Pengembangan Media Pembelajaran Kakek (Kartu Kelas Kata) untuk Meningkatkan Pemahaman Kelas Kata Bahasa Indonesia

Authors

  • Taufiq Khoirurrohman Universitas Peradaban
  • Cintya Nurika Irma Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i1.7379

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan media kartu kelas kata (KAKEK) untuk memudahkan mahasiswa dalam mengajarkan pada peserta didik di Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Subyek dalam penelitian ini mahasiswa Universitas Peradaban dan Siswa SDN 1 Gumelar. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket/kuisoner, observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran kartu kelas kata (KAKEK) layak diterapkan dalam pembelajaran untuk mempermudah mahasiswa dalam menjelaskan kelas kata Bahasa Indonesia. Rerata skor kelayakan media Kartu Kelas Kata (KAKEK) dari ahli materi sebesar 4,56 yang terletak pada rentang X > 4,20 dengan kategori “Sangat Layakâ€. Adapun rerata skor kelayakan media kartu kelas kata (KAKEK) dari ahli media sebesar 4,24 yang terletak pada rentang X > 4,20 dengan kategori “Sangat Layakâ€.

Kata Kunci: Media, Kartu, Kelas Kata

 

Abstract: The current study aims at developing parts of speech card (KAKEK) media to facilitate the internship students to teach Bahasa Indonesia in Elementary School. This study is a research and development (R&D) design. The subjects of this research were students of Peradaban University and students of SDN 1 Gumelar. The data was collected through questionnaire, observation, test, and interview. The result reveals that parts of speech card (KAKEK) media is feasible to apply for the students to teach parts of speech of Bahasa Indonesia. The mean of the feasibility score of the media from expert of material is 4.56 which is on the range of X>4.20, indicating that it is in “very feasible†category.  In addition, it achieves 4.24 for the mean of the feasibility score from expert of media. This score is on the range of X>4.20, which includes in “very feasibleâ€.

Keywords: Media, Card, Parts of Speech

References

-, H., Musfiroh, T., & Endaswara, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Berbasis Lingkungan Dan Teknologi. Diksi. https://doi.org/10.21831/diksi.v23i1.6621

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hasmi, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 001 Rimba Sekampung Dumai. School Education Journal Pgsd Fip Unimed.https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8096

Indriasih, A., Sumaji, Badjuri, & Santosa. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak usia Dini. Reflikasi Edukatika, 10(2), 154–162.

Ivana, L., Sugiarti, S., Mujianto, G., Prihatini, A., & Pangesti, F. (2019). Kemampuan Siswa dalam Menyusun Gagasan Utama dan Gagasan Penjelas pada Teks Laporan Hasil Observasi dengan Media Kartu Observasi. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya.

Kridalaksana, H. (1994). Kelas kata dalam bahasa indonesia. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pusaka Utama.

Mardati, A., & Wangid, M. N. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas I Sd. Jurnal Prima Edukasia. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532

Mashami, A. R., Andayani, Y., & Sofia, B. F. D. (2014). Pengembangan Media Kartu Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan.

Rahmat, P. S., & Heryani, T. (2014). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Rumidjan, Rumidjan, Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p0 62

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Ilmiah.

Sungkowati, E. R. (2013). Implementasi Permainan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Di PAUD Bina Bahagia. Journal of Chemical Information and Modeling.

Suriani, S., B, S., & Efendi, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yasbiati, Y., Pranata, O. H., & Fauziyah, F. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK PGRI Cibeureum. JURNAL PAUD AGAPEDIA. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7155

Published

2021-02-15

Issue

Section

Artikel