dari berbagai stekholder, mendorong penelitian dan  publikasi tentang merdeka belajar di sekolah dasar.

 

References

Adipura WM. 2008. Analisis Isi. In: Pitra Narendra, editor. Metodol Ris Komun. [place unknown]: Yogyakarta: Balai kajian dan Pengembangan Informasi Yogyakarta; p. 25–40.

Ainia DK. 2020. Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. J Filsafat Indones. 3(3):95–101.

Amiruddin, Hasim M, Irfan AM. 2020. PKM Guru Pamong dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu Melalui Lokakarya Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Merdeka Belajar Dalam Situasi Pandemi Covid-19. In: Semin Nas Has Pengabdi Kpd Masy “Peluang dan Tantangan Pengabdi Kpd Masy yang Inov di Era Kebiasaan Baru†Univ Negeri Makasar. p. 1097–1105.

Ansar NR, T R, Wahed A. 2019. Implementasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online di SMK Negeri 6 Makassar. J Din Manaj Pendidik. 4(1):65–72.

Arafat GY. 2018. Membongkar Isi Pesan dan Media Dengan Content Analysis. J Alhadrah. 17(33):32–48.

Daga AT. 2020a. Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar). J Edukasi Sumba. 4(2):103–110. http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/view/179

Daga AT. 2020b. Analisis Tujuan dan Filsafat Kurikulum Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Weetebula Dalam Perspektif Pengembangan Kurikulum Oliva-Gordon. J Edukasi Sumba. 4(2):138–152.

Faiz A. 2020. Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. J Pendidik dan Pembelajaran. 12(2):155–164. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/index

Habsy BA. 2017. Seni Memahami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM J Konseling Andi Matappa. 1(2):90–100.

Hendri N. 2020. Merdeka Belajar: Antara Retorika dan Aplikasi. J E-Tech. 8(1):1–29.

Izza AZ, Falah M, Susilawati S. 2020. Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. In: Konf Ilm Pendidik Univ Pekalongan 2020. p. 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Jayanta INL, Agustika GNS. 2020. Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Kebijakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Merdeka Belajar. In: Semin Nas Ris Inov 2020. p. 403–407. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2152

Johannes. 2018. Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Workshop. J Pena Edukasi. 5(2):95–98.

Juhji. 2016. Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Stud Didakt. 10(1):52–62.

Kemdikbud. 2019. Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2018. Sistem Zonasi Strategi Pemerataan Pendidikan yang Bermutu dan Berkeadilan. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kirom A. 2017. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi. 3(1):69–80. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Kurniawan Y. 2020. Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Lembaga Kursus Kelas Anak-Anak. In: Pros Semin Nas “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswaa†Pascasarj Univ Sarjanawiyata Taman Siswa. p. 103–109.

Kusnandar. 2009. Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusumaryono RS. 2020. Merdeka Belajar (Online). [cited 03 Mei 2021]. Available from: https://gtk.kemdikbud.go.id/read- news/merdeka-belajar

Lestiyani P. 2020. Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Konsep Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. J Kependidikan J Has Penelit dan Kaji Kepustakaan di Bid Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 6(3):365–372.

Martini S. 2017. Landasan Filsafat konstruktivisme Dalam Pembelajaran sains. Mangifera Edu J Biol Pendidik Biol. 1(2):35–45.

Minsih M, Aninda GD. 2018. Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidik Dasar. 5(1):20–27.

Mulyono P. 2020. Tantangan Merdeka Belajar. KOMPAS 21 Pebruari.:6.

Munjid A. 2020. Peran Guru. KOMPAS 11 Desember.:7.

Muslikh. 2020. Landasan Filosofi dan Analisis Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. J Syntax Transform. 1(3):40–46.

Nizarman. 2015. Manajemen Penerimaan Siswa Baru. Jurnla Manajer Pendidik. 9(2):224–234. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1116/925

Novita N, Mellyzar M, Herizal H. 2021. Asesmen Nasional: Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sos dan Pendidikan). 5(1):172–179.

Nursalim M. 2020. Peran Guru BK/Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. In: Semin Lokakarya Nas Bimbing dan Konseling 2020 PD ABKIN jatim UNIPA Surabaya. p. 11–18.

Pakpahan R. 2015. Ujian Sekolah Sebagai Upaya Pemetaan Mutu Sekolah Dasar. J Pendidik dan Kebud. 21(2):167–181.

Pratama YA. 2019. Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. J Pendidik Agama Islam Al-Thariqah. 4(1):38–49.

Probosiwi P, Retnasari L. 2020. Penyusunan RPP Format Terbaru Mewujudkan Merdeka Belajar Bagi Guru Sekolah Dasar di PCM Prambanan. In: Semin Nas Has Pengabdi Kpd Masy [Internet]. p. 409–420. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5187

Rahmawati DNU, Rahmawati R. 2020. Pembelajaran Sains MI/SD Berbasis Merdeka Belajar di Era Pandemi. In: Int Conf Fak Tarb dan Kegur Univ Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Vol. 6. p. 131–137.

Resti Y, Zulkarnain, Astuti, Kresnawati ES. 2020. Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru SDIT Auladi Sebrang Ulu II Palembang. In: Semin Nas AVOER 12. p. 670–673.

Sabaruddin. 2020. Sekolah Dengan Konsep Pendidikan Humanis. Humanika Kaji Ilm Mata Kuliah Umum. 20(2):147–162.

Saleh M. 2020. Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. In: Pros Semin Nas Hardiknas. Vol. 1. p. 51–56. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8

Sasikirana V, Herlambang YT. 2020. Urgensi Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Society 5.0. E-Tech J Ilm Teknol Pendidik. 8(2):1–8.

Satria R, Hanum NA, Shahbana EB, Supriyanto A, Ulfatin N. 2020. Landasan Antropologi Pendidikan dan Implementasinya Dalam Pembangunan Indonesia. Indones J Soc Sci Educ. 2(1):49–65.

Sijabat L. 2014. Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Instrumen Tes Melalui Model Pelatihan SSOTT di SMA dan SMK Kabupaten Dairi. J Pendidik dan Kepengawasan. 1(1):107–118.

Siregar N, Sahirah R, Harahap AA. 2020. Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah J Islam Educ. 1(1):141–157.

Sularto S. 2020. Kebijakan Merdeka Belajar. KOMPAS 16 Pebruari.:14–15.

Susilawati N. 2021. Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. J Sikola J Kaji Pendidik dan Pembelajaran. 2(3):203–219.

Syarifah M. 2021. Tujuan Dan Manfaat Asesmen Nasional. [cited 04 Mei 2021]. Available from: https://www.msyarifah.my.id/tujuan-dan-manfaat-asesmen-nasional/

Tokan PRI. 2016. Sumber Kecerdasan Manusia (Human Quotient Resource). [place unknown]: Jakarta: Grasindo.

Totoh A. 2021. PPDP dan Sekolah Swasta. Pikiran Rakyat.:11.

Wahdani F rizka R, Burhanuddin H. 2020. Pendidikan Keluarga Di Era Merdeka Belajar. Al-Aufa J Pendidik Dan Kaji Keislam. 2(1):1–10.

Wangid MN. 2009. Sistem Among Pada Masa Kini: kajian Konsep dan Praktek Pendidikan. J Kependidikan. 39(2):129–140.

Wardhana IP, Agung SL, Pratiwi VU. 2020. Konsep Pendidikan Taman Siswa sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar di Indonesia. In: Pros Semin Nas “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa†Pascasarj Pendidik Univ Sarjanawiyata Tamansiswa. p. 232–242.

Widiyono A, Irfana S, Firdausia K. 2021. Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metod Didakt J Pendidik Ke-SD-an. 16(2):102–107.

Wijaya A, Mustofa MS, Husain F. 2020. Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. J Puruhita. 2(1):46–50.

Yamin M, Syahrir S. 2020. Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). J Ilm Mandala Educ. 6(1):126–136.

Yusuf M, Arfiansyah W. 2021. Konsep “Merdeka Belajar†Dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. J Stud Kependidikan dan Keislam. 7(2):120–133.

Zein M. 2016. Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. J UIN- Alauddin. 5(2):274–285. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480

Zendrato J. 2016. Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas: Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Sch J Pendidik dan Kebud. 6(2):58–73.

Published

2022-02-20

Issue

Section

Artikel