Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Berbasis Model Learning Cycle 7E untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Akmal Rijal STKIP-PGRI Lubuklinggau
  • Mansyur Romadon Putra STKIP-PGRI Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2508

Abstract

Abstrak: RPP yang digunakan di sekolah masih belum optimal dalam memfasilitasi pernkembangan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan RPP matematika berbasis model learning cycle 7E untuk siswa kelas V sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan adalah model pengembangan Plomp, yang terdiri dari tiga tahap: preliminary research, prototyping phase, and assessment phase. Data diperoleh dari uji validitas, kepraktisan dan efektifitas. Validitas data diperoleh dari lembar validasi RPP. Kepraktisan data diperoleh dari lembar angket respon guru, respon peserta didik dan wawancara. Efektifitas diperoleh dari aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan RPP berbasis model learning cycle 7E memiliki kriteria yang valid dalam hal isi dan konstruksi. RPP sudah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan, dan waktu yang dibutuhkan. RPP juga telah efektif dari segi aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata aktivitas peserta didik meningkat dan ketuntasan belajar, ini berarti perangkat pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa RPP matematika berbasis model learning cycle 7E yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika di kelas V SD dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Kata Kunci: RPP, Matematika, Learning Cycle 7E

Abstract: RPP used in schools is still not optimal in facilitating student development. The purpose of this study is to produce mathematical lesson plans based on the 7E learning cycle model for elementary school students in grade V that are valid, practical, and effective. This type of research is development research. The model used is the development model of Plomp, which consists of three stages: preliminary research, prototyping phase, and assessment phase. Data obtained from the validity, practicality and effectiveness test. The validity of the data is obtained from the RPP validation sheet. The practicality of the data was obtained from teacher response questionnaire sheets, student responses and interviews. Effectiveness is obtained from the activities of students and student learning outcomes. The collected data was analyzed descriptively. The results showed that mathematics learning with RPP based on the 7E learning cycle model had valid criteria in terms of content and construction. The lesson plan is practical both in terms of implementation, convenience, and time needed. RPP has also been effective in terms of activities and learning outcomes of students with an average value of increased student activity and mastery learning, this means that learning devices are effective in improving student learning outcomes. Based on these results it can be concluded that the mathematical lesson plan based on the 7E learning cycle model developed in mathematics learning in grade V elementary school can be declared valid, practical, and effective.

Keywords: RPP, Mathematics, 7E Learning Cycle


References

Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Pengembangan LKS. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ergin, I. 2012. Constructivist Approach Based 7E Model And Usability Instructional Math. Turkish Military Academi. Turky. Journal Math Education 6 (1) 2012 online at http//www.lajpe.org. [diakses tanggal 7 April 2018].

Erviyana, G. 2012. Pengembangan LKS matematika Dengan learning cycle 7E pada untuk Kelas V di SD Negeri 7 Malang. Jurnal matematika Volume 4 No. 2 Juni 2014.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mulyasa, E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Plomp, Tj. (2013). Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational &Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch).Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science andTechnology, University of Twente.

Prastowo A. 2011. Panduan Kreatif Membuat LKS Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto, D. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Perangkat pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.

Riduwan & Sunarto. 2012. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Utari, dkk. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan learning cycle 7E pada Materi Bangun Ruang untuk Kelas V SDN 02 Bekasi. Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Matematika Volume 9 No. 2 Juli 2014.

Van den Akker, J. (2014). Principles and Methods of Development Research. Pada J. van den Akker, R.Branch, K. Gustafson, Nieven, dan T. Plomp (eds), Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 1-14). Dortrech: Kluwer Academic Publishers.

Published

2019-02-12

Issue

Section

Artikel