Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di Sekolah Dasar

Authors

  • Desti Rahayu Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sabar Narimo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Achmad Fathoni Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Laili Etka Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Choiriyah Widiyasari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4071

Abstract

Abstrak: Pembentukan pendidikan karakter berorientasi HOTS di sekolah dasar merupakan gebrakan baru dalam mengembangkan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk karakter siswa dan membentuk siswa berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan pendidikan karakter siswa berorientasi HOTS dapat dilaksanakan sesuai dengan target capaian pembelajaran. Nilai karakter yang dibentuk yaitu nilai displin, religius, tanggungjawab, dan jujur. Pembentukan ini melalui integrasi pendidikan karakter berorientasi HOTS dalam proses pembelajaran di dalam kelas dan diluar kelas. Integrasi di dalam kelas yaitu dengan mengintegrasikan pendidikan berorientasi HOTS dalam RPP dan di laksanakan selama pembelajaran sedangkan intergasi diluar kelas yaitu dengan pembiasan nilai karakter religius dengan sholat dhuha, pembiasaan nilai karakter disiplin  datang tepat waktu ke sekolah, penanaman nilai karakter tanggungjawab dalam kepengurusan kelas, dan nilai karakter jujur dengan menulis kegiatan keseharian siswa dalam buku “mathur jujurâ€.

 

Kata Kunci: Karakter, HOTS, Sekolah Dasar

 

Abstract: The formation of character education-oriented HOTS in elementary school is a new breakthrough in developing the character of students. The purpose of this study is to form the character of students and shaping the students ' high level thinking. This research is a descriptive research using a qualitative approach. Data collection through interview, observation, and documentation. The results showed that the formation of character education student-oriented HOTS can be implemented in accordance with the target learning outcomes. The value of the characters that formed the values of discipline, religious, responsible, and honest. The formation of this through the integration of character education-oriented HOTS in the learning process in the classroom and outside the classroom. Integration in the classroom by integrating the education-oriented HOTS in LESSON plans and implemented during the learning while the intergasi outside the classroom, i.e. with a refraction value of a religious character with sholat dhuha, habituation character value of discipline come to school on time, planting the character value of responsibility in the management of the class, and the value of honest character by writing daily activities of the students in the book “Mathur Jujurâ€

 

Keywords: Character, HOTS, Elementary School

References

Abdul Hamdi K. 2016. “Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyahâ€. Jurnal Elementary. 2: 45-56.

Andiarini, S.A., Imron, A., & Ahmad, N. 2018. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan. 1(2): 238-244.

Budiman, A dan Jailani. 2014. ‘Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran MAtematika SMP Kelas VIII Semester I’. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1 (2) 140-151.

Chomsiatun. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan dan Kejujuran Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang. Integralistik, 2: 105-113.

Ernawati E. 2016. ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Approach untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA’. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3(2) 209-220.

Hemafitria. 2017. “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.†Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 1(1): 44–57.

Kaimuddin. 2014. ‘Implementasi Pendidikan Karakter dalam kurikulum 2013’. Dinamika Ilmu. 14(1) 47.

Khodijah. 2016. “Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)â€. Jurnal Elementary. 2: 57-71.

Kumala Yusfita D. 2015. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematikaâ€. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 2, 124-131.

Malikhah, S. 2014. ‘Pendidikan Karakter Pada Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial’. Jurnal Ilmu Pendidikan. 20(1) 75-85.

Miles, MB, Huberman, M. & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. New York, NY: Sage Publication, Inc.

OECD. 2016. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Pertiwi, I dan Marsigit, M. 2017. ‘Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta’. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(2) 153-165.

Suarto, E. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Di Sekolah Tingkat Tinggi Pertama Di Kota Padang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1): 261-270.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryadi, A. 2012. Outlook 2025 Pembangunan Pendidikan Indonesia: Menuju Kualitas Yang Berdaya Saing Secara Global (The Indonesian Education Outlook 2025: Toward A Sustainable World Class Quality Level). Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sutama. 2017. “Pembelajaran Matematika Bermutu: Menunbuh Kembangkan Peserta Didik Bermartabatâ€. Makalah: Seminar Nasional Pendididkan Matematika: Inovasi Matematika dan Pembelajarannya untuk Indonesia Berkemajuan. Surakarta, 18 Maret 2017.

Tan, S. Y., & Halili, S. H. (2015). Effective teaching of higher-order thinking (HOT) in education. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(2), 41–47.

Widodo T dan Sri Kadarwati. 2013. “Higher Order Thinking Skills Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan (1) 161-171.

Wiliandani, M., Bambang, B., & Yusuf, S. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(1): 132-142.

Wuryandani W, Bunyamin M S, Dasim B. 2014. ‘Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar’. Cakrawala Pendidikan (2) 286-295.

Published

2020-02-29

Issue

Section

Artikel