IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI

Authors

  • Ina Agustin UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • Novialita Angga Wiratama

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi, kendala yang dialami serta upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan satu orang siswa tunarungu kelas VI di SDN Dawung 2 Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi gerakan literasi sekolah dilakukan dengan mengutamakan lingkungan sosial yang afektif dan menciptakan kondisi lingkungan fisik yang nyaman dan ramah literasi. Implementasi diawali dengan tahap persiapan kemudian tahap pengembangan dan diakhiri dengan tahap pembelajaran. Kendala dalam implementasi kegiatan literasi sekolah berkaitan dengan terbatasnya jumlah buku non pembelajaran, kurangnya pengetahuan guru tentang gerakan literasi, sarana pojok baca yang masih kurang nyaman dan rendahnya motivasi siswa tunarungu dalam kegiatan literasi. Kendala tersebut diselesaikan dengan pengadaan buku bacaan tambahan, mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan workshop tentang literasi sekolah, menghias pojok baca supaya lebih menarik dan nyaman serta bekerjasama dengan pihak orang tua untuk memotivasi dan membiasakan melakukan literasi baik di sekolah maupun di rumah

References

Ahmadi, Ruslan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Faizah, Utama Dewi, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Hamid, Muhammad. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hartini & Rudyanto, H.E. 2018. Tari Orek-Orek Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Ngawi. Jurnal Edukasi, 4(2), 14-28.

Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Mayani, Luh Anik (ed.). 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Irwanto, F., Iswari, M., & Efrina, E. 2018. Efektivitas Metode Maternal Reflektif dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. 2, 25–28.

Ranti Wulandari. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim Internasioanl. Jurnal Kebijakan Pendidikan, Vol.VI.

Rudyanto, H.E., & Retnoningtyas, W. A. 2018. Integrasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi llmiah Dasar, Universitas PGRI Madiun,Vol. 1, hal. 34-43.

Rulam Ahmadi. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta.Ar-Ruzz Media

Wibowo, W. (2019). Pengelolaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Mendukung Karya Tulis Siswa Sekolah Dasar. 2(2), 279–288.

Yuliyati, & Purbaningrum, E. 2017. Scaffolding Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Menuli Proses bagi Anak Tunarungu. Yogyakarta. Deepublish

Published

2021-08-10

Issue

Section

Artikel