KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS IV SD/ MI

Authors

  • Shobiroh Ulfa Kurniyawati UIN SUNAN KALIJAGA
  • Uswatun Chasanah UIN Sunan Kalijaga
  • Alifa Humairah BR Ginting UIN Sunan Kalijag
  • Siti Ghaida Sri Afira Tuhyadi UIN Sunan Kalijaga
  • Istiningsih Istiningsih Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i1.8842

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya kenakalan remaja dan rendahnya karakter peserta didik seperti kasus bullying, membolos, melakukan tindakan kriminal, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kontribusi model pembelajaran Paradigma Pedagigi Rfelktif dalam membangun karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan desain penelitian kepustakaan (library research), sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencari berbagai dokumentasi dari beberapa jurnal yang relevan, kemudian dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan karakter siswa, dengan kata lain model pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif dapat menumbuhkan karakter peserta didik terutama pada siswa kelas IV SD/ MI pada mata pelajaran tematik integratif. Hal ini dapat dilihat dari analisis 20 artikel yang relevan dengan penelitian ini, sehingga dapat dipakai dan dianalisis dalam menentukan kesimpulan

Author Biography

Shobiroh Ulfa Kurniyawati, UIN SUNAN KALIJAGA

Mahasiswa Pasca Sarjana

References

A, A. N., & Aeni. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1.

Abdul Malik Fajar. (1998). Madrasah dan Tantangan Modernitas. Al-Mizan.

Aditya. (2015). UUD 45 Dan Amandemen Lengkap. Aditya Pustaka.

Albertazzi, D., & McDonnell, D. (2007). Introduction: The sceptre and the spectre. In Twenty-First Century Populism: The Spectre of Western European Democracy. https://doi.org/10.1057/9780230592100

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. CV Eka Jaya.

Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. KABILAH: Journal of Social Community, 1.

Fathoni, B. (2005). Paradigma Pedagogi Refleksi.

Hartana, A., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Paradigma Pedagogi Ignatian (Reflektif) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 765–779. https://doi.org/10.17977/JP.V1I4.6555

Hidayatullah, R., Muhardini, Si., & Hafifaturrahmah. (2017). Pembelajaran Inovatif untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Meta-Sintesis)Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif.†http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Semnas/article/view/284

Kamal, R. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di SD/MI.

Kanisius, T. P. S. (2018). Paradigma pedagogi reflektif. Alfabeta.

Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. (2012). Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307

Pranyoto, Y. H. (2010). Paradigma Pedagogi Refleksi.

Pranyoto, Y. H. (2014). Paradigma Pedagogi Refleksi (PPR): Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. In Jurnal Masalah Pastoral (Vol. 3, Issue 1). https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/19

Purwantyo, A., & Tomoliyus, T. (2018). Pengembangan model pembelajaran integratif penjasorkes sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(2). https://doi.org/10.21831/jpji.v14i2.21608

RI, K. S. N. (2017). Peraturan Presiden No 87 Pasal 2 Tahun 2017, Penguatan Pendidikan Karakter,. Kementerian Sekretariat Negara RI.

Subagya. (2012). Paradigma pedagogi reflektif memahami peserta didik menjadi cerdas dan berkarakter. Kanisius.

Suhardiana, I. P. A. (2016). Paradigma Pedagogi Reflektif Pendidikan Karakter Humanis sebagai Fondasi Menuju Kematangan Peradaban Bangsa.Prosiding Nasional. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/PN/article/view/210

Sutyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal Imam Suyitno FBS Universitas Negeri Malang email: yitnolis@yahoo.com Abstrak: Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1).

Wibowo, & Kuniati. (n.d.). Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. 2020.

Zainal Arifin. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Published

2022-02-20

Issue

Section

Artikel