Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial

Authors

  • Syamsudin Syamsudin STAI Al Fithrah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v4i2.4610

Abstract

Abstrak: Salah satu tujuan pendidikan adalah menyiapkan peserta didik untuk mampu berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat. Siswa menerapkan apa yang dipelajari di sekolah yang memberikan pengalaman belajar terencana ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis Problem Based Learning (PBL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian adalah bahwa pembelajaran menggunakan model PBL diawali dengan pemberian masalah. Hal ini untuk merangsang siswa agar mampu berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah dan menemukan solusi yang tepat. PBL ditandai dengan siswa yang bekerjasama dengan siswa lain dalam kelompok yang mendatangkan motivasi untuk keterlibatan berkelanjutan dalam tugas-tugas kompleks dan memperkaya kesempatan berdiskusi, serta untuk pengembangan keterampilan-keterampilan sosial. Berdasarkan pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial siswa.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Sosial

 

Abstract: One of the aims of education is for preparing students to contribute in social life. School is part of society that provides planned learning experience, students apply what is learned in the school to society and utilize society as a source of learning. The purpose of this research is to describe the analysis of Problem-Based Learning (PBL) in developing critical thinking ability and social skills. This research uses library research with a qualitative descriptive approach. The result of this research shows that PBL model begins with giving a problem. It stimulates students to think critically in solving problems and find the right solution. PBL is characterized by students who collaborate with the other students in groups that increase their motivation for ongoing involvement in complex tasks and enrich discussion opportunities, moreover for the development of social skills. Based on that, it can be concluded that PBL learning model can be used to develop students' critical thinking ability and social skills.

Keywords: Problem-Based Learning, Critical thinking ability, Social skill

Author Biography

Syamsudin Syamsudin, STAI Al Fithrah Surabaya

Syamsudin, Dosen tetap Program Studi PGMI STAI Al Fithrah Surabaya, menjabat sebagai sekretaris Program Studi

References

Amir, M. Taufiq. (2010). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arends, Richard I. (2008). Learning to teach. New York: McGraw Hill Companies.

Beaty, Janice. (1998). Observing development of the young child. Ohio: Merrill an imprint of Prentice Hall

Ennis, R.H. (1985). Critical thinking. United States of America: McG McGuanc.

Filsaime, Dennis K. (2008). Menguak rahasia berpikir kritis dan kreatif. Alih Bahasa, Sunarmi. Jakarta: Erlangga.

Hargie, O. (1998). Skilled interpersonal communication: research, theory and practic. Hove England: Routledge.

Hasan, Hamid. (2008). Pendidikan ilmu sosial. Jakarta: Dirjen dikti.

Ibrahim, Muslimin. (2005). Pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Johnson, S and Siegel, H. (2010). Teaching thinking skills. London: Continuum International Publishing Group.

Merrell, K.W. (2008). Social skill of children and adolescents conceptualization, assessment, treatment. New Jersey London: Lawrence Erlbaum Associaties.

Michaelis, J.U., and Garcia, J. (1996). Social studies for children. Boston: Allyn and Bacon.

Nur, Mohammad. (2011). Model pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative learning. Bandung: Nusa Media.

Tilaar, dkk. (2011). Pedagogik kritis. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2020-08-30

Issue

Section

Artikel