Efektivitas Penerapan Sistem Informasi ULO_21 Pada Proses Belajar Mengajar di SDN Wedoro Waru Sidoarjo

Authors

  • Aswin Rosadi Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1389

Abstract

Abstrak: Saat ini, sistem informasi memiliki peran strategis dalam memberikan dukungan kepada sekolah, yang memberikan dukungan untuk layanan administrasi, sebagai alat pengajaran dan sarana komunikasi dan penggunaan Teknologi Informasi untuk membantu pengambilan keputusan. Program aplikasi ULO_21 berfungsi sebagai pengganti evaluasi ujian siswa proses yang sebelumnya dilakukan secara manual dan sekarang akan dilakukan secara on-line. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap niat penggunaan, dan manfaat bersih bagi SDN Wedoro Waru Sidoarjo. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan. Niat menggunakan variabel endogen dan manfaat bersih. Populasi sasarannya adalah guru dan siswa di SDN Wedoro Waru Sidoarjo. Untuk menguji hipotesis digunakan Structural Equation Model. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kualitas sistem tidak mempengaruhi niat penggunaan; (2) Kualitas informasi mempengaruhi niat penggunaan; (3) Kualitas layanan mempengaruhi niat penggunaan; (4) Niat untuk Menggunakan berdampak pada manfaat bersih.

Kata kunci: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan

Abstract: Nowadays, information system has a strategic role in providing support to a school, which provide support for administrative services, as a teaching tool and a means of communication and the use of Information Technology to help make decisions. ULO_21 application program serves as a substitute for the evaluation of student exams of processes  previously done manually and will now be done by on-line. The purpose of this study was to determine the effect of system quality, information quality and service quality to the intention of using, and the net benefit to SDN Wedoro Waru Sidoarjo. Exogenous variables in this study is the quality of the system, the quality of information and service quality. Intention to use endogenous variables and net benefits. The target population is teachers and students at SDN Wedoro Waru Sidoarjo. To test the hypothesis used Structural Equation Model. The results of the study are: (1) System quality does not affect the of Intention to Use; (2) Quality of information affect the Intention to Use; (3) The service quality affect the Intention to Use; (4) Intention to Use an effect on  net benefits.

Keywords: system quality, information quality, service quality

References

Delone, W.H. and Mclean, ER.,1992, Information System Success ; The Quest For The Dependent Variable, Information System Research, March 1992.

Delone, W.H. & Mclean, E.R., 2003, “The Delone and Mclean Model of Information Systems Success: A ten-Yearm Updateâ€. Journal of Management Information Systems. Vol. 19 (4). Pp. 9 – 30. M.E. Sharpe, Inc.

Mastan dan Wing, 2013, Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Cyber Campus (SICYCA) dengan Model Delone dan Mclean, Studi Kasus: Stikom Surabaya, SNASTI 2013, OSIT – 10.

Mirna dan Reza, 2009, Kualitas Sistem Informasi dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perguruan Tinggi Universitas Syiah Kuala, JURNAL TELAAH & RISET AKUNTANSI Vol. 2. No. 1 Januari 2009 Hal. 79-92.

Sumadi, 2010, Sikap dan Perilaku Dosen serta Mahasiswa Terhadap Implementasi Sistem Informasi Administrasi Akademik Online (Studi kasus Di Universitas Negeri Lampung), JPP Volume 8, Nomor 1.

Wang and Weiqi, 2009, Lund University Website Evaluation: Focus on homepage and English research pages, Master thesis Department of Informatics-Lund University.

Published

2018-02-15

Issue

Section

Artikel