EFEKTIFITAS MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD/MI

Very Indah Wahyuni, Moch. Bahak Udin By Arifin

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini karenakurangnya keterampilan siswa dalam menulis puisi. Model mind mapping menjadi salah satu alternatif agar keterampilan siswa dalam menulis puisi menjadi optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model mind mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas 4 (empat) Madrasah Ibtidaiyah Darul Hidayah Tulangan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 (empat) Darul Hidayah Tulangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan tes menulis puisi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model mind mapping terhadap keterampillan menulis puisi siswa kelas IV MI Darul Hidayah Tulangan. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 0.000 diperoleh thitung -5.561 < ttabel -2.015. Nilai thitung < ttabel menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi kedua kelompok berbeda secara signifikan. Dari hasil analisis tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa penerapan model mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Bumi Aksara.

Agustina, E. (2017). Pengembangan Buku Panduan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Poster Untuk Siswa Kelas V SD. Semarang.

Fatmiyah, E. (2021). Efektivitas Metode Mind Mapping Dalam Keterampilan Menulis Puisi (Siswa Kelas X SMAN 1 Kutorejo). Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16.

Herlina Wati, S., & Sudigdo, A. (2019). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1.

Komariyah, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV. Banten.

Lukcyhasnita, A., Irfansyah, & Sulistyaningtyas, T. (2018). Minat Siswa Sekolah Dasar Pada Permainan Kosakata Bahasa Indonesia Studi Kasus : Permainan Interaktif Katabrak, Si Udin Puzzle 5 Dasar, dan Dunia Kata. Jurnal Sosioteknologi, 2, 288–289.

Maimanah, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Student Achievement Divison (STAD) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD/MI. Banten.

Somadana, W. (2021). Implementasi Teknik Beriur Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11, 126.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v6i2.12363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.