PENGEMBANGAN POP UP BOOK EKOSISTEM LAHAN BASAH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Ali Rachman, Dessy Dwitalia Sari, Tika Puspita Widya Rini

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media 3D Pop-up book materi Ekosistem Lahan Basah di Sekolah Dasar. Ekosistem lahan basah merupakan lingkungan yang dekat dengan keseharian siswa di Kalimantan Selatan. Pada pembelajaran tematik muatan IPA, materi eksosistem lahan basah kurang dikenalkan kepada siswa. Melalui penelitian ini, pengelanan lingkungan sekitar lebih digalakan lagi. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri Sungai Miai 7, Banjarmasin. Hasil penelitian berdasarkan ahli yaitu, uji ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 94,6%, uji ahli media memperoleh tingkat kelayakan 96%, dan uji ahli bahasa mendapat tingkat kelayakan 91% dengan kategori sangat valid. Adapun respon guru pada aspek kelayakan mendapatkan rata-rata skor sebesar 9,1; aspek kegrafikan mendapatkan rerata skor sebesar 9; dan aspek kelayakan produk mendapat rerata skor sebesar 8,3 dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan popup book tema ekosistem lahan basah dinyatakan layak dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ambarsari, D. W., & Hartono, B. 2017. "Pengembangan Media Pop Culture UP Rumah Adat Jawa untuk Pembelajaran Menyusun Teks Deskripsi pada Peserta Didik SMP Kelas VII". Jurnal Semantik, Volume 6, Nomor 2, (hlm. 1–10).

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational research: an introduction (4th ed). London: Longman Inc.

Bluemel & Taylor. 2012. Pop-up books A Guide For Teachers and Librarians. California: ABC-CLJO, LLC.

Eri Karisma, I. K., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. 2020. Pengembangan Media Pop-up book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121.

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Ibda, Fatimah. 2015. "Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget". Jurnal Intelektualita, Volume 3, Nomor 1 (hlm. 27–38).

Masturah, Elisa Diah., dkk. 2018. "Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar". Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 6, Nomor 2 (hlm. 212–221).

Muhali. 2019. Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E- Saintika, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 25–50).

Santosa, Alif Satria Egar., dkk. 2017. "Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer Dan Jaringan di SMK TI Bali Global Singaraja". Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), Volume 6, Nomor 1 (hlm 62-72).

Setiawan, Adib Rifqi. 2020. Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu. Vol. 1 Nomor 1. Hal 51-69.

Sholikhah, Aimatus. 2017. "Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017". Simki-Pedagogia. Volume 01, Nomor 08 (hlm. 1–8).

Suardi, Moch. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Wati, Elis Trisdiana & Ulhaq Zuhdi. (2017). "Pengaruh Media Pop-up book terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem Kelas V SDN Karangpilang 1 Surabaya". JPGSD, Volume 05, Nomor 03 (hlm. 913- 923).


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v6i1.12175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.