Penerapan Model Pembelajaran Word Square pada Materi Globalisasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Semester II SDN Sidorejo I Kabupaten Tuban TA 2016-2017

Authors

  • Iis Daniati Fatimah UNIROW Tuban

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2388

Abstract

Abstrak: Adapun tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran word square pada materi globalisasi dengan  subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sidorejo I kabupaten Tuban T.A 2016-2017 yang berjumlah 30 siswa. Para siswa tersebut terdiri dari 15 putra dan 15 putri. Dari segi akademik, para siswa mempunyai kemampuan akademik yang heterogen. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurang tuntasnya siswa dalam belajar materi globalisasi yang disebabkan oleh beberapa factor, salah satunya karena guru minim pengetahuan tentang pembelajaran terkini yang inovatif,kreatif dan imajinatif. Setelah melakukan observasi, maka diperlukan adanya perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data prasiklus rata- rata kelas 68.7% dengan siswa yang mendapat nilai ≥ 75 sebanyak 8 siswa dan yang mendapat nilai ≤ 75 sebanyak 22 siswa. Siklus I di peroleh rata- rata kelas 74.3% dengan siswa yang mendapat nilai ≥ 75 sebanyak 14 siswa dan yang mendapat nilai ≤ 75 sebanyak 16 siswa. Karena belum mencapai KKM mata pelajaran PKn maka dilakukan tindakan pada siklus berikutnya yaitu siklus II, diperoleh rata- rata kelas 83.7% dengan siswa yang mendapat nilai ≥ 75 sebanyak 24 siswa dan yang mendapat nilai ≤ 75 sebanyak 6 siswa. Dari hasil yang diperoleh pada siklus II maka tidak diperlukan siklus berikutnya. Adapun peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidorejo I mata pelajaran PKn materi Globalisasi mulai dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II adalah dari nilai 68.7% menjadi 74.3 terjadi peningkatan sebesar 5.6% dan dari 74.3% menjadi 83.7% terjadi peningkatan sebesar 9.4%. Artinya hasil belajar siswa dengan pembelajaran word square pada materi globalisasi mengalami peningkatan yang bisa dilihat pada paparan data prasiklus, siklus I dan siklus II.

Kata Kunci: Word Square, Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar

Abstract: The purpose of this study is to find out the increase in student learning outcomes through word square learning in globalization material with the research subjects are fourth grade students of SDN Sidorejo I Tuban T.A 2016-2017 district which numbered 30 students. The students consisted of 15 sons and 15 daughters. In terms of academics, students have heterogeneous academic abilities. The background of this study is the lack of completeness of students in learning globalization material caused by several factors, one of which is because teachers lack knowledge about the latest learning that is innovative, creative and imaginative. After making observations, it is necessary to improve learning carried out in two cycles. Prasiklus data averaged 68.7% with students who got a score of 8 75 as many as 8 students and who received a score of ≤ 75 as many as 22 students. Cycle I was obtained 74.3% class average with students who got ≥ 75 as many as 14 students and who got ≤ 75 as many as 16 students.
Because it has not yet reached the KKM of Civics Subjects, the next cycle is carried out in the second cycle, which is 83.7% with students who get ≥75 as many as 24 students and who get ≤75 as many as 6 students. From the results obtained in cycle II, the next cycle is not needed. The increase in completeness of learning outcomes of fourth grade students of SDN Sidorejo I Civics subject matter Globalization starting from the pre-cycle stage, cycle I and cycle II are from 68.7% to 74.3 an increase of 5.6% and from 74.3% to 83.7% an increase of 9.4% . This means that student learning outcomes with word square learning on globalization material has increased which can be seen in pre-cycle data exposure, cycle I and cycle II.

Keywords: Word Square, Word Square Learning, Learning Outcomes


References

Ari Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Ari Kunto, Suharsimi. 1998. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, H. Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Susilo, H. Chotimah, H & Sari Y. D. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Published

2019-02-06

Issue

Section

Artikel