PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLASE SEBAGAI UPAYA EDUKASI FAUNA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Naili Saida Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Anisa Yunitasari Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13240

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pemahaman peserta didik tentang fauna Indonesia melalui pembelajaran kolase. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain pre eksperimen one group pre test dan post test. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 SD Negeri Jambesari 03 yang terdiri dari 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh data pada taraf signifikansi α=0,05 diketahui Ttabel= 8 dan Thitung = 0, dengan demikian diketahui bahwa nilai Thitung < Ttabel , sehingga menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha  diterima. Dengan demikian pembelajaran kolase mampu menambah pemahaman peserta didik tentang fauna Indonesia. Pembelajaran kolase yang dilakukan mampu menumbuhkan rasa semangat anak untuk mengikuti pembelajaran yang dilakukan. Pada pembelajaran kolase yang dilakukan anak mampu mengenal 12 macam fauna di Indonesia yang dilindungi.

 

Kata Kunci: Edukasi Fauna; Pembelajaran kolase; Peserta didik

References

Dewi D. 2014. Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Media Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. J Pendidik anak usia dini [Internet]. 2(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.p%0Ahp/JJPAUD/article/viewFile/3527/28%0A46

Irfansyah J. 2017. Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. J Inf Eng Educ Technol [Internet]. 1(1):9–17. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/667/541

Lesto D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Kolase pada Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Berbasis Bahan Ramah Lingkungan pada Peserta Didik kelas IV SDN Karetan Kabupaten Luwu. Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Lubis RA herawati. 2019. Animasi Interaktif Pengenalan FloraDanFauna Di Indonesia Pada SD03 Cakung JakartaTimur. urnal Penelit Ilmu Komputer, Syst Log [Internet]. 7(2):199–210. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/piksel/article/view/1841/1538

Miftah M. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. KWANGSAN. 2:1–11.

Muharram E. 2003. Pendidikan Kesenian Liseni Rupa. [place unknown]: Depdikbud.

Oktavianti, rizki; wiyano agus. 2014. PEMANFAATAN PEMBELAJARAN KOLASE SEBAGAI UPAYA EDUKASI FAUNA. Mimb Sekol Dasar [Internet]. 1(1):65–70. https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/865/600

R SM& SV. 2013. Kreasi Kolase, Montaze,. Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga.

Sakdiah H. 2020. Kemampuan Peserta Didik dalam Mengembangkan Kreativitas Melalui Karya Kolase di Kelas 1 SD Negeri 11 Banda Aceh. Banda Aceh, Banda Aceh, Indonesia.

Sitoresmi AR. 2021. Pengertian Kolase, Jenis-Jenis, Unsur, teknik membuatnya, dan contohnya. Liputan 6.

Sumanto. 2006. Pengembangan Kreatifitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Published

2022-08-20

Issue

Section

Artikel