Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Anggra Lita Sandra Dewi STKIP PGRI Sidoarjo
  • Lailatul Mubarokah STKIP PGRI Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3223

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPS materi keragaman kenampakan alam dan buatan Indonesia pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Jatijejer Trawas-Mojokerto dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VA dan VB tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan  adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal-soal hasil belajar. Butir soal variabel hasil belajar telah diuji cobakan melalui uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s dengan hasil yang valid dan reliabel. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov Smirnov, sedangkan uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan rumus Independent Sample t test dengan hasil kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Data-data yang telah berhasil dikumpulkan kemudian dianalisa dengan analisis Uji t dengan memanfaatkan komputer dengan sistem seri program statistik (SPSS version 17). Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,000 < α 0,05 dan thitung (7,372) < ttabel (1,684) dengan nilai mean sebesar 59.8400 dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah yaitu 48,9800. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPS materi keragaman kenampakan alam dan buatan Indonesia pada siswa kelas V Sekolah Dasar secara signifikan.

Kata Kunci: Media Video, Hasil Belajar,  Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia

Abstract: This study aims to determine the effect of instructional video media on social studies learning outcomes in the diversity of natural and Indonesian-made material appearance in fifth grade students of elementary schools. This research was conducted at SDN Jatijejer Trawas-Mojokerto with the research subjects being VA and VB grade students in the 2018/2019 academic year. This type of research is an experimental study in the form of a pretest-posttest control group design research design. The instrument used to collect data is learning outcomes. Item learning outcomes variables have been tested through the validity test using Product Moment correlation and reliability testing using Cronbach's Alpha with valid and reliable results. Data normality test uses Kolmogorov Smirnov, while homogeneity test and hypothesis testing use the formula of Independent Sample t test with the results of both classes having normal and homogeneous distribution. The data that has been successfully collected is then analyzed by t-test analysis using a computer with a statistical program series system (SPSS version 17). The results of the first hypothesis test showed that student learning outcomes in the experimental class were higher than in the control class. This is indicated by the value of sig. of 0,000 <α 0,05 and tcount (7,372) <ttable (1,684) with a mean value of 59,8400 compared with student learning outcomes using the lecture method which is 48,9800. Thus it can be concluded that the instructional video media influences the learning outcomes of social studies material on the diversity of natural and Indonesian-made appearance in grade V students of elementary schools significantly.

Keywords: Video Media, Learning Outcomes, Diversity of Nature and Made in Indonesia

Author Biography

Anggra Lita Sandra Dewi, STKIP PGRI Sidoarjo

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Arif S, Sadiman. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto,Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhar. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bahri, Djamarah, dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajarn. Jakarta: Penerbit Rineka.

H.C, Cheppy (2005). Strategi Ilmu Pengetahuan Sosial. Surabaya: Karya Anda Syaiful.

Hadfield, J. (1986). Harap'As communication games. Australia: Thomas Nelson and Son Ltd.

Hamalik, Oemar. (2006). Teknologi Dalam Pendidika. Bandung: Yayasan Partisipsi Pembangunan Nasional.

Kattington, L.E. (2010). Handbook of curriculum development. New York: Nova Science Publisher, Inc.

Purwanto, Ngalim. (2008). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung :Remaja Rosda Karya.

Sudjana, Nana. (2005). Penelitian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Suhanadji dan Waspodo. (2003). Pendidikan IPS. Surabaya : Insan Cendekia.

Yun, Chung-il. (2007). Teacher's Primary Role for Education Reform: Equalizing Learning Outcomes. Korea: Seoul National University Korea.

Published

2019-08-31

Issue

Section

Artikel