IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR KOTA BATU

Authors

  • Yastofi Royana Putri Universitas Muhammadiyah Malang
  • Beti Istanti Suwandayani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Abdurrohman Muzakki Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i2.7691

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran daring dan kendala yang muncul dalam pelaksanaan di SD Kota Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi yang dikembangkan berdasarkan indikaor kebutuhan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terkait proses pembelajaran daring. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk pelaksanaan validitas data atau keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring menggunakan berbagai platform, antara lain: whatsapp, youtube dan google form. Implementasi proses pembelajaran daring di kelas V SDN Beji 01 Kota Batu dan SDN Pendem 01 Kota Batu dimana hasilnya guru mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran yang komunikatif dengan siswa. Namun, guru mampu mengendalikan proses pembelajaran daring berlangsung dengan menjaga dan melakukan komunikasi intens kepada orang tua/wali murid. Proses pembelajaran daring yang sudah dilakukan terlihat adanya berbagai faktor pendukung dan faktor penghambat selama pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru kelas VKendala yang dihadapi antara lain kurangnya alat komunikasi untuk berjalannya proses pembelajaran daring. Kurangnya prasarana yang memadai memberi dampak kepada siswa terhadap komunikasi dengan guru.

References

Abdullah, Eddy. n.d. “PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU BAHASA DALAM MENYUSUN RPP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPERVISI AKADEMIK DI SMP.†Jurnal Pembelajaran Prospektif 4 (2).

AM, Ichsan Anshory, Setiya Yunus Saputra, and Delora Jantung Amelia. 2018. “Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak.†JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 4 (1): 35–46.

Anugrahana, Andri. 2020. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.†Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10 (3): 282–289.

Anwar, Rusliansyah. 2014. “Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013.†Humaniora 5 (1): 97–106.

Ariadhy, Shulby Yozar, Sabar Nurohman, Darol Arkum, Widya Handini, and Ferdiana Ferdiana. n.d. “PELATIHAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI COVID-19.†JURNAL ANOA 1 (3): 220–226.

Chrisyarani, Denna Delawanti, and Ratih Kartika Werdiningtiyas. 2018. “Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran K13 Di SDN Sudimoro 2 Kecamatan Bululawang Kabupaten MALANG.†WIDYA LAKSANA 7 (1): 55–61.

Ekantini, Anita. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring Dan Daring Pada Mata Pelajaran IPA SMP.†Jurnal Pendidikan Madrasah 5 (2): 187–194.

Fitriyani, Yani, Irfan Fauzi, and Mia Zultrianti Sari. 2020. “Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19.†Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6 (2): 165–175.

Ghassani, Berliani Ghea, and Collinthia Erwindi. 2020. “Persepsi Visual Dalam Rancangan Pusat Belanja Daring Dan Luring.†Jurnal Sains Dan Seni ITS 8 (2): G40–G44.

Hamdani, Acep Roni, and Asep Priatna. 2020. “Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang.†Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6 (1): 1–9.

Handayani, Shinta Dwi, and Ari Irawan. 2020. “Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemic Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik.†Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika 6 (2): 179–189.

Harahap, Saripah Anum, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. 2021. “Problematika Pembelajaran Daring Dan Luring Anak Usia Dini Bagi Guru Dan Orang Tua Di Masa Pandemi Covid 19.†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 1825–1836.

Hartini, Sri. 2017. “Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Era Modern Sinergi Orang Tua Dan Guru Di MTs Negeri Kabupaten Klaten.†AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 2 (1).

Hasanah, Aan, Ambar Sri Lestari, Alvin Yanuar Rahman, and Yudi Irfan Daniel. 2020. “Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19.â€

Janah, Mely Cholifatul, Antonius Tri Widodo, and Kasmui Kasmui. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains.†Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 12 (1).

Junaedah, Junaedah, and Nafiah Nafiah. 2020. “Penerapan Media Pembelajaran Modern Menggunakan Aplikasi Sway Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Sdn 1 Semanggi.†In NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1:542–555.

Khan, Suliman, Huseyin Tombuloglu, Sameh E. Hassanein, Suriya Rehman, Ayhan Bozkurt, Emre Cevik, Shaimaa Abdel-Ghany, Ghulam Nabi, Ashaq Ali, and Hussein Sabit. 2020. “Coronavirus Diseases 2019: Current Biological Situation and Potential Therapeutic Perspective.†European Journal of Pharmacology 886: 173447.

Kurniati, Ika, and Harto Nuroso. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Tema 4 Sub Tema 2 Melalui Pembelajaran Zoom Dengan Menggunakan Media Power Point Sekolah Dasar Negeri 01 Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021.†JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik) 6 (1).

Kurniawati, Desi, Mohammad Masykuri, and Sulistyo Saputro. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas x Mia 4 Sma n 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015.†Jurnal Pendidikan Kimia 5 (1): 88–95.

Li, Qing. 2020. “Psychosocial and Coping Responses toward 2019 Coronavirus Diseases (COVID-19): A Cross-Sectional Study within the Chinese General Population.†QJM: An International Journal of Medicine 113 (10): 731–738.

Magdalena, Ina, Andriyanto Andriyanto, and Rezi Reki Refaldi. 2020. “Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whatsapp Sebagai Solusi Di Tengah Penyebaran Covid-19 Di SDN Gembong 1.†AS-SABIQUN 2 (2): 1–16.

Malyana, Andasia. 2020. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung.†Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 2 (1): 67–76.

Napitupulu, Rodame Monitorir. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh.†Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 7 (1): 23–33.

Novel, Coronavirus Pneumonia Emergency Response Epidemiology. 2020. “The Epidemiological Characteristics of an Outbreak of 2019 Novel Coronavirus Diseases (COVID-19) in China.†Zhonghua Liu Xing Bing Xue Za Zhi= Zhonghua Liuxingbingxue Zazhi 41 (2): 145.

Nurhabibah, Prabawati, Hanikah Hanikah, and Hema Widiawati. n.d. “Aplikasi Pilihan Pendukung Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.†DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (2): 257–264.

Octaviani, Rika, and Elma Sutriani. 2019. “ANALISIS DATA DAN PENGECEKAN KEABSAHAN DATA.â€

Pakpahan, Roida, and Yuni Fitriani. 2020. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.†Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 4 (2): 30–36.

Pratiwi, Tasya Nor Intan. n.d. “KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN WHATSAPP DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19.â€

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. 2020. “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 4 (4): 861–870.

RI, Badan Keahlian DPR, Gd Nusantara I. Lt, and Jl Jend Gatot Subroto. 2020. “Kesiapsiagaan Indonesia Menghadapi Potensi Penyebaran Corona Virus Disease.â€

RI, BKDPR, Gd Nusantara I. Lt, and Jl Jend Gatot Subroto. 2020. “Implikasi Hukum Pembatasan Sosial Berskala Besar Terkait Pencegahan Covid-19.â€

Saleh, Meylan. 2020. “Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19.†In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1:51–56.

Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, and Mila Karmila. 2020. “Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19.â€

Sartika, Rahmi, and Dessi Susanti. 2019. “ANALISIS KESESUAIAN RPP DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DASAR YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI SMKN MANAJEMEN BISNIS KOTA PADANG.†Jurnal Ecogen 2 (3): 259–269.

Sugihamretha, I. Dewa Gde. 2020. “Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata.†Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning 4 (2): 191–206.

Sulistiono, Muhammad. 2019. “Implementasi Hybrid Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Pada Matakuliah Metode Penelitian Kualitatif.†ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 1 (1): 57–67.

Tang, Keyun, Yuanzhuo Wang, Hanlin Zhang, Qingyue Zheng, Rouyu Fang, and Qiuning Sun. 2020. “Cutaneous Manifestations of the Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): A Brief Review.†Dermatologic Therapy 33 (4): e13528.

Wahyono, Poncojari, H. Husamah, and Anton Setia Budi. 2020. “Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring.†Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1 (1): 51–65.

Published

2021-08-11

Issue

Section

Artikel