Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN Jatijejer Trawas-Mojokerto TA 2017-2018

Authors

  • Anggra Lita Sandra Dewi STKIP PGRI Sidoarjo
  • Ery Rahmawati STKIP PGRI Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1818

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk ntuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan lingkungan sebagai Sumber Belajar IPS pada siswa Kelas IV SDN Jatijejer Trawas-Mojokerto TA 2017-2018 dengan jumlah murid 30 siswa yang terdiri dari 20 perempuan dan 10 laki-laki. Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa kelas Kelas IV SDN Jatijejer Trawas-Mojokerto yang tidak memenuhi target yang sudah ditentukan. Dengan adanya masalah tersebut sehingga dilakukan perbaikan pembelajaran dalam 2 siklus berupa Penelitian Tindakan Kelas melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar IPS. Langkah-langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan pembelajaran adalah memotivasi siswa melalui tanya jawab tentang aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dengan pemanfaatan lingkungan, menjelaskan materi melalui ceramah, Tanya jawab, mengerjakan soal, pembahasan hasil kerja dan evaluasi. Kemudian pada siklus 1 dan 2 menggunakan media pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai siklus 1 dan siklus 2  43,33 %dan 83,33 % Hal ini berarti hasil belajar siswa dengan materi tentang aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam mengalami kemajuan karena hasil evaluasi siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan.

Kata kunci: Sumber Belajar, Lingkungan Sebagai Sumber Belajar, Hasil Belajar

Abstract: This study aims to find out the improvement of student learning outcomes through the use of the environment as an Social Learning Resource for Grade IV students of SDN Jatijejer Trawas-Mojokerto TA 2017-2018 with a total of 30 students consisting of 20 girls and 10 men. The study of this learning improvement was motivated by the ability of Grade IV students of SDN Jatijejer Trawas-Mojokerto who did not meet the predetermined target. With the existence of these problems, improvements were made to learning in 2 cycles in the form of Classroom Action Research through the use of the environment as a source of social studies learning. The steps taken in the implementation of learning are motivating students through questions and answers about economic activities related to natural resources with the use of the environment, explaining the material through lectures, question and answer, working on questions, discussing the work and evaluation. Then in cycles 1 and 2 using the media to use the environment as a learning resource, the average value of student learning outcomes has increased with an average value of cycle 1 and cycle 2 43.33% and 83.33%. This means that student learning outcomes with material about economic activities related to natural resources progress because the results of evaluation of cycle 1 and cycle 2 have increased.

Keywords: Learning Resources, Environment as a Learning Resource, Learning Outcomes

References

Ari Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Ari Kunto, Suharsimi. 1998. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Asyhar. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada (GP) Press

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Ngalim Purwanto. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian dalam Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Published

2018-08-20

Issue

Section

Artikel