Pengembangan Multimedia Interaktif dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Dasar di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2330Abstract
Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan dan kelayakan produk pengembangan yang dihasilkan berupa Multimedia InteraktifBerbasis Keterampilan Proses Dasar pada materi tumbuhan dan bagian-bagiannya untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan). Langkah–langkah dalam memgembangkan multimedia interaktif dengan mengadaptasi model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga proses utama, yaitu: tahap penilaian kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi. Kelayakan produk pengembangan diukur berdasarkan tanggapan dari ahli materi dan media. Subjek ujicoba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas tinggi di SDN 55/I Sridadi Muara Bulian Kab. Batanghari sejumlah 9 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi dan angket kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan Multimedia interaktif dan instrument penilaian berbasis keterampilan proses dasar memenuhi kelayakan dengan tingkat kevalidan multimedia interaktif dari validasi materi dengan rata-rata 3,27 kategori Valid, validasi media 3,3 kategori valid dan validasi instrument peneilaian 3,33 kategori valid. Angket respon guru terahdap multimedia interaktif dengan rata-rata persentase 80% kategori sanagar baik, repon guru terhadap instrume peneilaian dengan rata-rata 79,2 kategori Baik serta repon siswa dengan persentase 91,67% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa, produk yang dihasilkan telah dinyatakan valid dan praktis berdasarkan hasil uji kevalidan dan kepraktisan.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Instrument Penilaian, Keterampilan Proses Dasar
Abstract: This research and development aims to describe the development procedure and the feasibility of the development products produced in the form of Interactive Multimedia and Assessment Instruments Based on Basic Process Skills for elementary school students. This study uses a type of research and development research. Steps in developing interactive multimedia by adapting Hannafin and Peck's development model which consists of three main processes, namely: the stage of needs assessment, design stage, development and implementation stages. Feasibility of product development is measured based on responses from material and media experts. The test subjects in this development research were high-class students at SDN 55 / I Sridadi Muara Bulian, Kab. Batanghari is 9 people. Data collection was carried out using validation questionnaires and practicality questionnaires. The results showed that the interactive multimedia and skills-based assessment instruments based on the basic process fulfilled the feasibility of the level of validity of interactive multimedia from material validation with an average of 3.27 valid categories, 3.3 validation of media validations and validation of 3.33 validation instruments. Questionnaire responses of teachers were exposed to interactive multimedia with an average percentage of 80% in the category of good teachers, teacher responses to instructional assessment with an average of 79.2 categories Good and respondent with a percentage of 91.67% with very good categories. It can be concluded that, the products produced have been declared valid and practical based on the results of validity and practicality test.
Keywords: Interactive Multimedia, Assessment Instruments, Basic Process SkillsReferences
Ariani. N., Haryanto. D.2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
Bundu. P. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.
Darmawan. D. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hasan. F. 2016. Pengembangan Media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash untuk meningkatkan hasil belajar PKn Siswa SDI Al- Madina. Jurnal Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Semarang
Kamalia. P. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: PPPPTK IPA.
Katun. S. 2011. Hakikat dan Prosedur Pnelitian Pengembangan. Jakarta: Universitas Eka Jaya.
Muliyardi. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Komik di Kelas 1 SD. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Munawaroh, I. 2015. Urgensi Penelitian Dan Pengembangan, disajikan dalam studi ilmiah UKM. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Munir. 2012. Multimedia (Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kemendigbud RI
Prastowo. A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press
Putra, Nusa. 2012. Research and Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung Alfabeta.
Sagala. S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Semiawan. 2008. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Bandung: Grasindo
Suderadjat. H. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK): Perubahan Pendidikan dalam Undang-Undang Sisdiknas. Bandung: Cipta Cekas Grafita.
Sudjana.N. 2009. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algresindo
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tegeh, M., dkk. 2014. Model penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Warsita, B. 2009. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Widjajanti. 2008, Teknik-Teknik Penyusunan Soal Test. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.