Kemampuan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.30651/else.v5i1.7039Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan argumentasi ilmiah mahasiswa yang lemah dan menarik untuk menjadi topik permasalahan untuk dikaji terutama dalam hal mengevaluasi dan mengkonstruksi pemikirannya dalam menjawab permasalahan dan solusinya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi mahasiswa setelah mengikuti model pembelajaran Project Based Learningpada mata kuliah Keterampilan Berbahasa. Penilaian kemampuan argumentasi ilmiah dilakukan dengan instrumen tes essai yang diberikan kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan argumentasi ilmiah mahasiswa Prodi S-1 PGSD FKIP Universitas Bengkulu pada mata kuliah Keterampilan berbahasa memperoleh skor rata-rata sebesar 65,63% dengan kriteria cukup. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan penelitian selanjutnya untuk mengadakan variasi strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah.Kata Kunci: Argumentasi Ilmiah, Model PjBL, Pembelajaran     Â
Â
Abstract: This research is motivated by the fact that students' weak and attractive scientific argumentation skills become a topic of problems to be studied, especially in terms of evaluating and constructing their thinking in answering problems and solutions. The purpose of this study was to describe students' argumentative skills after following the project-based learning model in the Language Skills course. Assessment of scientific argumentation skills is carried out using essay test instruments given to students. The results showed the ability of scientific argumentation of students of the Elementary School Education program, University of Bengkulu in the language skills course obtained an average score of 65.63% with sufficient criteria. The results of this study can be used as a reference for further research to carry out a variety of learning strategies to improve the ability of scientific argumentation.
Keywords:Â Scientific Argumentation Skill, Project-Based Learning Model, LearningReferences
Dari Prosiding
Agustana, P. 2017. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Kompetensi Di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar : Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017 (P.206-212). Unit Penerbitan (UP) Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Unipas Singaraja. ISBN 978-979-17637-3-8
Wardani, A. D., Yuliati, L., & Taufiq, A. (2016). Kemampuan argumentasi ilmiah dan pemecahan masalah fisika siswa SMA pada materi gaya dan gerak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Malang: Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Adetya-Dewi-13-28.pdf
Dari Jurnal
Ardianto. 2015. Struktur Argumen Dalam Wacana Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. LITERA, the International Journal of Linguistics, Literature, and Their Teaching. Volume 14, Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4402
Faustmann, G.. 2011. Project-Basedcollaborativelearningwitharguments. In Proceedings ofthe3rdInternationalConferenceonComputerSupportedEducation (CeLS-2011), pages359-364. DOI: 10.5220/0003483403590364
Heng, L.L., Surif, J., & Seng, C.H. 2014. Individual Versus Group Argumentation: Student’s Performance in a Malaysian Context. International Education Studies, (Online), 7 (7): 109-124, (files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1070390.pdf)
MartÃn-Gámez, C., & Erduran, S. (2018). Understanding argumentation about socio-scientific issues on energy: a quantitative study with primary pre-service teachers in Spain. Research in Science & Technological Education, 1–21. ttps://doi.org/10.1080/02635143.2018.1427568
Nugraha, D. Octavianah, D. 2020. Diskursus Literasi Abad 21 Di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol. 7 No. 1 Januari 2020. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789
Nursaptini, Syazali, M., Sobri, M., Sutrisna, D., Widodo, A. 2020. Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa Dan Analisis Faktor Yang Mempengaruhinya: Komunikasi Orang Tua Dan Kepercayaan Diri. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol. 7 No. 1 Januari 2020. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.711
Pallant, A.R. & Lee, H.S. 2014. Constructing Scientific Arguments Using Evidence from Dynamic Computational Climate Models. Journal of Science Education and Technology, 24:378–395.
Pangestu, P.S., Edwita, Bachtiar, I.G. 2019. Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Taman Cendekia Vol. 03 no. 02 Desember 2019. DOI: http://dx.doi.org/10.30738/tc.v3i2.5209
Probosari, R.M., Ramli, M., Harlita, Indrowati, M., Sajidan. 2016. Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. BIOEDUKASI 9(1): 29-33, Februari 2016
Rahman, A., Diantoro, M., & Yuliati, L. (2018). Kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada hukum Newton di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 903–911. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I7.11337
Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem-based learning berbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45-53. doi:https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548
Saavedra, A. Clark, D., Sampson, V., Stegmann, K., Marttunen, M., Kollar, I., Janssen, J., … Laurinen, L. (2010). Online learning environments, scientific argumentation, and 21st Century skills. In E-Collaborative Knowledge Construction: Learning from Computer-Supported and Virtual Environments (pp. 1–39). https://doi.org/10.4018/978-1-61520-729-9.ch001
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.