PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAWAI PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS 3 SD/ MI DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Shobiroh Ulfa Kurniyawati UIN SUNAN KALIJAGA
  • Aninditya Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i2.7099

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis gawai. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang merujuk pada langkah-langkah penelitiam model pengembangan R2D2 (Recursive, Reflective, Design and Development). Desain R2D2 memungkinkan dipakai pada saat pandemi Covid-19 karena desain ini tidak memerlukan uji ahli pembelajaran, akan tetapi bisa dilakukan dengan wawancara dan konsultasi kepada pakar ahli media dan ahli materi bidang studi keahliann tersebut. Model pengembangan R2D2 memiliki 3 tahap penting yaitu : (1) Fokus definisi (define focus), (2) Desain dan pengembangan (design and development), dan (3) Penyebarluasan (disseminate). Hasil akhir dari penelitian ini berupa video pembelajaran interaktif yang terdiri dari 26 halaman, di antaranya yaitu halaman tittle screen, halaman menu utama, halaman kompetensi, halaman materi, halaman video interaktif, halaman evaluasi materi yang terdiri dari 10 soal multiple choice dan halaman daftar pustaka. Video ini dibuat dengan menggunakan software I-Spring8 dan Web2Apk. Dalam video ini berisi materi PPKN yang telah dikembangkan pada kelas 3 tema 1 subtema 2 dan 3 fokus tema saling menghargai yang diharapkan dapat menciptakan pembelajaran daring yang lebih menarik dan menyenangkan.

Author Biographies

Shobiroh Ulfa Kurniyawati, UIN SUNAN KALIJAGA

Mahasiswa Pasca Sarjana

Aninditya Sri Nugraheni, UIN Sunan Kalijaga

Sekretaris prodi UIN Sunan Kalijaga

References

Ahmed, S., & Shehata, Mohamed Hassanien, M. 2020. Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform.

Anshori, I., & Illiyyin, Z. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Di Mts Al-Asyhar Bungah Gresik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3.

Arliza, R., Setiawan, I., & Yani, A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Budaya Nasional Dan Interaksi Global Pendidikan Geografi PENDIDIKAN GEOGRAFI, 5.

Camellia, & Dianti, P. 2016. Bahan Ajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN) Berbasis Nilai-Nilai Karakter Dalam Membentuk Sikap/ Watak Kewarganegaraan Siswa (Civic Dispositions), 3.

Cole, R. S., & Todd, J. B. 2003. Effects of Web-Based Multimedia Homework with Immediate Rich Feedback on Student Learning in General Chemistry. Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.1021/ed080p1338

Fajar, M. Y., Rohaeni, O., Permanasari, Y., A, A. I., & Mulkiya, K. 2017. Meningkatkan Kompetensi Guru SMA Dan Sederajat Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian). https://doi.org/10.29313/ethos.v5i2.2347

Fatma Dewi Wahyu Aji. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar, 2.

Feri Tirtoni, M. P., & Rugaya Meis A., S.Pd, M. P. 2017. †Pengembangan Buku Ajar PKn Talking Pop-Art Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SD Kelas IV Pada Materi Globalisasi. Prodi S1-PGSD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Gunawan, Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. 2017. Virtual laboratory to improve students’ problem-solving skills on electricity concept. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9481

Handayani, D., & Rahayu, D. V. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan I-Spring dan Apk Builder. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126

Hendriansyah, Marzuki, & Suratman, D. 2019. Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivistik Di Sekolah Menengah Atas Pertama Negeri 2 Segedong. Journal of Chemical Information and Modeling.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hermawan, Y. D. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Pendidik di Era Digital. QUALITY, 8.

Ibrahim, M. I., Awi, A., & Dinar, M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Partisipasi Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Issues in Mathematics Education, 1.

Kamlaskar, C. 2007. Multimedia Simulation for Electronics Laboratory Activity in India. Asian Journal of Distance Education.

Mastura, & Santaria, R. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3.

Purnamasari, N. L. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD Kelas 5 Dengan Model R2D2 Di SDN 1 Mojoarum Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6. https://doi.org/10.29100/jipi.v2i2.391

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2.

Rahayu R, A. A., Amalia, A., Handayani, S. N., & Rostikawati, Y. 2018. Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik, 6.

Rimbarizki, R. 2017. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+PLUS UNESA.

Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Saz, J. A., & Alibas, F. 2015. Pengembangan Media Presentasi Interaktif Semi Laboratorium Virtual pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. SAINTIFIK, 1. https://doi.org/10.31605/saintifik.v1i1.68

Syah, R. H. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Published

2021-08-10

Issue

Section

Artikel