Pengaruh Media Pembelajaran dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN Jaka Mulya Bekasi Selatan

Authors

  • Hugo Aries Suprapto
  • Muhammad Rusdi
  • Paryono Paryono

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v1i1.753

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN Jaka Mulya Bekasi. Sampel berukuran 30 siswa. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berasal  dari SDN Jaka Mulya Bekasi untuk kelas Kontrol dan kelas Eksperimen dan 2 kelas SDN Jaka Mulya Bekasi  untuk kelas Kontrol dan kelas Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Oktober sampai dengan 30 Desember 2016. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig.=0,014<0,005 dan Fhitung=6,549. 2). Ada pengaruh yang signifikan kreativitas belajar terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi, dibuktikan dengan nilai Sig.=0,001<0,05 dan Fhitung=13,477. 3). Ada pengaruh yang  signifikan media pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi, ini terbukti melalui nilai Sig.= 0,001< 0,05 dan Fhitung = 9,640.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar IPS

Abstract

This research was conducted in SDN Jaka Mulya Bekasi. A sample size of 30 students. As a sample of this research is a class VIII student from your school SMP PGRI 12 for grade control and experiment class and 2nd grade SDN Jaka Mulya Bekasi for classes and class Control Experiment. This study was conducted on October 1 until December 30, 2016. The results showed: 1). There was a significant effect on learning outcomes learning media economics class. This is evidenced by the Sig. = 0.014 <0.005 and F test = 6.549. 2). There was a significant influence on the results of learning creativity studying economics class, evidenced by the Sig. = 0.001 <0.05 and Fhitung = 13.477. 3). There was a significant effect of instructional media and creativity of student learning to the learning outcomes of economic subjects, is evident through the Sig. = 0.001 <0.05 and Fhitung = 9.640.Keywords: Instructional Media, Creativity Learning, Learning Outcomes IPS

 

 


 

 

References

Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Konstektual (Inovatif).Bandung: Yrama Widya.

Conny R.Semiawan. kebudayaan. 2006. Peraturan Pemerintah tahun 2006 tentang Standar nasional pendidikan, Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Aqib. Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Cipta.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ngalim, Purwanto. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar, Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman I.A. 2012. Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Winaputra, Udin. S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2017-10-25

Issue

Section

Artikel