Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada Siswa Kelas V SDN 1 Tamanrejo Kabupaten Blora
DOI:
https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2413Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah hasil belajar PKn masih berada di bawah KKM 70 karena masih menerapkan model pembelajaran yang konvensional. Peneliti akan melakukan tindakan untuk mengatasi masalah dengan menerapkan model pembelajaran active learning tipe role reversal question yang bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran active learning tipe role reversal question dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa SD kelas V di SDN 1 Tamanrejo Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Pada setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis ketuntasan untuk melihat ketuntasan siswa dan analisis observasi aktifitas siswa dari hasil belajar prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran active learning tipe role reversal question dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa SD. Hal ini terlihat pada pelaksanan tindakan siklus I skor rata-rata hasil belajar PKn mencapai 69,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 50%, mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar PKn prasiklus yang 65,45. Berdasarkan hasil tindakan siklus I menunjukkan peningkatan, namun peningkatan hasil belajar PKn belum memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu  80%.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Active Learning, Tipe Role Reversal Question, Hasil Helajar PKn, Aktivitas Siswa
Abstract: The purpose of this study is that PKn learning outcomes are still below the KKM 70 because they still apply a conventional learning model. The researcher will take action to overcome the problem by applying an active learning learning type role reversal question that aims to determine whether through the active learning learning model the type of role reversal question can improve PKn learning outcomes of fifth grade elementary students in SDN 1 Tamanrejo, Tunjungan District, Blora. The metode of research is Class Action Research which is carried out with three cycles. Each cycle consists of one meeting. Data collection techniques used were using tests, observation sheets and documentation. The data analysis technique used is completeness analysis to see student completeness and observation analysis of student activities from pre-cycle learning outcomes, cycle I, cycle II and cycle III. The results of the study showed that the use of active learning learning types of role reversal questions can improve learning outcomes of PKn elementary students. This can be seen in the implementation of the first cycle of action, the average score of PKn learning outcomes reached 69.5 with learning completeness of 50%, experiencing an increase in the average pre-cycle Civics learning outcomes of 65.45. Based on the results of the action of the first cycle showed an increase, but the increase in PKn learning outcomes did not meet the specified classical completeness of 80%.
Keywords: Learning Model, Active Learning, Type Role Reversal Question, PKN learning Results, Student Activities
  Â
References
Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta (Indonesia): PT. Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta (Indonesia): PT Bumi Aksara.
Indriyani, Marsiyanti. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question Pada Siswa Kelas V SDN Minomartani 6 Sleman Yogyakarta. (Thesis). [Surakarta(Indonesia)]: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Khasanah. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Role Reversal Questions Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Pada Siswa Kelas IV SDN Tunggulsari 01 Surakart Tahun Pelajaran 2013/2014. (Skripsi). [Surakarta (Indonesia)]: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
BNSP. 2007. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta (Indonesia): Depdiknas
Silberman, Mel. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta (Indonesia): Insan Madani
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan.. Bandung(Indonesia): Alfabeta.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta(Indonesia): Prestasi Pustaka.
BNSP. 2007.Undang-undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta(Indonesia): Depdiknas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.