CONFIDENCE WORKSHEET BERBASIS ETHNO-EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SLOW LEARNER

Sekar Dwi Ardianti, Savitri Wanabuliandari

Sari

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan kepercayaan diri siswa slow learner dalam pembelajaran menggunakan confidence worksheet berbasis ethno-edutainment. Metode penelitian ini adalah metode pre experimental. Dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di SD 4 Dersalam. Populasi penelitian ini adalah siswa slow learner di SD 4 Dersalam. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes. Dengan instrumen angket kepercayaan diri siswa slow learner. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalized gain. Berdasarkan analisis dengan menggunakan normalized gain <g>, terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa slow learner dengan tingkat peningkatan rendah sebesar 14,29 %,  sedang sebesar 57,14 %, dan tinggi  sebesar 28,57 %. Secara klasikal diperoleh  nilai normalized gain <g> sebesar  33% atau 0,33 yang berarti tafsiran peningkatan kepercayaan diri siswa slow learner termasuk kategori sedang.

Teks Lengkap:

PDF

DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v6i1.7743

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.