Penerapan Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas VI SDN 6 Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016-2017

Authors

  • Yulia Tri Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1820

Abstract

Abstrak: Bahasa merupakan salah satu hasil kebudayaan yang harus dipelajari dan harus diajarkan. Dengan bahasa kebudayaan suatu bangsa dapat dibentuk, dibina dan dikembangkan serta dapat diturunkan kepada generasi-generasi mendatang. Oleh sebab itu melalui proses pengajaran bahasa diharapkan siswa mempunyai kemampuan yang memadai untuk dapat berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penerapan metode partisipatori dan metode kerja kelompok dalam upaya peningkatan prestasi belajar  Bahasa Indonesuia Kelas VI SDN 06 Tamanagung melalui metode ini siswa dituntut berperan aktif mengikuti penjelasan berdiskusi berkelompok, merangkum hasil diskusi Bahasa Indonesia,  membacakan hasil diskusi didepan kelas, mampu mengexpesikan  berbahasa Indonesia dengan tepat. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui sejuah mana peningkatan prestasi belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode partisipatori dan metode kerja kelompok. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 55% pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 67,5 % dan siklus 3 mencapai 85 %,  secara klasikal telah mencapai ketuntasan.

Kata kunci: Metode Partisipatori, Kerja Kelompok, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Abstract: Language is one of the results of culture that must be learned and must be taught. With the cultural language of a nation can be formed, fostered and developed and can be passed on to future generations. Therefore, through the language teaching process, students are expected to have sufficient ability to be able to speak Indonesian properly and correctly. This study aims to prove the application of participatory methods and group work methods in an effort to improve Indonesian Language learning achievement Class VI SDN 06 Tamanagung through this method students are required to play an active role following group discussion explanations, summarizing the results of the Indonesian language discussion, reading the results of the discussion in front of the class, able to expose speak Indonesian correctly. The purpose of this class action research is to find out which one is to improve student learning achievement in Indonesian language lessons by applying participatory methods and group work methods. This action research was carried out in 3 cycles. From the results of the actions taken it is proven to improve student learning outcomes by achieving ideal standards. From 55% in Cycle 1, it can increase in cycle 2 to 67.5% and cycle 3 to 85%, classical has achieved completeness.

Keywords: Participatory Methods, Group Work, Indonesian Language Learning Achievement

References

Arikunto,Sukahrsimi.2007.Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Remaja Rosdakarya.

_________________ 1986: Prosedur Penelitian atau Suatu Pendekatan Praktisi, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Emfa, Ali, dkk, 1993: Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, Depdikbud, Dirjen, PT Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan, Kependidikan Jakrata.

Djamarah, 2002: Strategi Belajar Mengajar, Jakarta; PT. Rineka Cipta.

Keraf gorys, 2007: Argumentasi dan , Jakarta, Gramedia Jakarta.

Mudjiono dan Dimyati, 2006: Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka cipta.

Mahsun, 2007: Metode Penelitian Bahasa, Jakarta Raja Grafindo Persada.

Sogiyono, 2007: Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D) Bandung : Alfabeta.

Slameto, 2003: Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Sadiman, Arief S dkk, 2003: Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya.

Soeparno Drs, 1988: Media Pengajaran Bahasa, Yogyakarta; PT. Intan Pariwara

Tarigan Guntur, 2008: Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Published

2018-08-20

Issue

Section

Artikel