Media Visual untuk Membelajarkan Menggambar Bentuk pada Siswa Tuna Rungu

Authors

  • Tri Linggo Wati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitria Eka Wulandari PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Rugaya Meisa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ikawati Ikawati PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v4i2.4655

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan media visual untuk membelajarkan menggambar bentuk siswa tuna rungu, tempat penelitiannya dilakukan di Sekolah Dasar Luar Biasa di Sidoarjo. Jumlah nara sumber dari penelitian ini adalah 3 orang siswa tuna rungu kelas 1. Melalui media visual yang sudah diterapkan guru tersebut terbukti dapat membantu siswa dalam melakukan kegiatan menggambar bentuk, dan siswa tetap dapat berimajinasi karena di akhir kegiatan guru mengguankan cara evaluasi dengan meminta siswa merangkai gambar-gambar yang sudah di tutorialkan sesuai dengan imajinasi siswa. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori tentang pemanfaatan media sebagai fasilitas belajar, yang dapat membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga hasil menggaambar bentuk siswa tampak perubahannya dari tahapan-ke tahapan berikutnya.

Kata Kunci: Media Visual, Menggambar Bentuk, Tuna Rungu


Abstract: This study is a qualitative phenomenological research, the purpose of this study is to describe the application of visual media to teach drawing the shape of deaf students, where the research was conducted at the Extraordinary Elementary School in Sidoarjo. The number of resource persons from this study was 3 deaf students in grade 1. Through the visual media that has been applied
the teacher is proven to be able to assist students in doing shape drawing activities, and students can still imagine because at the end of the activity the teacher uses an evaluation method by asking students to compile the pictures that have been tutorials are in accordance with the imagination of students. The results of this study are in accordance with the theory of the use of media as a learning facility, which can help students and teachers in the learning process, so that the results of drawing the shape of students appear to change from stage to the next stage.


Keywords: Visual Media, Drawing Shapes, Deaf


Author Biography

Tri Linggo Wati, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

References

Betrus, Anthony Karl. 2007. Resources. The State University of New York at Potsdam

Caladine, Richard. 2008. Enhancing E-Learning with Media-Rich Content and Interaction. IGI Global

Cresswel, John W. 2014. Research Designed Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc

Dalimunthe, dkk. 2019. Hubungan Kemampuan Menggambar Bentuk Dan Menggambar Ornamen Dengan Hasil Belajar Modifikasi Motif Ornamen Batak Angkola Pada Siswa Smp Negeri 28 Medan. . Gorga Jurnal Seni RupaVolume 08 Nomor 01 Januari-Juni 2019 p-ISSN: 2301-5942 | e-ISSN: 2580-2380

Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikology Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain: Yogyakarta.

Mustaji, 2016. Media Pembelajaran. Unesa University Press.

Nurbayani, Srri. Yuliasma. Asriiati, Afifah. 2017. Menumbuhkan Kreativitas Anak Tunarungu Dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari Di SLB Negeri 2 Padang. E- Jurnal Sendratasik Vol.6 No.1. Seri C.

Rosidah, Ani. 2016, Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ips, Jurnal Cakrawala Pendas Nomor 2 Volume 2.

Published

2020-07-09

Issue

Section

Artikel