HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD

Authors

  • Fina Fitriana Universitas Terbuka
  • Gusti Yarmi
  • Lidwina Sri Ardiasih

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8856

Abstract

Dalam menulis narasi dibutuhkan kemampuan berpikir krits untuk  menyiapkan konsep yang akan dituliskan. Selain unsur kognitif, regulasi diri siswa juga mempengaruhi proses menulis narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara (1) regulasi diri dengan keterampilan menulis narasi, (2) kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis narasi, (3) regulasi diri dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis narasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Wilayah Binaan V Jatinegara, Jakarta Timur tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional (keterhubungan).

Author Biography

Fina Fitriana, Universitas Terbuka

Guru Sekolah Dasar di SDN Cipinang Besar Selatan 19 Pagi

References

Dari Buku

Fisher, Alec. 2011. Critical Thinking an Introduction 2nd Ed. UK Cambidge: Cambidge University Press.

Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Permendikbud Nomor 057 Tahun 2014. Kemendikbud.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Permendikbud Nomor 021 Tahun 2016. Kemendikbud

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terjemahan Suci Romadhona & Apri Widiastuti. Jakarta: Indeks.

Robert, Pianta C. 2012. Handbook of Early Childhood Education. New York: The Guidford Press.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dari Jurnal

Aktas, N., & Akyol, H. (2020). Effect of Digital Writing Workshop Activities on Writing Motivation and Development of Story Writing Skills. International Journal of Progressive Education, 16(3), 270–287.

Alpriyani, I Dw. A Novi., Ganing Ni Nym, & Kristiantari, Rini M.G. (2019). Kontribusi Keamapuan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas V. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 73 – 82.

Broda, M., Ekholm, E., & Zumbrunn, S. (2020). Assessing the predictive nature of teacher and student writing self-regulation discrepancy. Frontline Learning Research, 8(4), 52–73.

Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2017). Pengaruh Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 105-116.

Mcnamara, D. S., & Allen, L. K. (2019). Writing. Office of Naval Research (ONR): Institute of Education Sciences (ED).

Kula, S. S., & Askin Tekkol, I. (2019). Investigation of narrative texts used by fourth grade primary school students. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(81), 165–188.

Published

2021-08-10

Issue

Section

Artikel