IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF PROGRAM PINTAR TANOTO FOUNDATION DI SEKOLAH MITRA LPTK

Authors

  • Maryono Maryono PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi
  • Hendra Budiono Prodi PGSD Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i2.7471

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Impelementasi Pembelajaran Aktif Program Pintar Tanoto Foundation di Sekolah Mitra LPTK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas yang telah mengikuti pelatihan pembelajaran aktif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementsi pembelajaran katif program pintar tanoto foundation disekolah mitra terlaksana dengan adanya penggunaan skenario pembelajaran/RPP dengan pendekatan MIKiR, penggunaan media dan lingkungan sebagai sumber belajar, penggunaan lembar kerja siswa, pemajangan karya siswa, pengaturan meja-kursi siswa, peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajara aktif, evaluasi pembelajaran aktif. Faktor penghambat impelementasi pembelajaran aktif program pintar tanoto bagi mitra LPTK pertama sulit merumuskan bentuk-bentuk kegiatan yang mencerminkan MIKiR sesuai konteks KD, sulit merumuskan pertanyaan produktif, imajinatif, dan terbuka, sulit dalam memajang karya siswa dikelas paralel.

References

Arifin, Z. 2018. Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asiah, N. 2017. Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, (4) 1:20-33

Bahri. S., Mara. M.N., Yamin. M., Suid. A.B., Dhin. C.N. 2011. Action Research on the Implementation of Active Learning at an Elementary School in Aceh. Jurnal Excellence in Higher Education. Vol 2: 70-78

Fitrah, M., dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak Publisher.

Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – A Match) Untuk Me-ningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. Vol 3 (2): 200.

Karo-karo.I.R dan Rohani. 2018. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal AXIOM: Vol. VII (1).

Lestariningsih. 2014. Rekonstruksi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol.2 (1):

Lie. A. 2007. Cooperative Learning (Memperaktikan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: PT Grasindo

Muliawan. J.U. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Perantah. P.S. 2019. Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode "MIKIR" Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education. Vol 2 (1); 125-135

Pratowo, A. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yoyyakarta: Ar-ruzz Media

Rahmawati, U., Chamdani, M., & Budi, S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal FKIP UNS. Vol 1 (3):10-21

Reigeluth, C. M. 1983. Instructional Design Theories and Models: an Overview of their Current Status, Instructional Design: What is it? New Jersey: Publishers Hildshale.

Ruhlam, A. 2016. Metodologi Penilitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya. W. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sulianto. J., Sunardi., Anitah, S. Gunarhadi. 2019. Analisis Implementasi Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Pengembangan Model Advance Organizer berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Penalaran Siswa. International Journal of Elementary Education. Vol 3 (5): 396-403.

Susanti. N.W dan Mulyani. 2013. Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dengan Tema Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JPGSD. Vol 1 (2): 1-11

Wardani. N.S. 2015. Implementasi Pakem Melalui Model Pembelajaran Aktif Dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPS SD Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup. Proseding Seminar Nasional Pendidikan. Surakarta

Published

2021-08-10

Issue

Section

Artikel