Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Bahasa Arab: Durus Al-Lughah Jilid 1

Authors

  • Ady Fauzan Program Studi Teknik Informatika, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Dihin Muriyatmoko Program Studi Teknik Informatika, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Shoffin Nahwa Utama Program Studi Teknik Informatika, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4379

Abstract

Abstrak: Saat ini penggunaan teknologi telah banyak dikembangkan sebagai media pembelajaran diberbagai lembaga pendidikan. Sebagai Universitas berbasis pesantren yang sehari-hari menggunakan Bahasa Arab, Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) telah memiliki media pembelajaran baik dalam bentuk buku bahasa arab (Durusullughah Al-Arabiyah), dan dalam bentuk aplikasi, diantaranya aplikasi android menggunakan metode terjemahan (bit.ly/tamrinlughah) dan metode langsung (http://bit.ly/duruslughah). Seiring berkembangkan teknologi augmented reality (AR) maka diperlukan sebuah trobosan baru pada media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Bahasa arab dengan memanfaatkan teknologi AR. Konten diambil dari buku Bahasa Arab Durusullughah Al-Arabiyah karya KH. Imam Zarkasyi dan KH. Imam Syubani sebagai trimurti pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor. Media ini berbasis Android dan dibuat menggunakan tools seperti Blender 3D, Corel Draw, dan Unity 3D. Aplikasi ini dapat berjalan pada smartphone berspesifikasi minimal android versi OS 4.0 Jelly Bean, ukuran layar 4 inches, RAM 512 MB, ruang kosong memori minimal 200 MB dan kamera belakang 13 MP. Hasil penelitian dengan teknologi AR ini diharapkan dapat memperkaya media pembelajaran Bahasa arab UNIDA Gontor dan dapat bermanfaat untuk pengembangan media pembelajaran Bahasa arab di lingkungan kampus pesantren maupun masyarakat umum. Untuk pengembangan kedepan bisa memanfaatkan teknologi lain misalnya Virtual Reality dan lain sebagainya.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Bahasa Arab, Android

 

Abstract: Currently, the use of technology has been widely developed as a medium of learning in various educational institutions. As a pesantren-based university that uses arabic language for daily activities, the University of Darussalam Gontor  (UNIDA Gontor) already has a learning medium in the form of Arabic books (Durusullughah Al-Arabiya), and in the form of applications, including Android applications using the translation method (bit.ly/tamrinlughah ) and direct method (bit.ly/duruslughah ). Along with developing augmented reality (AR) technology, a breakthrough in learning media is desired. This research aims to develop Arabic language learning media by utilising AR technology. Content is taken from the Arabic book Durusullughah Al-Arabiyah by KH. Imam Zarkasyi and KH. Imam Syubani as the founding father of Pondok Modern Darussalam Gontor. This media is based on Android and is made using tools such as Blender 3D, Corel Draw, and Unity 3D. This application can run on a minimum android smartphone specification OS 4.0 Jelly Bean, 4 inches screen size, 512 MB RAM, free memory space of at least 200 MB and a 13 MP rear camera. The results of this research with AR technology are expected to be able to enrich UNIDA Gontor's Arabic language learning media and can be useful for the development of Arabic language learning media in the pesantren-based university environment and for pesantren based university specifically and the public generally. For future development, it can utilise other technologies such as Virtual Reality and others.

 

Keywords: Learning Media, Augmented Reality, Arabic, Android

References

Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam. Ta’allum, 03 (September 2014), 39–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.01.39-56.

Black Box Testing: An In-depth Tutorial with Examples and Techniques. (n.d.). Retrieved January 29, 2020, from https://www.softwaretestinghelp.com/black-box-testing/.

Digital in 2018: World’s internet users pass the 4 billion mark - We Are Social. (n.d.). Retrieved January 29, 2020, from https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018.

Ganney, P. S., Pisharody, S., & Claridge, E. (2014). Software Engineering. In Clinical Engineering (pp. 133–170). https://doi.org/10.1016/B978-0-12-396961-3.00009-3.

Muriyatmoko, D., & Abdullah, A. F. (2017). Aplikasi Tamrin Lughoh (Pembelajaran Bahasa Arab) Pondok Modern Darussalam Gontor Berbasis Mobile. Semnasteknomedia Online, 49–54.

Nugroho, A. (2005). Rational Rose Untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Ridlo, U. (2015). Bahasa Arab dalam pusaran arus globalisasi: Antara pesismisme dan optimisme. Ihya Al-’Arabiyah, 1(2), 210–226.

Zarkasyi, I., & Syubani, I. (n.d.). Durusul Lughah Al-’Arabiyyah. Ponorogo: Trimutri Press.

Published

2020-02-27

Issue

Section

Artikel