EFEKTIVITAS SOAL HOTS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS DITINJAU DARI KESIAPAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Venni Herli Sundi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Linda Astriani Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Bambang Irawan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mira Yulia Sari
  • Kartika Kartika

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i2.7054

Abstract

Pembelajaran pada siswa dapat menumbuhkan kompetensi, kompetensi pada penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran matematika. Melalui soal higher order thinking skills (HOTS) terdapat tantangan pada siswa dalam mengikuti pelajaran matematika, untuk memecahkan permasalahan siswa diharap memiliki pondasi konsep matematika, disposisi matematis yang kuat dan kesiapan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan terciptanya efektivitas soal HOTS dalam penguasaan pemahaman konsep matematis siswa, serta pengembangan minat dan keterkaitan terhadap matematika lebih meningkat dan kesiapan siswa dalam mengerjakan soal HOTS lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai uji hipotesis pemahaman konsep matematik thitung > ttabel = 2,205 >  2.00172 berarti perbedaan signifikan antara hasil pemahaman konsep matematika siswa yang diberi penerapan soal HOTS dan siswa yang tidak diberi penerapan soal HOTS. Hasil uji hipotesis disposisi matematis nilai thitung 3,546 > 2.00172 = ttabel. Hal ini menunjukkan disposisi matematis siswa yang diberi penerapan soal HOTS lebih tinggi dari pada siswa tidak diberi penerapan soal HOTS. Dalam kesiapan belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan. Siswa memiliki persiapan baik ketika mengikuti proses pembelajaran di sekolah.

Author Biographies

Venni Herli Sundi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dosen PGSD FIP UM JAkarta

Linda Astriani, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dosen PGSD FIP UM JAkarta

References

Astriani, Linda. 2017. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. Fibonacci Vol 3 No. 1. 77-84. Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Cai, Jinfa, Victoria Robinson, Johm Moyer, Ning Wang, Bikai Nie. 2012. “Mathematical Dispositions and Student Learning: A Metaphorical Analysisâ€. AERA Online Paper Repository. Marquette University Amerika Serikat.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Haig, Yvonne. 2014. Higher Order Thinking and Assessment International Seminar on Current Issues in Primary Education. Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Makasar.

Krathwohl, D. R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice 41 (4), 212-218.

Kurniawan, Rudy. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Menengah Kejuruan. Disertasi. Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung: UPI.

O,Connel, Susan. 2007. Introduction to Connection. USA: Heinemann.

Rahayu, R Kartono. 2014. The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based on IDEAL Problem Solverâ€. International Journal of Scinece and Research (IJSR). Volume 3 Issue 10. Universitas Negeri Semarang.

Saputra, Hatta. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publising.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, Utari. 2012. Bahan Belajar Mata Kuliah Proses Berpikir Matematika Program S2 Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. STKIP Siliwangi. Bandung: STKIP.

Sumarmo, Utari. 2013. Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA UPI.

Tandiling, Edy. 2010. Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematik, Pemahaman Matematik, dan Self Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Disertasi pada Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung: UPI.

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.

Usiskin, Zalman. 2012. What Does it Mean to Understand Some Mathematics? The Journal of 12th Intenational Congress on Mathmatical Education PP. 821-841. Chicago: University of Chicago.

White, Dorothy Y. Eileen C. Murray Victor Brunaud Vega. 2012. Discovering Multicultural Mathematics Dispositionsâ€. Journal of Urban Mathmatics Education. Vol 5, No 1, 31-34. The University of Georgia.

Widodo, T & Kadarwati S. 2013. High Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan 32(1), 161-171.

Published

2021-08-10

Issue

Section

Artikel