UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sarnely Uge Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Lidya Arisanti Universitas Halu Oleo
  • Hikmawati Hikmawati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13671

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter displin siswa Sekolah Dasar dapat ditanamkan melalui pembiasaan dan keteladanan seorang guru dengan tujuan untuk mendidik dan membekali siswa agar memiliki perilaku dan moral yang baik untuk dirinya sendiri, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Pembiasaan dapat menjadi sikap dan tingkah laku serta karakter yang sifatnya otomatis dan akan menjadi kepribadian yang luhur pada diri siswa dan keteladanan digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan sosial anak. Pentingnya menanamkan pendidikan karakter disiplin sejak dini agar kelak anak dapat menjadi penerus bangsa yang memiliki moral dan perilaku yang cakap dan menjadi sumber daya manusia yang berkarakter baik. Kedua aspek ini dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten, tidak hanya di sekolah tetapi juga dioptimalkan di lingkungan keluarga, mengingat waktu siswa lebih banyak berada di rumah dibandingkan waktu berada di sekolah. Penampilan pendidikan karakter ternyata mampu mendidik siswa yang unggul bukan hanya dari ranah pengetahuan, cerdas secara emosional, tetapi juga kokoh dalam kepribadian.

References

Akmaluddin & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Journal of Education Science (JES), 5(2), 7-8.

Anisa, F. 2019. Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, X(1), 1-7.

Alawi, A. H. I. 2019. Pendidikan Penguatan Karakter Melalui Pembiasaan Akhlak Mulia (Studi SD IT Asy Syifa Kota Bandung). Jurnal Qiro’ah, 9(1), 17–29.

Andiarini, S.A., Imron, A., & Ahmad, N. 2018. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. 1(2): 238-244.

Astiarini, W. 2016. Pengembangan Model Penanaman Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Cerita Melalui Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan dasar, 7(1), 176- 185.

Dakhi, A.S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Deepublish, p.28.

Darmayanti, S., dan Wibowo, U. 2014. Evaluasi program pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223- 234.

Edet, S.S., dan Budjang, G. (2015). Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa di Kelas XI Teknik Otomasi SMK Negeri 2 Pontianak Utara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4 (2). 58-72.

Ernawati, I. (2016). Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xii Ma Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015, G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1),1-13.

Gymnastiar, A. (2015). 5 Disiplin Kunci Kekuatan dan Kemengan. Bandung: Emqies Publishing. 45-48.

Haryono, S. (2016).Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi.Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261-274.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–29.

Hemafitria. 2017. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 1(1), 44–57.

Iqbal, M., Amiruddin, dan Nasufi, M. (2016). Tingkat Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Smp Negeri 13 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, Volume 2(1), 1-12.

Juhji, J. 2016. Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika 10 (01), 51–62.

Listiana, S. (2019). The Importance Of Habits. Temanggung: Desa Pustaka Indonesia

Malikhah, S. 2014. Pendidikan Karakter Pada Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1) 75-85.

Marijan. 2016. Metode Pendidikan Anak Membangun Karakter Anak yang Berbudi Mulia, Cerdas dan Berprestasi. Yogyakarta: TimSabda Media, p. 3-7.

Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Yudha English Gallery: Pontianak, p. 56.

Munawaroh, S. (2016). Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BPNP. p. 27-31.

Muhammad, A. R. 2017. Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Uniga, 8(1), 112–119.

Muthoharoh, A. I. Et Al. (2013). Pendidikan Nasionalisme Melalui Pembiasaan di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Unnes Civic Education Journal, 1(2). 1-7.

Muttaqin, M.Fauzan, & Hariyadi, S. 2020. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan Masyarakat Pada Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3 (1): 1–7.

Natalini, B., & Hardini, A.T.A., 2020. Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sd Kanisius Gendongan Salatiga. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 3 (1): 77–86.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Tarbiyah STAIN Purwokerto, 1(1), 24– 44.

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70.

Prihantoro, A. (2019). Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja dan Komitmen. Yogyakarta: Deepublish. p.32-34.

Prihatmojo, A. & Badawi. 2020. Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0, Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik 4 (1), 142-152.

Ratnayanti, G. (2021). Sikap Preventif Melalui Tekni Puzzle. Surabaya: Jakad Media Publishing, p. 67.

Sari, A. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Tarbawi, 3(2), 249-258.

Santosa, S., & Andrean, S. 2021. Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 951-957.

Shihab, N. (2018). Memanusiakan Murid Menumbuhkan Disiplin. Jakarta Selatan: Kampus Guru Cikal. p.53.

Sonita, S. 2013. Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua dengan Disiplin Siswa di Sekolah. Jurnal Profesi Konseling. (Online), 2 (1), 174—181.

Suarto, E. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Di Sekolah Tingkat Tinggi Pertama Di Kota Padang. Jurnal Manajemen

Sudrajat, A., & Wibowo, A. (2013). Pembentukan karakter terpuji di Sekolah Dasar Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 174-185.

Sulastri. 2018. Strategi Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Moral Di Sekolah Menengah Pertama Pelepat Ilir. Pakar Pendidikan, 16(2), 59–66.

Susanto, A, (2018). Bimbingan dan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group, p.34

Sutarjo, A. 2012. Pembelajaran nilai karakter : konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif. Jakarta: Rajawali Pers. p.23.

Trihantoyo dan Moedjito. 2017. Enforcement of Student Discipline Character, What School Principal Acts?.Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 118.

Widianto, A. 2015. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 31–39.

Yasmin, F.L., Santoso, A., Utaya, S. 2016. Hubungan Disiplin dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(4), 692—697.

Yuliyantika, S. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, Dan XIIdi SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35-44.

Published

2022-08-20

Issue

Section

Artikel