HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8856Abstract
Dalam menulis narasi dibutuhkan kemampuan berpikir krits untuk menyiapkan konsep yang akan dituliskan. Selain unsur kognitif, regulasi diri siswa juga mempengaruhi proses menulis narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara (1) regulasi diri dengan keterampilan menulis narasi, (2) kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis narasi, (3) regulasi diri dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis narasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Wilayah Binaan V Jatinegara, Jakarta Timur tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional (keterhubungan).References
Dari Buku
Fisher, Alec. 2011. Critical Thinking an Introduction 2nd Ed. UK Cambidge: Cambidge University Press.
Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Permendikbud Nomor 057 Tahun 2014. Kemendikbud.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Permendikbud Nomor 021 Tahun 2016. Kemendikbud
Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terjemahan Suci Romadhona & Apri Widiastuti. Jakarta: Indeks.
Robert, Pianta C. 2012. Handbook of Early Childhood Education. New York: The Guidford Press.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Dari Jurnal
Aktas, N., & Akyol, H. (2020). Effect of Digital Writing Workshop Activities on Writing Motivation and Development of Story Writing Skills. International Journal of Progressive Education, 16(3), 270–287.
Alpriyani, I Dw. A Novi., Ganing Ni Nym, & Kristiantari, Rini M.G. (2019). Kontribusi Keamapuan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas V. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 73 – 82.
Broda, M., Ekholm, E., & Zumbrunn, S. (2020). Assessing the predictive nature of teacher and student writing self-regulation discrepancy. Frontline Learning Research, 8(4), 52–73.
Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2017). Pengaruh Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 105-116.
Mcnamara, D. S., & Allen, L. K. (2019). Writing. Office of Naval Research (ONR): Institute of Education Sciences (ED).
Kula, S. S., & Askin Tekkol, I. (2019). Investigation of narrative texts used by fourth grade primary school students. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(81), 165–188.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.