Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN Suci 01 Jember (Tahun Pelajaran 2016-2017)

Authors

  • Putra Johan Bahagia Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v1i1.887

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar diantaranya adalah mempunyai minat untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta  kejadian di lingkungan sekitar. Berdasarkan observasi awal pada siswa kelas IV SDN Suci 01 Jember, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam belum sesuai dengan tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sehingga terdapat permasalahan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang berdampak pada motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN Suci 01 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SDN Suci 01 Jember. Rancangan penelitian adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Suci 01 Jember Tahun Pelajaran 2016-2017. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan rumus persentase. Peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siklus I nilai rata-rata sebesar 72,69 dalam kategori baik, pada siklus 2 nilai rata-rata sebesar 81,56 dalam kategori baik. Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siklus I sebesar 61,7% dalam kategori tidak tuntas, dan pada siklus 2 sebesar 88,2% dalam kategori tuntas.

 

Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

References

Arrends, Richard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company.

Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar 1994 GBPP SD Kelas IV. Jakarta: Depdikbud.

Dimyati dan Mujiyono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineke Cipta

Depdiknas. 2003. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Sistem Nasional. Jakarta.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Faizah, Umi. 2010. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV SD Negeri II Ampel Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi (Tidak Diterbitkan) Surakarta : UNS

Hadiat. 1995. Metodologi Ilmu Pengetahuan Alam : Jakarta : Depdikbud.

Handoko. 2008. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. http://www.lrckesehatan.net/cdroms_htm/pbl/pbl.htm, diakses 30 Mei 2010.

Ibrahim M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya : University Press.

Joni, T. Raka. 1993. Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Lapono N, dkk. 2008. Belajar & Pembelajaran SD. Jakarta : Dikti.

Nurhadi,Gerard Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK Malang: Universitas Negeri Malang.

Poerwadinata, W.J.S. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Bina Aksara.

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD (Modul PGSD PJJ-ICT). Jakarta : Dirjen Dikti.

Samatowa U., 2010. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Indeks

Sangaji S, dkk. 2003. Perkembangan dan Belajar Peserta didik. Surakarta :UNS Press.

Santyasa, I W. 2004. Pengaruh model dan seting pembelajaran terhadap remidiasi miskonsepsi, pemahaman konsep, dan hasil belajar fisika siswa SMU. Disertasi (Tidak Diterbitkan). Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang

Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukarno dkk. 1983. Dasar-dasar Pendidikan Science. Jakarta : Bharata.

Sunardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas (Diktat Kuliah). Universitas Jember.

Sutrisno L, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD(Modul PGSD PJJ-ICT). Jakarta : Dikti.

Tim Penyusun Ensiklopedi. 1981. Ensiklopedi Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Tim Dosen SBM UNS. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : UNS Press.

Triyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

U no, B Hamzah. 2006. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Wardani, I.2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Universitas Terbuka

Winkel, W. S. 1995. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Zulkifli. 2003. Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Published

2017-10-31

Issue

Section

Artikel